26 March 2018

Tips Aman Pilih Olahraga Ibu Hamil

Tips Aman Pilih Olahraga Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Pada ibu hamil, rutin berolahraga adalah satu kegiatan yang bisa mendatangkan berbagai manfaat. Mulai dari membuat kehamilan terasa lebih sehat, mencegah masalah, membuat tidur lebih baik, hingga memudahkan proses persalinan yang akan dihadapi.

Berolahraga selama masa kehamilan bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh ibu melalui proses kelahiran sang buah hati. Namun, tentu saja olahraga yang dilakukan tidak boleh sembarangan, mengingat ibu hamil memiliki  kondisi khusus. Nah, biar tetap aman dan nyaman, perlu diperhatikan beberapa tips yang bisa diterapkan saat berolahraga selama hamil. Apa saja?

Saat hamil, tubuh akan menjadi lebih mudah merasa lelah dan membuat ibu enggan untuk melakukan aktivitas dan hanya ingin berbaring. Kurang bergerak selama masa kehamilan malah bisa memberi dampak yang kurang baik, lho. Jarang berolahraga selama hamil dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak bugar, serta tidak siap menghadapi kelahiran sehingga bisa menghambat jalannya persalinan. Sebaliknya, saat ibu rajin berolahraga, tubuh dan otot-otot akan menjadi lebih kuat.

Berolahraga juga berfungsi untuk menjaga stamina calon ibu. Salah satu yang paling populer dan banyak dilakukan para ibu hamil adalah senam. Gerakan senam hamil biasanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak akan membahayakan janin dan ibu.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari rutin melakukan senam hamil. Di antaranya dapat meredakan nyeri dan rasa sakit yang muncul selama kehamilan, mengencangkan otot, memperkuat jantung dan paru serta bisa menjadi latihan pernapasan bagi para ibu. Selain itu, senam hamil juga bisa membantu ibu lebih nyenyak tidur di malam hari serta membantu menghindari pertambahan berat badan yang berlebihan. Sebab naiknya berat badan adalah hal yang wajar terjadi selama hamil, namun ibu perlu membatasi peningkatan bobot untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjalankan senam hamil pun dapat membuat ibu lebih tenang dan bisa berpikir dengan positif. Sehingga ibu hamil akan terhindar dari stres yang berlebihan selama hamil. Stres dan perasaan tertekan yang terjadi pada ibu hamil sudah terbukti dapat memberi dampak pada ibu dan calon bayi.

Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

Nyatanya ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat ibu hamil akan melakukan senam atau aktivitas fisik lainnya. Biar lebih aman, ada beberapa tips yang bisa diterapkan ibu agar berolahraga menjadi lebih aman dan nyaman serta membuat tubuh lebih bugar dan siap menghadapi persalinan.

  • Kelas Senam Hamil

Salah satu pilihan untuk mendapatkan manfaat utuh dari senam hamil tanpa membahayakan ibu dan janin adalah dengan mengikuti kelas olahraga. Sebab dalam sebuah kelas, biasanya ibu hamil akan dibimbing oleh seorang ahli, misalnya bidan yang sudah biasa menangani kehamilan dan kelahiran.

Selain berolahraga, mengikuti kelas senam pun dapat membantu  persiapan persalinan semakin matang. Karena para instruktur yang sudah terlatih dan dapat membantu ibu untuk meningkatkan kemampuan seperti teknik pernapasan dan mengejan saat akan melahirkan.

  • Gerakan Ringan

Saat melakukan senam hamil, penting juga untuk mengetahui batasan tubuh. Artinya ibu harus tahu kapan harus berhenti dan gerakan apa yang harus dihindari. Salah satu caranya adalah dengan melekukan gerakan yang ringan dan sederhana. Misalnya duduk bersila, berbaring, jongkok, atau sekadar mengangkat kaki.

  • Pakaian Olahraga

Ibu juga harus memerhatikan pakaian olahraga yang dikenakan. Selain karena alasan kenyamanan, memilih pakaian olahraga juga bisa membantu ibu lebih maksimal dalam bergerak. Pakaian yang cocok juga bisa membantu menghindari ibu dari hal-hal yang tak diinginkan, misalnya jatuh tersandung, atau gatal di kulit karena pakaian tidak dapat menyerap keringat.

Nyatanya berolahraga saat hamil bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Bantu juga menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi vitamin. Lebih mudah membeli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!