Tips Bugar Berpuasa Bagi Bumil Trimester Akhir

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Bugar Berpuasa Bagi Bumil Trimester Akhir

Halodoc, Jakarta – Olahraga selama kehamilan dapat membangun otot-otot dan memberikan lebih banyak energi yang membuat ibu hamil bugar lebih lama. Terutama bila ibu hamil sedang menjalani puasa, olahraga bisa membantu secara mental dan fisik.

Sangat penting untuk ibu hamil menjaga kesehatan, karena ini akan berdampak pada bayinya juga. Ibu hamil yang makan dengan baik dan berolahraga secara teratur bersama dengan perawatan prenatal teratur cenderung mengurangi komplikasi selama kehamilan dan berhasil melahirkan bayi yang sehat.

Tidak memaksakan diri terhadap kondisi kesehatan dan tanggap terhadap perubahan merupakan cara-cara yang bisa membantu ibu hamil untuk tetap bugar, walaupun sedang menjalani puasa. Karenanya, sangat penting untuk memerhatikan makanan bernutrisi yang dimakan saat sahur ataupun berbuka. Makan-makanan bergizi selama kehamilan terkait dengan perkembangan otak janin yang baik, berat lahir yang sehat, dan itu mengurangi risiko banyak cacat lahir.

Baca juga: Yang Terjadi Saat Ibu Hamil Terlalu Percaya Mitos

Diet seimbang juga akan mengurangi risiko anemia, serta gejala kehamilan yang tidak menyenangkan lainnya, seperti kelelahan dan mual di pagi hari. Nutrisi yang baik dianggap membantu menyeimbangkan perubahan suasana hati serta dapat meningkatkan persalinan dan melahirkan juga.

Diet kehamilan yang seimbang, meliputi:

  • Protein

  • Vitamin C

  • Kalsium

  • Buah-buahan dan sayur-sayuran

  • Biji-bijian

  • Makanan kaya zat besi

  • Lemak yang cukup

  • Asam folat

Untuk melindungi ibu dan bayi dari infeksi bakteri atau parasit, seperti Listeriosis, pastikan bahwa semua susu, keju, dan jus dipasteurisasi. Jangan makan daging dari konter deli atau hot dog, kecuali jika dipanaskan sepenuhnya. Juga hindari makanan laut yang didinginkan dan diasap, serta daging, unggas, dan makanan laut yang kurang matang. Jika ibu hamil atau seseorang dalam keluarga memiliki riwayat alergi, bicarakan dengan dokter tentang makanan apa saja yang harus dihindari.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seks Saat Hamil

Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan harus berasal dari makanan, tapi suplemen vitamin prenatal memainkan peran penting. Ibu hamil seringkali terlalu sibuk untuk merencanakan tiga kali makan yang mengandung nutrisi setiap hari, dan suplemen vitamin dapat memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan janin yang sedang berkembang.

Asam folat (folat) adalah vitamin B yang sangat penting bagi wanita hamil. Suplemen asam folat yang diminum beberapa minggu sebelum kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan terbukti menurunkan risiko memiliki anak dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Sebagian besar vitamin prenatal mengandung 1 miligram asam folat. Diskusikanlah dengan dokter sebelum ibu mulai mengambil vitamin prenatal. Membuat pilihan gaya hidup yang baik akan secara langsung berdampak pada kesehatan janin yang sedang tumbuh.

Baca juga: 5 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil

Gaya hidup sehat, termasuk waktu istirahat yang cukup dan pembatasan aktivitas. Hindari mengangkat anak-anak dan melakukan pekerjaan rumah yang berat, serta upayakan untuk secara rutin tidur siang. Untuk mempertahankan emosi positif, jangan sungkan untuk membagi ketakutan, harapan, dan kekhawatiran ibu hamil kepada pasangan, keluarga ataupun sharing group.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai tips bugar berpuasa bagi ibu hamil trimester akhir, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.