• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Jaga Stamina Ibu Hamil Jelang Lahiran

Tips Jaga Stamina Ibu Hamil Jelang Lahiran

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Jaga Stamina Ibu Hamil Jelang Lahiran

Halodoc, Jakarta – Terutama bagi ibu yang ingin melahirkan normal, meningkatkan dan menjaga stamina sangat penting untuk persalinan nanti. Ibu memerlukan banyak tenaga untuk mendorong bayi keluar dari perut.  Jika ibu sudah kehabisan tenaga sebelum proses melahirkan selesai, maka persalinan akan menjadi sulit dan semakin lama. Berikut adalah beberapa tips yang bisa ibu coba untuk meningkatkan stamina agar ibu kuat saat melahirkan nanti.

1. Tidur

Cara sederhana ini mungkin tidak pernah terpikirkan dan sering dilalaikan juga oleh sebagian ibu hamil. Tapi nyatanya, tidur sangat bermanfaat untuk membangun stamina yang ibu perlukan untuk persalinan lho. Banyak beristirahat juga akan memberikan ibu tenaga untuk menyusui dan begadang menjaga bayi setelah melahirkan. Jika selama ini ibu tidur di atas jam 11 malam, cobalah tidur lebih awal. Dan bagi ibu yang masih bekerja, ibu bisa tidur sebentar selama 15 menit pada jam istirahat.

2. Melakukan Olahraga Ringan

Ibu hamil diharapkan tidak malas untuk berolahraga, karena kegiatan fisik tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu, salah satunya agar ibu memiliki stamina yang prima pada saat melahirkan. Tidak perlu berolahraga terlalu berat, ibu cukup berenang atau berjalan kaki selama 30 menit secara rutin. Dengan berolahraga secara rutin selama masa kehamilan, energi ibu akan bertambah dan membuat ibu tidur nyenyak di malam hari.

3. Perbanyak Karbohidrat

Karbohidrat yang merupakan sumber tenaga sangat diperlukan ibu hamil untuk melahirkan. Tapi dibanding memakan daging, akan lebih baik jika ibu memilih asupan karbohidrat yang mudah dicerna, seperti kentang, roti, yogurt, dan buah-buahan. Selain mengandung karbohidrat, makanan tersebut juga mengandung nutrisi lainnya yang akan membuat ibu sehat dan bertenaga saat melahirkan.

4. Penuhi Asupan Zat Besi

Selain karbohidrat, ibu juga perlu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh sebagai persiapan melahirkan. Zat besi dapat membantu membentuk energi dalam tubuh ibu, mengurangi risiko ibu terkena anemia, dan mengurangi pendarahan pada saat persalinan. Ibu bisa mengonsumsi biji-bijian, beras merah, daging sapi, makanan laut, dan daging unggas yang mengandung zat besi tinggi.

5. Lakukan Senam Hamil

Jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah senam hamil. Melakukan senam hamil secara teratur dapat mengencangkan otot dan memperkuat sendi, sehingga ibu dapat lebih siap menghadapi persalinan nanti. Senam hamil dapat dilakukan sendiri di rumah, tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ibu dapat mengikuti kelas senam hamil yang ada di rumah sakit ibu dan anak, karena yang mengajar adalah bidan yang sudah berpengalaman menangani proses persalinan.

6. Rileks dan Menenangkan Pikiran

Wajar jika ibu memiliki rasa takut atau kekhawatiran menghadapi hari persalinan yang semakin dekat. Namun, menjaga pikiran untuk tetap tenang dan rileks penting lho agar ibu terhindar dari stres. Karena pikiran yang positif dan jauh dari stres dapat menambah energi. Jelang melahirkan, ibu dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti makan makanan favorit, mendengarkan musik, nonton film, dan lain-lain

Sebaiknya ibu tetap membicarakan kepada dokter kandungan sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga tertentu atau mengonsumsi makanan tertentu. Ibu hamil juga bisa membicarakan tentang kondisi kesehatannya kepada dokter, tanpa perlu keluar rumah, melalui aplikasi Halodoc.

Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.