• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Atasi Cemas Menjelang Malam Pertama

6 Tips Atasi Cemas Menjelang Malam Pertama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Malam pertama hampir pasti akan dilalui oleh setiap pasangan yang baru saja menikah. Perasaan haru, tegang, cemas, hingga tidak percaya diri menjadi hal yang wajar terjadi menjelang momen tersebut. Pasalnya, malam pertama bagi pasangan pengantin baru identik dengan hubungan intim. Tidak sedikit pasangan yang merasa kebingungan untuk melewati malam ini, sebab banyaknya mitos yang beredar seputar malam pertama.

Mempersiapkan malam pertama juga menjadi hal yang susah-susah gampang, tetapi harus dilakukan dengan benar. Hal itu penting dilakukan untuk mengatasi rasa cemas yang menyelimuti. Tak hanya itu, persiapan yang lengkap dan matang juga bisa membuat momen malam pertama bisa dilewati dengan perasaan bahagia. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan?

Baca juga: 5 Perubahan pada Tubuh Wanita Setelah Malam Pertama

Mengatasi Cemas pada Malam Pertama 

Muncul rasa cemas dan khawatir menjelang malam pertama adalah hal yang wajar terjadi. Menyusun rencana dan persiapan untuk menghadapi kondisi ini adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Berikut ini tips mengatasi cemas pada malam pertama yang bisa diterapkan bagi pengantin baru:

1. Cari Informasi 

Ada banyak informasi yang beredar seputar hubungan intim dan reproduksi. Sayangnya, tidak semua informasi mengandung fakta dan bisa dibuktikan. Nyatanya, menerima informasi yang tidak akurat malah bisa menambah rasa cemas bagi pasangan pengantin baru. Maka dari itu, menjelang malam pertama, kamu bisa mengajak pasangan untuk mencari tahu informasi yang tepat dan cobalah untuk memahaminya bersama. 

2. Utarakan 

Rasa cemas dan tertekan menjelang malam pertama bisa menimpa siapa saja, baik suami maupun istri. Normal jika merasa canggung, tetapi sebaiknya jangan pendam hal itu sendiri. Coba sampaikan dan utarakan perasaan yang sedang dialami pada pasangan. Mengetahui bahwa ada seseorang yang mengerti perasaan kamu adalah hal yang bisa menenangkan. Selain itu, kamu dan pasangan tentunya akan lebih bisa bekerja sama untuk membuat malam pertama menjadi lebih berkesan. 

Baca juga: Agar Tidak Grogi, Ini Tips Mempersiapkan Malam Pertama untuk Wanita

3. Jangan Menekan Diri 

Tidak apa-apa jika terjadi rasa canggung atau bahkan gagal berhubungan intim pada malam pertama. Kamu dan pasangan masih bisa mencoba pada hari lainnya. Terlalu menekan diri hanya akan membuat rasa cemas semakin menguasai, bahkan bisa memicu stres jangka panjang dan berujung pada masalah kesehatan secara keseluruhan. 

4. Perawatan Tubuh 

Melakukan perawatan tubuh sebelum malam pertama bisa membantu membuat pikiran menjadi lebih santai dan menekan rasa cemas. Selain itu, perawatan yang dijalani juga bisa membantu memberi sensasi tersendiri. Kamu dan pasangan bisa melakukan perawatan bersama, seperti waxing, lulur, dan lainnya. Selain membuat tubuh menjadi lebih bersih dan wangi, perawatan-perawatan ini juga bisa membuat pasangan pengantin menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi malam pertama. 

5. Jangan Lupa Foreplay

Satu hal penting yang wajib dilakukan sebelum berhubungan intim adalah pemanasan alias foreplay. Melakukan foreplay bisa membantu meningkatkan keintiman dengan pasangan dan mencapai rasa nikmat yang penuh. Foreplay juga bisa membantu menyiapkan tubuh sebelum penetrasi dilakukan, sehingga terhindar dari rasa nyeri

Baca juga: Pillow Talk, Ritual Penting Setelah Berhubungan Intim

6. Pilih Posisi 

Menentukan posisi yang paling disukai nyatanya bisa meningkatkan kepuasan, sehingga hal-hal yang sejak awal dicemaskan tidak perlu terjadi. Ada banyak posisi yang bisa dipelajari dan diterapkan saat melakukan hubungan intim dengan pasangan di malam pertama. 

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter asli melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
The Healthsite. Diakses pada 2020. A step by step guide on how to have sex.
Lifestyles. Diakses pada 2020. A Guys Guide To Preparing Sex.
Women’s Health. Diakses pada 2020.  5 Things You Should Always Do After Sex.