18 May 2018

Tips Agar Anak Tak Rewel saat Buka Puasa di Luar Rumah

Tips Agar Anak Tak Rewel saat Buka Puasa di Luar Rumah

Halodoc, Jakarta – Salah satu tradisi yang hampir tak bisa dilewatkan saat berpuasa adalah buka bersama di luar rumah, seperti di restoran atau rumah kerabat. Buka puasa bersama sering dijadikan ajang saling bersilaturahmi dan bertemu dengan teman atau keluarga. Tapi bagaimana kalau Si Kecil tiba-tiba saja rewel di tengah acara buka puasa bersama?

Mengajak serta anak dalam acara buka puasa bersama memang hal yang wajar. Nyatanya hal ini juga bisa menambah semangat anak untuk tetap berpuasa lagi dan lagi. Lantas, bagaimana cara yang tepat agar anak tidak rewel saat buka puasa di luar rumah?  

Pesan Tempat yang Sesuai

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat akan mengajak anak makan di luar adalah memilih tempat yang sesuai. Caranya adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu mengenai reputasi dari restoran yang akan dikunjungi.

Kemudian jangan lupa untuk melakukan reservasi. Berbuka puasa bersama keluarga akan menjadi lebih nyaman tanpa perlu mengantre yang bisa menghabiskan banyak waktu dan membuat Si Kecil rewel karena terlalu lama menunggu.

Menu Makanan Beragam

Pastikan restoran yang menjadi pilihan untuk berbuka puasa memiliki menu makanan yang beragam. Hal ini penting untuk menghindari rengekan Si Kecil karena tidak menemukan makanan yang ia sukai. Membiarkan anak memilih makanan sesuai dengan selera bisa membuat ia lebih bernafsu makan dan akan menghabiskan makanan tersebut.

Agar anak tidak rewel, kamu bisa terlebih dahulu menanyakan menu makanan apa yang diinginkannya untuk berbuka puasa. Kemudian lakukan pemesanan makanan terlebih dahulu sehingga saat tiba di restoran, anak tidak perlu terlalu lama menunggu.

Bebas Asap Rokok

Penting untuk meamastikan tempat berbuka puasa yang akan didatangi bebas dari asap rokok. Selain bisa membuat Si Kecil lebih rewel, asap rokok yang terhirup bisa memicu terjadinya masalah pernapasan. Paparan asap rokok telah terbukti dapat memberi dampak negatif pada siapa saja, terutama anak-anak.

Aman dan Nyaman

Tempat yang dipilih untuk berbuka puasa bersama sebaiknya memiliki sistem keamanan yang cukup. Karena keamanan akan membuat orang tua dan anak menjadi lebih nyaman dan tentunya Si Kecil tidak akan rewel. Kamu bisa mencari tahu hal ini dari rekomendasi kerabat, atau ulasan mengenai restoran tersebut di internet.  

Tersedia Ruang Bermain

Pilihlah tempat makan yang menyediakan ruang bermain bagi anak. Kamu bisa memanfaatkan fasilitias ini dan membuat Si Kecil bermain dengan senang selagi menunggu waktu berbuka puasa.  

Tidak Datang Terlalu Awal

Salah satu trik untuk menghindari drama yang tidak perlu adalah dengan tidak datang terlalu awal ke acara buka puasa bersama. Yaitu mepet waktu berbuka puasa terlewat. Nyatanya hal ini juga akan membuat anak tidak perlu terlalu lama menghadapi keramaian yang bisa membuatnya merasa tidak nyaman.

Salah satu kunci agar anak tidak rewel adalah dengan memberi ia perasaan senyaman mungkin. Pastikan kamu menyampaikan masalah kedatangan ini dengan teman berbuka bersama, dan mintalah pengertian.

Jika rewel pada anak terus terjadi bahkan setelah buka puasa bersama selesai, coba tanyakan apa penyebabnya. Bisa jadi hal itu merupakan cara Si Kecil menyampaikan masalah kesehatan yang ia alami. Sampaikan masalah kesehatan yang dialami anak pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!