Tips Duduk Nyaman Bagi Pengidap Ambeien

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
tips-duduk-nyaman-bagi-pengidap-ambeien-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ambeien atau wasir adalah penyakit yang sangat menyiksa. Bagaimana tidak, ambeien menimbulkan benjolan yang sensitif dan terasa nyeri di dekat anus, sehingga membuat pengidapnya jadi serba salah saat mau duduk. Selain bikin enggak nyaman, duduk terlalu lama juga bisa memperparah kondisi ambeien. Lantas, bagaimana supaya kamu tetap bisa duduk dengan nyaman saat mengalami ambeien? Intip tips-tipsnya di sini.

Ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar yang terletak sebelum anus) membengkak dan meradang. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi diduga kondisi ini ada hubungannya dengan meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan di sekitar anus.

Baca juga: Gejala dari Penyakit Wasir yang Sering Diabaikan

Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Ambeien

Salah satu kebiasaan tidak sehat yang dipercaya dapat memicu terjadinya ambeien adalah sering duduk terlalu lama. Misalnya, saat kamu menonton film atau seharian duduk di depan komputer saat bekerja. Hal ini karena kebiasaan tersebut membuat kamu malas bergerak. Belum lagi bila  kamu juga sering ngemil selama duduk bekerja atau nonton. 

Hal ini bisa membuat berat badanmu meningkat secara signifikan. Apalagi bila kamu tidak mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin. Akibatnya, kamu pun akan mengalami kegemukan. Nah, kegemukan adalah salah satu faktor risiko dari ambeien. 

Selain itu, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan kamu mengalami sembelit. Akibatnya, kamu pun harus menghabiskan banyak waktu di toilet. Sembelit juga membuat kamu harus mengejan dengan keras dan lama saat buang air besar. 

Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus meningkat. Akibatnya, pembuluh darah akan terisi oleh banyak darah yang akhirnya menekan dinding pembuluh darah, hingga semakin membesar.

Benjolan yang berisi darah dan pembengkakan di sekitar anus bisa menimbulkan rasa nyeri saat duduk. Karena itulah, kamu perlu mengetahui posisi duduk yang nyaman, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri akibat ambeien.

Baca juga: Ternyata 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penyebab Wasir

Tips Duduk Nyaman Saat Ambeien

Posisi duduk bisa memengaruhi kondisi ambeien kamu. Bila kamu salah posisi duduk, ambeien bisa terasa semakin sakit. Sebaliknya, bila kamu duduk dengan posisi yang benar, rasa nyeri akibat ambeien pun tidak terlalu terasa, sehingga kamu bisa duduk dengan nyaman.

1. Duduk di Atas Permukaan yang Lembut

Saat mengalami ambeien, sebaiknya kamu duduk di atas permukaan yang lembut, seperti bantal yang empuk. Pasalnya, bila kamu duduk di permukaan yang keras, hal ini akan menekan otot-otot gluteal bokong, sehingga menyebabkan otot-otot ini meregang dan akhirnya pembuluh darah semakin membengkak.

2. Ubah Posisi Duduk Saat di Toilet

Saat ambeien, kamu juga perlu mengubah posisi duduk kamu di toilet. Saat duduk di toilet, angkatlah kaki kamu di atas bangku kecil. Dengan memposisikan lutut lebih tinggi dari pinggul, kamu mengubah sudut rektum dan mempermudah feses untuk bisa keluar dari tubuh.

3. Hindari Duduk di Toilet Terlalu Lama

Kamu juga sebaiknya jangan duduk di toilet terlalu lama bila mengalami sembelit. Sebaliknya, kamu perlu bangun dan bergerak atau berjalan-jalan sebentar saat sedang sembelit, untuk membantu merangsang usus.

Baca juga: Apakah Pengidap Wasir Harus Dioperasi?

Untuk mengatasi ambeien yang mengganggu, kamu juga bisa meminum obat ambeien. Nah, beli obatnya di aplikasi Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.