• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Bepergian Jauh dengan Anjing Peliharaan

Tips Bepergian Jauh dengan Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Bepergian Jauh dengan Anjing Peliharaan

Membawa anjing peliharaan bepergian yang jauh untuk berlibur membutuhkan persiapan yang matang agar liburan bisa berjalan lancar. Selain mempersiapkan kebutuhan anjing untuk di perjalanan nanti, kamu juga perlu tahu cara-cara untuk mengatasi rasa gelisah atau stres yang bisa dialami hewan tersebut ketika melakukan perjalanan yang panjang.”

Halodoc, Jakarta – Selama masa pandemi, berlibur dengan menggunakan mobil pribadi mungkin merupakan salah satu pilihan yang teraman. Bagi kamu yang punya anjing peliharaan, kamu mungkin juga ingin membawa hewan kesayangan tersebut untuk ikut berlibur bersama keluarga.

Namun, membawa anjing peliharaan untuk ikut dalam perjalanan liburan yang jauh juga bisa menjadi tantangan. Pasalnya, hewan yang satu ini bisa stres dan melakukan hal-hal yang tidak aman ketika berada di dalam mobil dalam waktu yang lama, seperti melongokkan kepalanya ke luar jendela atau melompat dari pangkuan kamu ketika mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Jadi, bagaimana caranya bila ingin mengajak anjing kesayangan bepergian jauh untuk berlibur? Simak tips-tipsnya di sini.

Tips Mengajak Anjing Peliharaan Liburan yang Jauh

Mengajak anjing peliharaan untuk ikut berlibur ke tempat yang jauh sebenarnya tidak mustahil kok, asal kamu merencanakannya dengan matang. Berikut ini beberapa tips agar perjalanan liburan kamu dengan anjing peliharaan bisa menyenangkan:

  • Pilihlah Rute yang Ramah Hewan Peliharaan

Bila kamu ingin bepergian jauh dengan anjing peliharaan kamu, pertimbangkanlah kebutuhan hewan tersebut selama dalam perjalanan nanti. Artinya, kamu perlu sering berhenti untuk membiarkan anjing peliharaan beristirahat dan berolahraga. Jadi, coba periksa apakah rute yang akan kamu lewati memiliki banyak tempat yang aman untuk membiarkan hewan peliharaan meregangkan kakinya.

Selain itu, mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir, kamu juga perlu mencari tempat-tempat pemberhentian yang aman yang tidak ramai agar kamu dan anjing peliharaan bisa menjaga jarak setidaknya dua meter dengan orang lain. 

  • Latih Anjing Peliharaan Jauh-jauh Hari

Bila kamu tahu bahwa anjing peliharaan kamu biasanya menjadi gelisah saat mengendarai mobil, cobalah untuk mengajaknya bepergian ke tempat yang dekat sebagai latihan sebelum liburan yang jauh. 

Buatlah berkendara dengan mobil menjadi pengalaman yang positif bagi hewan tersebut dengan mengajaknya bepergian ke tempat-tempat yang menyenangkan untuknya. Seperti ke taman bermain anjing atau toko hewan peliharaan favoritnya. Jadi, jangan hanya mengajak anjing peliharaan ke dokter hewan saja. Dengan cara ini, anjing bisa mengasosiasikan berkendara sebagai kegiatan yang menyenangkan.

  • Periksakan ke Dokter Hewan

Sebelum bepergian jauh dengan anjing peliharaan, ada baiknya kamu memeriksakan kondisi kesehatan hewan tersebut pada dokter hewan kamu. Bila anjing peliharaan memiliki masalah kesehatan tertentu, kamu bisa bertanya pada dokter apakah perjalanan jauh bisa memengaruhi kondisi mereka. Pastikan juga anjing sudah mendapatkan vaksin yang lengkap untuk melindunginya dari kutu dan penyakit berbahaya. Selain itu, kamu juga bisa bertanya pada dokter hewan mengenai obat anti mual atau pengurang stres yang mungkin bermanfaat untuk anjing peliharaan kamu selama menempuh perjalanan jauh untuk berlibur.

  • Bawa Barang-Barang yang Penting untuk Anjing

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan barang-barang penting yang dibutuhkan anjing peliharaan selama di perjalanan nanti. Contohnya, makanan dan air anjing, camilan, obat-obatan, mainan, mangkuk makanan, dan barang lainnya. Bawa juga peralatan untuk mengambil kotoran hewan tersebut agar kamu bisa membuangnya dan menjaga lingkungan tetap bersih.

  • Jaga Keamanan Anjing dan Juga Mobil

Saat bepergian jauh dengan anjing peliharaan, pastikan juga keselamatan hewan tersebut. Dana Vachon, CPDT-KA, pelatih anjing di Pelatihan Anjing Philly merekomendasikan untuk menggunakan selempang anjing atau tempat tidur gantung di kursi belakang untuk menyediakan ruang yang aman dan nyaman bagi hewan tersebut. Peralatan ini bisa menjaga anjing peliharaan tetap aman di dalam mobil dan juga menyelamatkan jok mobil kamu dari bulu dan cakarannya. Memasang kursi mobil khusus anjing juga bisa membantu anjing yang berukuran lebih kecil untuk tetap aman dan nyaman di dalam mobil.

  • Buat Anjing Kelelahan

Anjing biasanya lebih tenang dan berperilaku baik bila mereka sedang lelah. Jadi, sebelum bepergian, bila memungkinkan, ajaklah hewan peliharaan kamu tersebut untuk berolahraga sebentar dengan lari keliling komplek perumahan. Hal itu akan membantu anjing beristirahat, bahkan mungkin tidur selama perjalanan.

  • Buat Anjing Tetap Terhibur

Tips lainnya bepergian jauh dengan anjing peliharaan adalah bawalah berbagai macam mainan untuk membuat hewan tersebut tetap terhibur. Mainan kunyah favoritnya bisa membuat anjing peliharaan tetap sibuk selama perjalanan dan mencegah ia mengunyah sabuk pengaman atau barang-barang lain dalam mobil. Tug toys atau mainan tarik-tarikan juga bisa membuat anjing lelah, sehingga ia bisa beristirahat selama perjalanan menuju tempat pemberhentian berikutnya.

Itulah beberapa tips bepergian jauh dengan anjing peliharaan. Bila anjing peliharaan jadi sakit setelah liburan, jangan tunda lagi untuk membawa ia ke dokter hewan. Segera buat janji dengan dokter hewan di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk membantu kamu menjaga kesehatan hewan peliharaan kesayangan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Be Chewy. Diakses pada 2021. 11 Tips for Surviving a Road Trip With Your Dog.