• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Membantu Pasangan yang Alami Ejakulasi Dini

Tips Membantu Pasangan yang Alami Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ejakulasi dini yang sering terjadi akan membuat pria merasa frustasi dan stres karena hubungan intim yang tidak berkualitas. Selain itu, gangguan tersebut juga akan memicu ketidakpuasan pada pasangan. Jika kondisi ini terlalu sering terjadi, maka akan memicu hubungan yang tidak harmonis, karena perlahan-lahan pria akan merasa cemas dan berusaha menghindari berhubungan intim.

Baca juga: Cegah Ejakulasi Dini dengan Melakukan 2 Gerakan Ini

Sebagai pasangan, kamu perlu membantu mengatasi ejakulasi dini pada pria sebelum masalah ini merusak keharmonisan hubunganmu. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Mengubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Pola hidup tidak sehat yang dijalani menjadi salah satu pemicu ejakulasi dini pada pria. Sebagai pasangan, kamu bisa mengatasi ejakulasi dini pada pria dengan mengajak pasangan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Caranya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan seng dan magnesium guna meningkatkan kualitas kesehatan seksual.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi guna mengurangi potensi ejakulasi dini antara lain kedelai, kacang almond, sereal gandum, kacang polong, kacang merah, buncis, biji wijen, biji labu, sayur bayam, yoghurt, daging sapi, serta daging domba. Hal yang perlu diingat adalah apapun makanan yang kamu konsumsi, baik makanan sehat atau tidak sehat, makanan tersebut mampu memengaruhi kualitas seksualmu dan pasangan.

  • Konsumsi Ginseng Merah

Dalam rangka membantu pasangan dalam mengalami ejakulasi, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menyiapkan ramuan ginseng merah guna mengembalikan vitalitas seksual pria dalam berhubungan intim. Dari studi yang dilakukan di Pusat Medis Universitas Maryland menemukan bahwa ginseng merah mampu meningkatkan libido seseorang.

Kandungan dalam ginseng merah dapat membantu tubuh beradaptasi dengan tingkat stres yang dihadapi. Saat dikonsumsi secara rutin, maka gejala ejakulasi dini dapat ditekan. Ginseng merah juga mampu melancarkan aliran darah, membantu ereksi lebih kencang, serta durasi yang lebih lama. Selain itu, ginseng merah juga dapat membuat kualitas sperma menjadi lebih baik. Apakah kamu berniat untuk mencobanya?

Baca juga: Begini Cara Alami Mengobati Ejakulasi Dini

  • Rutin Berolahraga 

Melakukan olahraga secara rutin mampu membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Masalah ejakulasi dini yang sering terjadi akan membuat pasangan kecewa karena durasi yang semakin singkat. Untuk membantu pasangan dalam mengatasi ejakulasi dini, kamu dapat mengajaknya berolahraga secara rutin di pagi atau sore hari guna meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Jika dilakukan secara teratur, olahraga dapat melancarkan peredaran darah menuju penis.

Selain berlari, olahraga yang disarankan adalah yoga dan berenang. Ketiganya mampu mengatasi ejakulasi dini, asal dilakukan secara konsisten. Tidak perlu olahraga dengan intensitas berat, cukup olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, tapi rutin dilakukan.

  • Hindari Pemicu Stres

Stres karena banyaknya beban pikiran menjadi salah satu faktor psikologis pria mengalami ejakulasi dini. Dalam hal ini, pasangan juga perlu memahami, karena stres yang dialami akan berujung pada menurunnya kualitas berhubungan intim. Selain stres, faktor psikologis lain yang menjadi pemicu ejakulasi dini adalah depresi, atau perasaan cemas.

Sebagai pasangan, kamu harus membantu agar ejakulasi dini tidak terjadi. Kamu dapat membangun kepercayaan pasangan dengan memberikan dukungan, agar bisa melakukan performa yang baik saat berhubungan intim, agar rasa cemas tidak muncul dan berujung pada ejakulasi dini.

  • Lakukan Senam Kegel

Perlu kamu ketahui bahwa senam kegel bukan hanya dilakukan oleh wanita saja, pria pun dapat melakukannya sebagai salah satu langkah dalam mengatasi ejakulasi dini. Pada pria, senam kegel dilakukan dengan menahan kontraksi otot dasar panggul. Meskipun awalnya akan susah, hal ini akan terbiasa jika latihan sering dilakukan. Hasil yang bisa diambil adalah, otot organ intim menjadi lebih rileks dan mampu meningkatkan durasi saat berhubungan intim.

Baca juga: Mitos atau Fakta Sering Masturbasi Picu Ejakulasi Dini

Saat sederet langkah tersebut tidak mampu mengatasi ejakulasi dini pada pasanganmu, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mengetahui lebih lanjut apa yang menjadi penyebabnya. Jangan dibiarkan saja, karena akan berdampak pada penurunan kualitas hubungan seksual, dan keharmonisan hubungan antar pasangan.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. 5 Ways to Overcome Premature Ejaculation.
NHS. Diakses pada 2020. Can premature ejaculation be controlled?