• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tingkatkan Romantisme dengan Suami Tanpa Mencemaskan Anak

Tingkatkan Romantisme dengan Suami Tanpa Mencemaskan Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Bagaimana sih cara yang tepat untuk mengembalikan romantisme meski sudah memiliki anak? Ini mungkin menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan, sebab menjaga hubungan tetap membara usai melahirkan bisa menjadi lebih sulit. Bagaimana bisa dua insan tetap bisa saling menjaga percikan api asmara ketika mereka kekurangan waktu akibat mengurus bayi dan anak-anak. 

Pergeseran dari suami dan istri menjadi ibu dan ayah memang menjadi transisi yang sulit bagi banyak pernikahan. Namun, nyatanya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap membuat ikatan rumah tangga tetap hangat. Berikut adalah beberapa cara menjaga dan meningkatkan romantisme pasangan suami istri tanpa perlu mencemaskan anak. Berikut tipsnya: 

Baca juga: Ingin Punya Banyak Anak? Perhatikan 4 Hal Ini

Rutinkan Kencan Malam Hari dan Jadikan Prioritas

Ingat, berkencan dengan menghabiskan waktu bersama adalah hal yang dahulu membuat ibu dan suami akhirnya saling jatuh cinta. Anak yang sudah lahir pun seharusnya bukanlah halangan yang jadi penghalang. Jadi, masuk akal jika kamu dan suami harus tetap berkencan guna mempertahankan romansa. Supaya kalian tidak terganggu oleh anak, maka sebaiknya lakukan kencan di malam hari, saat anak-anak sudah tidur. 

Kencan juga tak harus pergi keluar rumah, berbicara dan makan atau menonton film bersama juga bisa menjadi ide kencan yang menarik untuk kamu dan pasangan. Sisihkan waktu setiap minggu agar kamu dan suami dapat terhubung kembali. Meski sederhana, tetap anggap ini sebagai kencan. 

Meski terdengar sulit untuk dilakukan, jika kamu jujur ​​pada diri sendiri, dan benar-benar ingin agar hubungan tetap hidup, kamu pasti akan mengakui bahwa hal ini penting. Kamu dan pasangan pun akan menemukan jalan sendiri untuk bisa melakukan hal ini. Hal yang terpenting adalah menjadikannya prioritas, karena kamu pasti akan selalu menemukan cara untuk hal-hal yang penting dalam hidup.

Baca juga: Berhubungan Intim setelah Melahirkan, Perhatikan Ini

Coba Jadikan Anak Prioritas Kedua Setelah Pasangan

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk anak-anak adalah dengan mengutamakan pasangan sendiri. Mungkin anggapan ini agak asing, tetapi pernikahan yang kuat pasti akan membuat keluarga yang kuat. Ini tidak hanya memberikan anak-anak rasa aman, tetapi juga menunjukkan kepada mereka seperti apa seharusnya cinta sejati itu.

Selain itu, jika ibu selalu mendahulukan anak-anak sebelum suami, ini tidak akan memberikan anak pelajaran dan pastinya akan merugikan ibu dan pasangan nantinya. Mungkin ibu menganggap bahwa suami adalah pria dewasa yang bisa menjaga dirinya sendiri, sementara anak-anak masih kecil dan membutuhkan bantuan. Namun, tahukah apa yang paling anak-anak butuhkan? Mereka membutuhkan rumah yang semua anggota keluarganya bahagia. Ini bisa dicapai jika ibu dan suami sebagai pasangan juga merasa bahagia. Saat ibu dan suami bekerja bersama untuk menjadi suami dan istri yang lebih baik, secara otomatis pasti kalian juga akan menjadi orang tua yang lebih baik.

Tetap Saling Menggoda dan Merayu 

Ya, kini ibu adalah seorang istri, tetapi jangan pernah berhenti menjadi pacarnya! Jangan kehilangan bagian yang menyenangkan dari sebuah hubungan, sebab di sanalah semua romantisme berada. Jangan berhenti menggoda, terutama saat di rumah. Coba tetap beradaptasi dan pelajari cara menggoda atau merayu suami yang baik. Temukan momen untuk tertawa bersama, ini adalah hal yang baik untuk menjaga hubungan tetap kuat setelah memiliki anak. 

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

Itulah beberapa tips untuk tetap menjaga romantisme rumah tangga tanpa perlu mencemaskan anak. Namun, jika kamu merasa cara-cara di atas masih belum ampuh, maka kamu bisa coba diskusikan kepada psikolog di Halodoc. Mungkin psikolog di Halodoc punya tips ampuh agar kamu dan pasangan tetap mesra meski sudah punya anak.

Referensi:
The Dating Divas. Diakses pada 2020. How to Keep a Relationship Alive After Kids.
Today's Parents. Diakses pada 2020. How to Keep Your Relationship Strong When You Have Kids.