• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Agar Tetap Cantik Sepanjang Hari Lebaran

Tips Agar Tetap Cantik Sepanjang Hari Lebaran

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Tidak ada wanita yang tak ingin tampil cantik, apalagi di momen istimewa seperti Lebaran. Ternyata, tetap cantik saat lebaran tidak hanya dilakukan melalui perubahan dan perawatan fisik saja, melainkan juga perawatan psikis.

Buat kamu yang sedang mempersiapkan penampilan cantik di hari Lebaran, yuk ikuti tips simple tapi andalan ini.

  1. Menjaga Pola Tidur Supaya Tetap Seimbang

Pastinya bakal sibuk banget sepanjang hari Lebaran. Namun, supaya tetap fit dan wajah cerah, kamu butuh tidur yang cukup. Setidaknya tidur yang cukup selama delapan jam per hari, supaya kamu benar-benar bisa istirahat maksimal. Bagaimanapun kesibukan sepanjang hari akan menguras energi, pastinya tidur yang cukup akan mengembalikan energi yang terkuras dan membuat tubuh fit dan wajah cerah. (Baca juga: Alasan Tetap Sehat Meski Waktu Tidur Berkurang Saat Puasa)

  1. Masker Mentimun

Tips lainnya supaya tetap cantik saat lebaran adalah mengaplikasikan masker sebelum tidur supaya kulit tetap cerah. Beberapa masker pilihan yang bisa kamu gunakan adalah mentimun, putih telur, atau pun tomat. Kamu bisa menggunakan masker sachet-an atau pun alami dengan cara mengiris pilihan mentimun atau tomat, lalu meletakkannya ke wajah.  Kalau mentimun dan tomat untuk mencerahkan, sedangkan putih telur untuk mengencangkan kulit wajah. (Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan)

  1. Mengontrol Asupan Makan

Memang, ada banyak makanan maupun santapan enak sepanjang Lebaran yang menggoda untuk kamu cicipi satu persatu. Namun, jangan sampai kebablasan kalau tidak mau berat badanmu bertambah secara drastis saat Lebaran. Kue kering, opor, dan ketupat adalah makanan yang kaya akan kalori dan lemak. Bukan hanya akan menambah berat badan saja, tetapi makanan yang mengandung lemak dapat membuat wajah berminyak dan timbulnya jerawat.

Ketika Lebaran, ada banyak sajian minuman manis yang sangat menggoda. Ada baiknya kamu tetap menjaga asupan air putih supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. Kurangi minuman dingin supaya badan tetap fit dan kamu tidak mendadak flu karena terlalu banyak minum es.

  1. Penggunaan Makeup yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Tetap cantik saat lebaran akan lebih sempurna bila kamu mengenakan makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pengaplikasian makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat memperparah kondisi kulit wajah. Pastikan tidak menggunakan makeup berlebihan terutama penggunaan warna lipstick. Padu-padan tone makeup dengan warna baju akan membuat penampilanmu lebih catchy dan ceria. (Baca juga: 4 Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah)

  1. Perawatan Kuku

Menyempurnakan penampilan secara utuh, ada baiknya kamu melakukan perawatan kuku, tangan, dan kaki. Ada baiknya pemilihan warna kuku tidak begitu ngejreng, tapi cukup mencuri perhatian. Warna-warna pastel biasanya aman untuk segala bentuk fashion dan warna pakaian.

Kalau kamu ingin mengaplikasikan nail art oke-oke saja. Namun, pastikan motif yang kamu pilih tidak begitu heboh dan sangat personal. Sehingga, bisa disandingkan untuk segala gaya yang akan kamu kenakan saat momen Lebaran nanti.

  1. Tersenyum

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para psikologi dari Swansea University mengatakan bahwasanya tersenyum dapat membuat penampilan lebih atraktif dan menularkan mood baik kepada orang yang melihatnya. Ekspresi bahagia bahkan lebih penting ketimbang penampakan fisik dan secara ilmiah juga senyum dapat membuat wajah terlihat lebih muda. Otot-otot wajah akan bekerja dan memberikan penampilan wajah terlihat lebih awet muda.

Ingin tahu lebih banyak mengenai tips cantik saat Lebaran, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.