Tips agar Tidur Nyenyak saat Perjalanan Mudik

Tips agar Tidur Nyenyak saat Perjalanan Mudik

Halodoc, Jakarta – Tidur saat perjalanan mudik bukan hal mudah, apalagi bagi yang belum terbiasa. Tak jarang, kesulitan tidur saat perjalanan menyebabkan kelelahan dan badan tidak fit setibanya di tujuan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Baca Juga: 6 Persiapan untuk Berkendara Jauh Saat Mudik

Lantas, Bagaimana Tips Tidur Nyenyak saat Perjalanan Mudik?

  • Usahakan perut dalam keadaan kenyang. Jika kamu berangkat pagi hari, pastikan kamu sahur terlebih dahulu. Sedangkan jika kamu berangkat pada malam hari, buka puasa terlebih dahulu agar tidak kelaparan di tengah perjalanan. Selain bikin perut keroncongan, lapar saat perjalanan bisa mengurangi fokus, terutama bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman.

  • Hindari bermain ponsel terus-menerus. Alasannya karena cahaya ponsel menurunkan kadar hormon melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah zat alami dalam tubuh yang berfungsi untuk memberitahu kapan waktu tidur. Jadi, simpan ponsel dan mulai pejamkan mata ketika kamu merasa ngantuk atau sudah waktunya untuk tidur.

  • Konsumsi obat anti mabuk, terutama bagi orang yang sering mengalami mual dan muntah di perjalanan. Obat anti mabuk merangsang rasa kantuk, sehingga kamu lebih mudah tidur selama di perjalanan dan terhindar dari risiko muntah.

  • Bawa bantal leher, agar kamu lebih nyaman untuk tidur selama di perjalanan. Bila perlu, bawa juga penutup mata untuk menghalau cahaya dan penutup telinga agar terhindar dari suara bising yang mengganggu tidur.

  • Jika kamu mudik dengan transportasi umum, seperti pesawat, bus, kereta, atau kapal, sebaiknya pilih tempat duduk yang nyaman agar bisa tidur lebih mudah.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

Hal lain yang perlu diperhatikan saat mudik adalah keselamatan dan keamanan berkendara, terutama bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sambil mempersiapkan diri, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik nanti:

  • Jika mudik dengan transportasi umum: Simpan tiket di tempat yang aman, pisahkan uang yang dibawa (jangan taruh di tempat yang sama), gunakan pakaian sederhana (jangan terlalu banyak perhiasan), bawa obat-obatan pribadi, dan pastikan barang yang dibawa sudah disimpan di tempat aman agar kamu bisa tidur nyenyak.

  • Jika mudik dengan kendaraan pribadi: periksa kondisi kendaraan sebelum digunakan, pastikan bensin sudah terisi penuh, istirahat jika mulai merasa lelah, patuhi aturan lalu lintas untuk menghindari risiko kecelakaan, jangan ngebut, serta ikuti arus lalu lintas dan jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Bawa juga perlengkapan untuk memperbaiki kendaraan untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Itulah tips agar kamu bisa tidur nyenyak saat perjalanan pulang mudik. Kalau ada keluhan kesehatan di tengah perjalanan mudik, kamu bisa langsung menghubungi dokter via aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!