Tingkatkan Kesuburan, 7 Makanan Ini Bantu Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tingkatkan Kesuburan, 7 Makanan Ini Bantu Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta – Pola makan dan nutrisi adalah faktor penting dalam membuat tubuh siap untuk membuat bayi. Ini berarti apa yang dikonsumsi pria dan wanita sangat berkontribusi terhadap kesuburan. 

Faktanya, makanan tertentu berpotensi meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, sedangkan yang lain dapat menyebabkan kerusakan. Penting untuk mengevaluasi pola makan, sehingga tidak mengganggu peluang untuk hamil. Baca selengkapnya di sini!

Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

Ketika kamu dan pasangan sedang berusaha untuk hamil, berikut ini rekomendasi makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan:

Baca juga: Selama Kehamilan, 3 Fungsi Otak Ini Akan Menurun

  1. Tiram dan Biji Labu

Keduanya mengandung tinggi seng, yang dapat meningkatkan testosteron, motilitas sperma dan jumlah sperma.

  1. Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C, dan penelitian membuktikan bahwa jeruk dapat meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. Makanan lain yang mengandung vitamin C, meliputi tomat, brokoli, kubis brussel dan kubis.

  1. Sayuran Gelap dan Berdaun

Folat (juga dikenal sebagai vitamin B) dalam bayam, selada romaine, kecambah brussels, dan asparagus dapat membantu menghasilkan sperma yang kuat dan sehat.

Baca juga: Ibu dengan Epilepsi Bisa Ganggu Kehamilan

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung arginin, asam amino yang dapat meningkatkan jumlah sperma. 

  1. Salmon dan Sarden

Asam lemak omega-3 dalam ikan dan makanan laut terutama salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden dapat sangat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

  1. Jus Delima

Antioksidan dalam jus delima dapat meningkatkan kadar testosteron.

  1. Kacang Brazil

Selenium yang ditemukan dalam kacang Brazil dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, bentuk sperma, dan motilitas sperma.

Tetap terhidrasi membantu menciptakan cairan mani yang baik. Ketika kamu dan pasangan sedang berusaha untuk hamil, ada baiknya juga mempertimbangkan untuk menghindari konsumsi makanan yang tidak sehat. Jenis makanan apa sajakah yang harus dihindari, berikut ini kategorinya: 

  1. Makanan yang Digoreng

Makanan sulit ini dapat menurunkan kualitas sperma.

  1. Susu Penuh Lemak

Susu penuh lemak mengandung estrogen dan dapat menurunkan sperma yang sehat. Pilih susu almond atau kedelai.

  1. Daging Olahan

Daging olahan (termasuk bacon, ham, sosis, hot dog, daging kornet, dendeng, daging kaleng dan saus daging) dapat menurunkan jumlah sperma.

  1. Kafein

Para peneliti telah menghubungkan konsumsi kafein oleh pria dan wanita dalam minggu-minggu menjelang konsepsi dengan peningkatan risiko keguguran.

  1. Alkohol

Satu atau dua minuman beralkohol boleh saja, tetapi lebih dari 14 minuman campuran dalam seminggu dapat menurunkan kadar testosteron dan memengaruhi jumlah sperma. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minum yang konsisten (lima minuman atau lebih dalam jangka waktu dua jam) memiliki efek negatif pada sperma juga.

Mengubah pola makan dan kebiasaan makannya bukanlah tugas yang mudah. Namun, ketika kamu sedang mempersiapkan kedatangan manusia baru ke dunia, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan. 

Tidak hanya makanan, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk peningkatan kesuburan. Faktanya, gaya hidup yang tidak aktif telah dikaitkan dengan risiko infertilitas yang lebih tinggi.

Untuk wanita gemuk, aktivitas fisik sedang dan intens, bersamaan dengan penurunan berat badan, memiliki efek positif pada kesuburan. Olahraga moderat adalah kuncinya. Karena itu, olahraga intensitas tinggi yang berlebihan sebenarnya telah dikaitkan dengan penurunan kesuburan pada wanita tertentu.

Olahraga berlebihan dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh dan secara negatif memengaruhi sistem reproduksi. Ingin tahu lebih lanjut mengenai kesuburan dan pentingnya kesehatan untuk persiapan pernikahan, ingin tahu lebih lanjut mengenai hal ini baca selengkapnya di Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol kapan dan di mana saja lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019.  17 Natural Ways to Boost Fertility.
Mother.ly. Diakses pada 2019. 8 foods that increase sperm count (and 5 to avoid).