4 Tips Memilih Layanan Home Care

layanan home care

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian orang mungkin pernah terpikirkan untuk menjalani perawatan di rumah, entah itu untuk diri sendiri maupun untuk orang terdekat. Dengan adanya home care bisa memudahkan anggota keluarga untuk tetap merawat orang tersayang. Namun, sebenarnya apa keuntungan perawatan di rumah atau home care?

Perawatan di rumah atau home care merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan untuk seseorang atau keluarga di rumah sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan, mempertahankan, atau memaksimalkan tingkat kemandirian pengidap dan mengurangi akibat dari suatu penyakit.

Home care bisa dilakukan dengan permintaan sendiri, dari pihak pengidap, ataupun setelah perawatan di rumah sakit. Biasanya, terdapat beberapa hal yang menjadi dasar pertimbangan dalam memilih home care, yaitu pertimbangan ekonomi, kenyamanan pengidap, dan kemudahan akses bagi keluarga. Selain itu, beberapa tips memilih home care ini bisa kamu jadikan patokan, antara lain:

Baca juga: Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

1. Pilih Home Care yang Terpercaya

Sebelum menentukan layanan home care, lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui penyedia home care mana yang terbaik. Kamu dapat mengunjungi website resmi mereka, cek media sosialnya, atau melihat referensi di media massa. Kamu juga bisa bertanya dan meminta rekomendasi pada kerabat atau keluarga yang pernah menggunakan jasa home care sebelumnya, atau mereka yang mengetahui penyedia layanan seperti ini.

2. Cek Perawat yang Terdaftar

Pastikan perawat pada penyedia home care sudah terdaftar. Penting untuk menanyakan kepada penyedia layanan home care apakah perawat mereka sudah memiliki Surat Tanda Register (STR) atau belum. Bila perlu, cek biografi, profil, serta pengalaman perawat yang akan dipilih.

3. Minta Perawat untuk Mengecek Kondisi Pasien

Tidak ada salahnya untuk meminta kepada penyedia layanan home care supaya perawatannya dapat mengecek kondisi pasien terlebih dulu sebelum melakukan pembayaran. Saat semua sudah sepakat, dan perawat sudah datang ke rumah, barulah proses pembayaran dilakukan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Baca juga: Rawat Inap di Rumah Sakit Bisa Pakai BPJS

4. Pastikan Layanan Pengaduan Responsif

Ini adalah bagian yang cukup penting yang harus kamu ketahui sebelum menentukan home care. Ada baiknya kamu mengetahui bagaimana perawat memperlakukan pasien dengan memperhatikan kinerjanya. Jika ada masalah atau hal yang kurang nyaman, segera adukan ke penyedia layanan home care tersebut. Karena itu, sangat penting untuk memilih penyedia home care yang memiliki respons pengaduan yang cepat tanggap dan bisa diakses 24/7.

Sudah semestinya home care mampu memberikan pelayanan pada penyakit kronis yang memerlukan perawatan dalam waktu yang lama dan biaya yang mahal. Keluarga yang memutuskan untuk melakukan perawatan di rumah, biasanya didasari oleh perhitungan ekonomi.

Hal yang tidak kalah penting, pertimbangkan hal yang dapat memudahkan anggota keluarga yang lain untuk menjenguk dan bertemu pasien, serta kenyamanan pasien. Pasalnya, mendapatkan perawatan di rumah akan memberi rasa aman dan nyaman, sehingga bisa membantu proses penyembuhan. Kebanyakan pasien dengan penyakit tertentu memiliki kemungkinan sembuh yang rendah, sehingga home care bisa membantu untuk memberikan rasa nyaman secara psikologis bagi pengidap dan keluarga.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Terapi Wicara Dilakukan

Untuk mendapatkan pilihan home care terbaik, kini kamu bisa lho langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!