• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tingkatkan Imunitas, Ini 5 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tingkatkan Imunitas, Ini 5 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

Tingkatkan Imunitas, Ini 5 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Desember 2022

“Gula aren kerap dijadikan sebagai pengganti gula biasa karena mengandung lebih banyak vitamin dan mineral. Manfaatnya mulai dari menjaga kadar gula darah dan memperkuat kesehatan tulang.”

Tingkatkan Imunitas, Ini 5 Manfaat Gula Aren bagi KesehatanTingkatkan Imunitas, Ini 5 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Gula aren atau palm sugar adalah pemanis yang terbuat dari nira pohon aren. Ini merupakan jenis gula yang diolah tanpa tambahan bahan kimia dan hanya melalui sedikit tahap pemrosesan.

Gula aren mengandung lebih banyak vitamin dan mineral ketimbang jenis gula lainnya. Di antaranya, thiamine (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), nicotinic acid (vitamin B3) dan ascorbic acid (vitamin C).

Karena hanya melalui sedikit fase pengolahan, gula aren masih mengandung tinggi vitamin dan mineral. Manfaatnya bagi kesehatan, yakni menjaga kadar gula darah, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan memperkuat tulang.

Manfaat Gula Aren Bagi Tubuh

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga kadar gula darah

Gula aren mampu menstabilkan kadar gula darah karena mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik ketimbang jenis gula lainnya. Mengonsumsi dalam jumlah yang tepat tidak membahayakan bagi pengidap diabetes.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat gula aren ini terjadi berkat kandungan serat makanan yang disebut dengan inulin. Serat nabati ini efektif mengendalikan bakteri di dalam usus dan meningkatkan penyerapan mineral, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

3. Mengembalikan Energi Tubuh

Mengembalikan energi Tubuh

Gula aren mengandung senyawa karbohidrat yang dicerna lebih cepat oleh tubuh ketimbang gula putih. Caranya, campur beberapa sendok teh gula aren ke dalam minuman seperti teh atau kopi.

4. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Menjaga sistem saraf

Kadar kalium di dalam gula aren lebih tinggi ketimbang pisang dan sayuran berdaun hijau. Asupan tersebut berfungsi dalam menjaga fungsi sistem saraf, seperti detak jantung dan kontraksi otot. 

5. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

Manfaat gula aren yang terakhir ini terjadi berkat kandungan mineral seperti kalium dan fosfor. Tak hanya memperkuat tulang saja, asupan tersebut juga mampu menjaga kesehatan jaringan otot di dalam tubuh.

Selain menambahkan gula aren dalam makanan dan minuman, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Caranya, download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Palm Sugar: Are There Health Benefits?.
Vinmec. Diakses pada 2022. Is palm sugar good for you? Advantages and disadvantages
Med India. Diakses pada 2022. Health Benefits of Palm Sugar