06 January 2019

Tips Berolahraga Saat Liburan

Tips Berolahraga Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Liburan natal dan tahun baru adalah momen yang pas untuk kumpul keluarga dan bepergian. Kamu bebas melakukan apa saja saat liburan, asalkan tetap memperhatikan kondisi kesehatan. Salah satunya dengan berolahraga, setidaknya 20 menit per hari. Olahraga bukan hanya menjaga kebugaran, tapi juga memperbaiki suasana hati dan mencegah terjadinya penyakit.

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Tips Olahraga Saat Liburan

Kesehatan tubuh perlu dijaga meskipun sedang liburan. Sayangnya, "mager" membuat kebanyakan orang lebih memilih tidur atau bersantai dibandingkan berolahraga. Maka itu, berikut tips berolahraga saat liburan yang bisa dilakukan:

  • Mulai olahraga di pagi hari sebelum beraktivitas, setidaknya 15 - 20 menit. Sebenarnya kamu bisa berolahraga kapan saja, tapi kebanyakan orang menghabiskan waktu liburan dengan berjalan-jalan sehingga olahraga lebih baik dilakukan di pagi hari.

  • Lakukan olahraga ringan yang disukai. Pilihan olahraga yang bisa dilakukan saat liburan adalah jalan kaki, lari, berenang, dan planking.

  • Bawa peralatan olahraga, setidaknya sepatu khusus. Kamu bisa menggunakan sepatu khusus untuk olahraga jalan kaki, lari, atau olahraga lainnya. Atau, kamu bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang disediakan tempat menginap. Alat olahraga lain yang bisa dibawa saat liburan adalah baju renang dan skipping.

Baca Juga: Tips Agar Olahraga Enggak Membosankan

Olahraga Ringan Saat Liburan

Banyak makanan lezat yang tersedia saat liburan. Hal ini membuat sebagian orang “lupa diri”, sehingga membeli dan menyantap makanan yang ada. Meski tak ada yang melarang, kamu perlu waspada bertambahnya berat badan akibat makan berlebihan. Maka itu, kelebihan kalori saat liburan perlu diatasi dengan berolahraga. Berikut empat jenis olahraga ringan yang bisa dicoba selama liburan:

1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang paling mungkin dilakukan selama liburan. Meski tergolong olahraga ringan, jalan kaki punya banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain mencegah diabetes tipe-2, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan mencegah osteoporosis.

2. Lari

Olahraga lari bisa menjadi pilihan saat liburan. Olahraga ini bisa memperbaiki suasana hati, melancarkan aliran darah, serta memicu pengeluaran hormon dan enzim yang mengoptimalkan kinerja otot dan jantung. Untuk melakukannya, kamu perlu menyediakan sepatu khusus lari saat bepergian. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum (pemanasan) dan setelah (pendinginan) lari.

3. Berenang

Berenang bisa dilakukan di kolam renang umum atau yang disediakan khusus di penginapan. Olahraga ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain membangun massa otot, membakar kalori, membuat tubuh rileks, serta meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler.

4. Planking

Planking dilakukan dengan menahan posisi push-up selama beberapa detik. Olahraga ringan ini cukup mudah dilakukan, sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja saat liburan. Manfaat planking antara lain mengurangi stres, melatih kekuatan otot inti, meningkatkan fleksibilitas tubuh, serta memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh.

Baca juga: Planking, Olahraga Ringan yang Menyehatkan

Itulah jenis olahraga ringan yang bisa dicoba saat liburan. Kalau kamu mengalami sakit selama bepergian, jangan panik. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakan keluhan kesehatan pada dokter terpercaya. Hubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!