• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Untuk menjaga kebersihan dan keindahan kulit serta bulu anjing, grooming perlu dilakukan secara rutin. Sebab, perawatan ini dapat membantu mengeliminasi kotoran, bakteri, sel kulit mati, mengurangi bau badan, serta menghilangkan gimbal pada bulu anjing, yang dapat memicu infeksi kulit. 

Selain menggunakan jasa groomer profesional, kamu sebenarnya juga bisa melakukan grooming anjing sendiri di rumah, lho. Namun, tentu saja ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya. Simak lebih lanjut dalam pembahasan setelah ini, ya!

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Cara Menyikat dan Memandikan Anjing

Ray Truting, Master Groomer di Connecticut Veterinary Center di West Hartford, CT, dalam laman PetMD, mengatakan bahwa penting untuk menciptakan suatu rutinitas. Jadi, cobalah menyikat anjing beberapa kali seminggu selama beberapa menit, secara rutin. 

Jika ingin memandikan anjing, penting untuk menyikatnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membantu merontokkan kotoran yang membandel. Menempatkan anjing di bak mandi sebelum menyikatnya hanya membuat air mandi kotor dan anjing lebih kotor lagi.

Truting merekomendasikan sikat pin logam yang licin (terutama untuk anjing dengan rambut panjang), yang dapat melewati rambut dengan mudah dan mengeluarkan banyak kotoran, rumput, dan duri. Pisau cukur dapat digunakan dengan baik pada anjing berbulu pendek (seperti Labrador), untuk menghilangkan sebagian besar bulu halus dengan cepat. 

Saat memandikan anjing, gunakan sampo yang berkualitas lebih tinggi, karena sampo sembarangan dapat mengandung bahan-bahan yang keras. Bila perlu, kamu bisa mengencerkan sampo agar lebih mudah untuk dibilas seluruhnya.

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Cara Memotong Bulu Anjing

Setelah menyikat dan memandikan anjing, langkah selanjutnya adalah memotong bulunya. Berhati-hatilah dengan gunting dan pastikan menggunakan peralatan yang tepat. Tidak seperti manusia yang suka membasahi sedikit rambut sebelum dipotong, bulu anjing harus dalam keadaan kering dan bersih saat dipotong.

Hanya gunakan ujung gunting yang tajam untuk memotong kaki, wajah dan ekor anjing, untuk menghindari risiko terkena gunting ketika anjing bergerak tiba-tiba. Ketika memangkas bulu area telinga, selalu taruh tangan yang lain di tepi telinga agar kamu tahu di bagian mana akan memotong.

Lalu, dengan menggunakan pisau yang tajam, mulailah mencukur bulu di sekitar leher anjing dan terus ke bawah tubuhnya. Hati-hati di sekitar kulit tipis, ketiak, hock (paha dan pinggul) dan di mana stifle (sendi di atas hock di kaki belakang) bertemu dengan perut. 

Cara Memotong Kuku Anjing

Truting juga berpendapat bahwa memotong kuku paling baik dilakukan oleh seorang profesional. Namun, beberapa orang mungkin merasa cukup percaya diri untuk mencobanya sendiri di rumah. Sebelum menggunakan gunting atau penggiling kuku pada anjing, pastikan anjing terbiasa dengan suara alat pemotong kuku.

Jika anjing berkuku putih, potong sampai kamu melihat warna merah jambu, dan jika anjing berkuku hitam, potong sedikit demi sedikit sampai kamu melihat titik hitam pekat di ujungnya. 

Itulah tips dan trik melakukan grooming anjing di rumah. Setiap anjing membutuhkan grooming yang baik, agar tetap terawat. Selain menjaga tampilan, grooming juga berfungsi untuk menjaga kesehatan fisiologis dan juga psikologis hewan.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Tips Grooming Anjing Kesayangan di Rumah

Setelah mengetahui cara-cara tepat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan fisik anjing kesayangan. Sebaikya ketahui pula beberapa tips agar proses grooming anjing kesayangan berjalan dengan baik:

1.Pastikan kamu menggunakan alat-alat yang tepat untuk melakukan grooming anjing.

2.Pastikan anjing nyaman dengan lingkungan dan juga situasi saat kamu akan melakukan grooming. Tempat yang tenang akan membuat anjing merasa lebih nyaman dan terhindar dari kondisi stres.

3.Lakukan perlahan saat memotong kuku, membersihkan bulu, maupun memotong bulu anjing.

4.Sentuh anjing secara perlahan. Hindari gerakan secara tiba-tiba. Hal ini dapat mengejutkan anjing dan berisiko memicu cedera atau luka pada anjing.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum melakukan grooming secara mandiri di rumah pada hewan kesayangan kamu. Namun, jika merasa belum yakin bisa melakukannya sendiri di rumah, sebaiknya bawa anjing ke groomer profesional. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan anjing, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan, kapan dan di mana saja.

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. DIY Tips for Grooming a Dog at Home.
PETA. Diakses pada 2021. The Most Important Do’s and Don’ts When Grooming Your Dog at Home.
Cesar's Way. Diakses pada 2021. How To Use Dog Clippers and Groom a Dog.