• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips agar Hubungan Intim dengan Pasangan Lebih Berkualitas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips agar Hubungan Intim dengan Pasangan Lebih Berkualitas

Tips agar Hubungan Intim dengan Pasangan Lebih Berkualitas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Hubungan intim bersama pasangan tak sekadar menyenangkan. Aktivitas ini seharusnya juga menyehatkan dan bisa lebih berkualitas.”

Tips agar Hubungan Intim dengan Pasangan Lebih Berkualitas

Halodoc, Jakarta – Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa hubungan pasangan suami istri atau hubungan intim bukan menjadi faktor yang memengaruhi kesehatan. 

Pasalnya, mereka mengira bahwa aktivitas tersebut hanya menjadi sarana menyalurkan hasrat yang memang harus dilampiaskan. Tak jarang apabila rasa tidak nyaman bahkan nyeri muncul ketika melakukan hubungan intim. 

Biasanya, hal ini terjadi karena salah satu pasangan mengalami rasa cemas atau stres. Akibatnya, hubungan intim menjadi hambar, tidak menyenangkan, bahkan terasa nyeri. Padahal, seharusnya hubungan intim bisa menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan.

Tips Hubungan Intim dengan Pasangan Lebih Berkualitas

Lalu, bagaimana caranya supaya hubungan intim menjadi suatu hal yang menyehatkan dan berkualitas untuk pasangan? Berikut beberapa tips yang bisa kamu dilakukan:

  1. Komunikasikan dengan Pasangan

Berkomunikasi dengan pasangan tentang apa yang kamu butuhkan dan inginkan dalam suatu hubungan memang jadi hal yang penting. Sebab, komunikasi bisa membangun kepercayaan dengan pasangan. 

Meski demikian, jangan lupa membicarakan pula apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan seksual kamu. Jadi, kamu dan pasangan bisa saling mengisi dan mengetahui bagaimana membuat masing-masing pihak merasa puas ketika berhubungan intim.

  1. Lebih Baik di Pagi Hari

Melakukan hubungan intim bisa kapan saja. Namun, banyak pakar seksual merekomendasikan untuk melakukannya pada pagi hari. Produksi hormon testosteron pria akan tinggi pada malam hari, sehingga keesokan harinya pria cenderung punya suasana hati yang baik untuk melakukan hubungan intim. Selain itu, banyak manfaat berhubungan intim di pagi hari yang bisa kamu dapatkan. 

Misalnya, aktivitas ini dapat membuat tubuh lebih sehat. Sebab, kalori yang terbakar ketika kamu berhubungan intim adalah sekitar 300 kalori per jam. Hubungan intim di pagi hari juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan denyut jantung serta menurunkan risiko hipertensi.

  1. Melakukan Senam Kegel

Tidak hanya wanita, pria juga perlu melakukan senam kegel. Ini karena baik pria maupun wanita memiliki otot dasar panggul, dan kegel merupakan salah satu bentuk latihan yang dapat membantu memperkuat dasar panggul. Melakukan senam kegel setiap hari bisa memperkuat dasar panggul dan benar-benar dapat menghasilkan seks yang lebih baik.  

  1. Menghindari Hubungan Intim saat Haid

Sebenarnya, berhubungan intim ketika sedang haid tidak dianjurkan. Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan banyak risiko, seperti Miss V yang mengeluarkan aroma tidak sedap, kelainan pada rahim, infeksi saluran kemih, hingga penyakit menular seksual. 

Meski demikian, hubungan intim tetap dapat dilakukan dengan nyaman dan aman tanpa harus diikuti dengan penetrasi. 

  1. Membersihkan Diri Usai Berhubungan Intim

Setelah berhubungan intim, jangan tunda untuk segera membersihkan diri. Jadi, bakteri tidak akan berkembang biak pada area intim dan mengakibatkan munculnya masalah kesehatan, terlebih pada wanita. 

Selain itu, hindari menggunakan produk kewanitaan yang mengandung pewangi. Cukup bersihkan dengan air dari depan ke belakang dalam satu arah, bukan bolak-balik. 

Jika kamu membutuhkan bantuan seputar hubungan intim dengan pasangan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan solusi dan penanganan terbaik atas kondisi yang kamu alami. 

Booking rumah sakit sekarang lebih mudah karena bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponselmu.

Referensi:
Relish. Diakses pada 2022. How to Have Better Sex, More Often: 15 Tips Every Couple Should Try.
Healthy Women. Diakses pada 2022. Top 10 Sex Tips You Need Right Now.