• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Membuat Kandang Anjing yang Low Budget

Tips Membuat Kandang Anjing yang Low Budget

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Membuat Kandang Anjing yang Low Budget

Halodoc, Jakarta – Memiliki anjing peliharaan adalah hal yang baik. Selain bisa menjadi teman di rumah, nyatanya hewan peliharaan juga bisa membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya. Anjing peliharaan juga bisa dijadikan “penjaga rumah”, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang. Dengan beragam manfaat yang diberikan, sudah sewajarnya pemilik juga memberikan yang terbaik untuk anjing. 

Salah satunya adalah dengan memastikan anjing peliharaan hidup dengan nyaman dan sehat, salah satunya memiliki rumah yang bisa melindungi. Dengan kata lain, keberadaan kandang anjing adalah hal yang penting untuk menjaga kenyamanan anjing. Kamu bisa membeli kandang di toko hewan peliharaan, bisa juga membuatnya sendiri jika memiliki dana yang terbatas. 

Baca juga: Begini Cara yang Tepat Memilih Kandang Anjing

Membuat Kandang Anjing Sendiri 

Rumah untuk anjing tidak hanya penting untuk tempat tinggal atau tempat istirahat, tapi juga bisa membantu melindungi hewan peliharaan ini. Saat musim panas, anjing peliharaan perlu mendapat perlindungan dari paparan sinar matahari langsung. Sebab, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan pada anjing. 

Tidak hanya itu, hewan peliharaan juga harus terlindungi pada saat udara terlalu dingin. Maka dari itu, keberadaan kandang atau rumah untuk anjing menjadi sangat penting. Sebagai pemilik, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih kandang untuk hewan peliharaan. Selain memperhatikan ukuran dan bahan bakunya, harga kandang terkadang juga menjadi pertimbangan. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kandang Anjing?

Jika tidak memiliki banyak dana atau biaya, kamu bisa memilih untuk membuat kandang anjing sendiri. Hal ini memungkinkan untuk menekan biaya yang dibutuhkan, apalagi jika kandang bisa dibuat dari bahan-bahan yang murah serta mudah ditemui, misalnya bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah. Dalam membuat kandang sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya: 

  1. Bahan yang Digunakan 

Salah satu pertimbangan penting dalam membuat kandang anjing adalah menentukan bahan yang akan digunakan. Jika memiliki biaya yang terbatas, kamu bisa mencoba memilih bahan yang tergolong murah dan mudah ditemukan. Salah satu bahan yang disarankan adalah plastik. Pasalnya, kandang dari plastik cenderung lebih mudah untuk dipindahkan, mudah dibersihkan dan didisinfektan, serta bisa memberi rasa nyaman pada anjing. Jika kamu merasa perlu memberi rumah yang lebih hangat untuk anjing, coba gunakan bahan dasar kayu. 

  1. Ukuran Kandang 

Penting juga untuk mengetahui ukuran kandang yang akan dibuat, sehingga kamu bisa membeli bahan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan menghindari kemungkinan bahan-bahan kandang terbuang percuma, yang tentu saja membuat biaya pembuatan kandang menjadi lebih besar. Namun perlu diingat, ukuran kandang harus sesuai dengan ukuran tubuh dan kebutuhan anjing. 

  1. Bentuk Kandang 

Memilih bentuk kandang yang sesuai juga akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan. Jika dirasa tidak perlu, hindari membuat kandang anjing dengan terlalu banyak model atau gaya. Sebab hal ini mungkin membutuhkan lebih banyak bahan. Buatlah kandang yang sederhana, akan tetapi cukup hangat dan aman untuk anjing peliharaan. 

Baca juga: Road Trip dengan Anjing Kesayangan, Persiapkan 4 Hal Ini

Jika anjing peliharaan menunjukkan gejala sakit dan tidak mau keluar dari kandang, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. Jika ragu, kau bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter hewan. Sampaikan keluhan yang dialami anjing dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari dokter hewan terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:

PetMD. Diakses pada 2021. Does My Dog Need a Dog House?

Instructables. Diakses pada 2021. Build Your Own Dog House.

Huffpost. Diakses pada 2021. The Importance of Our Pets.