• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tingkatkan Imun dengan Zinc dan Vitamin C untuk Cegah COVID-19

Tingkatkan Imun dengan Zinc dan Vitamin C untuk Cegah COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Meski beberapa waktu terakhir ada peningkatan jumlah pasien yang sembuh, pandemi virus corona (SARS-CoV-2), penyebab penyakit COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Hal ini karena belum ditemukannya vaksin ataupun obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Meski begitu, COVID-19 sebenarnya dapat dicegah, dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, serta meningkatkan imun tubuh.

Imun atau sistem kekebalan tubuh adalah jaringan kompleks nan canggih, yang terdiri dari sel, protein, organ, dan zat lainnya yang bertugas untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit. Selain menerapkan pola hidup sehat, meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi penting, seperti zinc dan vitamin C.

Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Tingkatkan Sistem Imun

Mengapa Zinc dan Vitamin C?

Di antara banyaknya nutrisi mikro esensial yang diperlukan tubuh dalam meningkatkan imun, zinc dan vitamin C bisa dibilang merupakan “pasangan terbaik” yang memainkan peran sentral. Alasannya, karena zinc dapat membantu penyerapan vitamin C dengan baik, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan.

Lebih jelasnya, berikut akan dibahas terlebih dahulu satu persatu, tentang kedua nutrisi ini:

  • Zinc

Zinc adalah mineral yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan jaringan tubuh. Menurut European Journal of Immunology, asupan zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel tersebut bekerja dengan dua cara, yaitu mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyebab penyakit. 

Itulah sebabnya, jika tubuh kekurangan asupan zinc, sistem imun pun akan ikut terganggu. Berbagai penelitian pun mengungkapkan bahwa suplemen zinc dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan. Salah satunya adalah studi yang dilakukan pada 2019, terhadap 64 anak-anak yang dirawat di rumah sakit, dengan infeksi saluran pernapasan bawah akut. Hasilnya, mereka yang menerima 30 miligram zinc per hari, sembuh 2 hari lebih cepat, dibanding yang tidak mendapatkannya.

Baca juga: Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus

  • Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang tak kalah penting bagi tubuh. Dalam meningkatkan imun tubuh, vitamin C bekerja dengan cara mendukung fungsi berbagai sel kekebalan dan meningkatkan kemampuan mereka untuk melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin ini juga diperlukan untuk kematian sel, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, dengan cara membersihkan sel-sel lama dan menggantinya dengan yang baru.

Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan kuat, yang melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif adalah stres yang terjadi akibat akumulasi molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas. Stres jenis ini dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Penuhi Asupan Zinc dan Vitamin C, Agar Imun Kuat

Secara alami, asupan zinc dan vitamin C bisa didapatkan dari aneka makanan. Untuk mendapatkan asupan zinc, beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah tiram, kepiting, lobster, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, susu, dan yoghurt. Sementara itu, untuk mendapatkan asupan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur, seperti jambu biji, kiwi, jeruk, pepaya, kubis, brokoli, kembang kol, dan paprika merah.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Selain dari makanan, asupan zinc dan vitamin C juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen. Salah satu suplemen terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan zinc dan vitamin C, agar sistem imun tetap kuat di tengah pandemi COVID-19 adalah Zinc Plus. Kandungan zinc dan vitamin C dalam Zinc Plus, secara aktif dibutuhkan sistem imun tubuh dalam memerangi infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan dan kondisi defisiensi mikronutrien yang dapat terjadi akibat infeksi yang parah.

Dalam setiap kapsulnya, Zinc Plus mengandung zinc picolinate 50 miligram, zinc gluconate 50 miligram, cuprum gluconate 8 miligram, dan calcium ascorbate 100 miligram. Dosis harian Zinc Plus yang direkomendasikan adalah 1-2 kapsul atau sesuai anjuran dokter. Kamu bisa tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc lewat chat, terkait dosis yang diperlukan. Mudahnya lagi, kamu juga bisa membeli suplemen Zinc Plus lewat aplikasi Halodoc, yang akan diantar ke alamatmu dalam 1 jam. 

Referensi:

US National Library of Medicine, National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Zinc: An Essential Micronutrient.

European Journal of Immunology via US National Library of Medicine, National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Zinc improves the immune function and the proliferation of lymphocytes in Cadmium-treated rats.

WebMD. Diakses pada 2020. The Benefits of Vitamin C.

Livestrong. Diakses pada 2020. Can I Take Zinc and Vitamin C at the Same Time?