• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tingkatkan Kesehatan Otak dengan 6 Jenis Makanan Ini

Tingkatkan Kesehatan Otak dengan 6 Jenis Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ingin meningkatkan kesehatan otak? Ahli gizi mengklaim kalau strategi yang paling penting untuk meningkatkan kinerja otak adalah adalah mengikuti pola diet sehat. Ini mencakup banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Mendapatkan sumber protein dari bahan nabati dan ikan serta lemak sehat, seperti minyak zaitun atau kanola adalah langkah untuk menjaga kesehatan otak. Informasi lebih detail mengenai jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan otak bisa dibaca di bawah ini!

Pilah-Pilih Makanan untuk Otak Sehat

Studi yang dipublikasikan oleh Harvard Health Publishing, menyebutkan jika ingin menjaga otak tetap sehat seiring bertambahnya usia, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memperhatikan pola makan. Berikut ini rekomendasi makanan yang baik untuk otak:

Baca juga: 9 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, seledri, dan brokoli, kaya akan nutrisi yang menyehatkan otak, misalnya vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan makanan nabati ini dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak adalah sumber berlimpah asam lemak omega-3, lemak tak jenuh yang sehat yang dikaitkan dengan rendahnya kadar beta-amiloid dalam darah untuk mencegah penyakit Alzheimer. Cobalah mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu, tetapi pilihlah jenis yang rendah merkuri, seperti salmon, cod, tuna kaleng, dan pollack. 

Jika kamu bukan penggemar ikan, tanyakan kepada dokter tentang mengambil suplemen omega-3, atau pilih sumber omega-3 terestrial, seperti biji rami, alpukat, dan kacang walnut.

  1. Beri

Flavonoid, pigmen tumbuhan alami yang memberi beri warna cemerlang, juga membantu meningkatkan daya ingat, penelitian menunjukkan. Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Annals of Neurology, menemukan kalau wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberry setiap minggu dapat menunda penurunan daya ingat. 

  1. Teh dan Kopi

Kafein dalam secangkir kopi atau teh di pagi hari dapat menawarkan lebih dari sekadar peningkatan konsentrasi jangka pendek. Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, peserta dengan konsumsi kafein yang lebih tinggi mendapat skor lebih baik pada tes fungsi mental. 

  1. Kacang kenari

Kacang adalah sumber protein dan lemak sehat yang sangat baik, dan kacang kenari khususnya dapat meningkatkan daya ingat. Ini dikarenakan kacang mengandung asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA), yang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi arteri yang baik untuk jantung dan otak.

Perhatikan Asupan Vitamin

Vitamin B tertentu seperti B6, B12, dan asam folat dapat mengurangi kadar senyawa yang disebut homocysteine ​​dalam darah. Peningkatan kadar homosistein berhubungan dengan peningkatan risiko stroke, gangguan kognitif, dan penyakit Alzheimer. 

Baca juga: Inilah Dampak Penggunaan Ganja pada Otak

Vitamin B lainnya termasuk vitamin B1, B3 dan kolin berperan penting dalam mengatur fungsi otak normal. Kolin, yang kaya akan kuning telur, sangat penting untuk bahan kimia otak peningkat ingatan, yaitu asetilkolin.

Pilihlah makanan kaya-B, seperti telur, ayam, ikan, sayuran berdaun hijau, dan susu. Jika kamu  vegan, carilah makanan seperti susu nabati dan sereal sarapan untuk asupan vitamin B12 atau pertimbangkan suplemen. Alpukat, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah alternatif lain.

Informasi lebih detail mengenai makanan yang baik untuk kesehatan otak, bisa kamu tanyakan ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Foods linked to better brainpower.
Bbc Good Food. Diakses pada 2020. 10 foods to boost your brainpower.