• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Agar Tetap Tenang Menghadapi Malam Pertama

Tips Agar Tetap Tenang Menghadapi Malam Pertama

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Sebelum menikah, kamu mungkin bertanya-tanya tentang malam pertama yang sebentar lagi datang. Tidak sedikit yang merasa khawatir saat memikirkannya. Sebagian orang juga menganggap malam pertama bisa sangat kaku dan menakutkan, sehingga menimbulkan rasa cemas. Kecemasan terjadi pada berbagai tingkatan baik untuk pria maupun wanita.

Kecemasan umumnya berasal dari pikiran, seperti apakah saya bisa memuaskan pasangan, apa yang pasangan pikirkan tentang saya, apa yang harus dilakukan sampai apakah malam pertama terasa menyakitkan. Semua pikiran tersebut berasal dari keraguan diri, ketakutan, kesalahpahaman, ketidaksadaran dan kurangnya informasi tentang seks. Lantas, bagaimana cara menghadapinya?

Baca juga: Tetap Romantis Setelah Menikah, Begini Tipsnya

Tips Tetap Tenang Menghadapi Malam Pertama

Kamu tidak perlu terlalu cemas memikirkan malam pertama. Rasa cemas yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas di malam pertama. Jika kesulitan untuk mengurangi kecemasan, berikut ini tips yang dilansir dari The Health Site agar kamu tetap tenang di malam pertama, yaitu:

  1. Olahraga

Bicara tentang olahraga pasti ada hubungannya dengan kesehatan fisik dan mental. Nah, ketika kamu mengalami kecemasan, cobalah untuk berolahraga. Rutin berolahraga sebelum hari pernikahan tiba dapat memicu keluarnya hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa sakit dan menimbulkan energi positif. 

  1. Bicara dengan Teman Dekat

Ceritakan kepada teman terdekat atau orang yang dipercaya tentang rasa cemas yang dihadapi. Kamu bisa mendapatkan perspektif mereka serta saran tentang cara menangani kecemasan.

  1. Dapatkan Informasi

Gali informasi seputar seks sebelum menikah, terutama jika kamu belum pernah terlibat dalam hubungan seksual sebelumnya. Kamu bisa menelusuri lewat internet atau bertanya langsung dengan dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

  1. Diskusi Bersama Pasangan

Kamu mungkin merasa malu ketika ingin mendiskusikan soal seks bersama pasangan. Padahal, berdiskusi bersama pasangan sangat penting untuk mengetahui apa yang kamu dan pasangan inginkan. Cobalah bersikap terbuka dan curhat tentang apa yang diharapkan dan apa yang dikhawatirkan. Ini tidak hanya membuat kamu sadar satu sama lain, tetapi juga akan membantu pasangan menjadi peka terhadap kebutuhan kamu dan sebaliknya.

Baca juga: Banyak Makan Tauge Bisa Bikin Subur, Masa Sih?

  1. Jangan Berusaha Membuktikan Diri

Ingatlah bahwa malam pertama bukan tentang membuktikan diri, terutama untuk pria. Ini tidak ada hubungannya dengan membuktikan kejantananmu. Jadi, jangan terjebak dalam siklus tersebut.

  1. Dibawa Santai

Kamu perlu menanamkan pikiran bahwa pernikahan adalah cara untuk mencari tahu lebih banyak tentang satu sama lain secara mental, emosional, fisik, spiritual, dan seksual. Kamu tidak perlu mempersiapkan sampai sempurna untuk malam pertama yang datang karena semuanya masih harus dipelajari bersama dengan pasangan. Meskipun demikian, kamu perlu mengomunikasikan pikiran kepada pasangan dan terbuka terhadap pikiran pasangan juga. 

  1. Konseling Seks

Melakukan konseling seks pranikah juga membantu mengurangi kecemasan dan memahami diri sendiri dengan lebih baik. Melalui konseling, ketakutan dan kecemasan yang kamu alami akan ditangani secara profesional dengan memberikan wawasan yang dibutuhkan.

Baca juga: Frekuensi Ideal Berhubungan Intim untuk Kualitas Hubungan Pasutri

Jika berencana mengunjungi rumah sakit untuk konseling seks, kamu bisa membuat janji terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi.

Referensi :
The Health Site. Diakses pada 2020. 8 tips to deal with first night anxiety.
Health24. Diakses pada 2020. Top tips for first-timers.