• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Balita

Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Balita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar orangtua suka memanjakan anaknya dengan membelikan banyak mainan. Namun, saat membelikan mainan untuk anak-anak yang masih di bawah usia 5 tahun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan orangtua terlebih dahulu, seperti aspek keamanan mainan dan kesesuaian mainan dengan usia anak. Yuk, simak tips memilih mainan yang tepat untuk balita di bawah ini.

Orangtua seringkali antusias saat ingin membeli mainan untuk anak dan tidak sabar saat membantu Si Kecil mempelajari sesuatu yang baru dari mainan tersebut. Namun, saat memasuki toko mainan, semua mainan bisa tampak menarik dan mengagumkan, sehingga tidak jarang orangtua menjadi bingung harus memilih yang mana. Padahal, memilih mainan yang tepat untuk anak sangat penting, karena mainan juga dapat membantu tumbuh kembang Si Kecil.

Baca juga: Tips Memilih Mainan Berdasar Tahap Pertumbuhan Anak

Berikut ini tips yang bisa ayah dan ibu perhatikan saat ingin membeli mainan untuk Si Kecil yang masih di bawah usia 5 tahun:

Baca Dengan Cermat Setiap Informasi yang Tertera dalam Kotak Mainan

Biasanya pada kotak mainan, tercantum informasi mengenai rekomendasi usia mainan tersebut. Informasi tersebut diberikan karena dua alasan penting. Pertama, untuk membantu kebutuhan perkembangan anak, dan yang kedua, untuk membuatnya tetap aman. 

Bila kamu ingin membeli balok-balok kecil untuk membuat bangunan, seperti menara, pastikan balok tidak terlalu kecil. Balok harus cukup besar, agar tidak muat untuk masuk ke dalam mulut anak yang berpotensi tertelan. Selain itu, pastikan anak telah mengembangkan kemampuan untuk memainkan mainan tersebut.

Baca juga: Perlukah Membedakan Mainan untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Jangan Membeli Mainan Hanya karena Mengikuti Trend

Mungkin ada beberapa mainan tertentu yang sedang tren saat ini, sehingga ayah atau ibu tertarik untuk membelikannya untuk anak. Namun, belum tentu mainan tersebut sesuai untuk Si Kecil. Anak mungkin saja terlalu kecil untuk memainkan mainan tersebut. 

Pada usia balita, Si Kecil sudah bisa memilih, lho. Jadi, biarkan Si Kecil yang memilih sendiri mainan yang ia inginkan, lalu orangtua dapat mengambil keputusan terakhir dengan mempertimbangkan apakah mainan tersebut aman dan cocok untuk Si Kecil sebelum membelinya.

Jangan Anti Membuat Mainan dari Peralatan Rumah Tangga

Tahukah ibu, beberapa barang yang bisa ditemukan sehari-hari di rumah bisa disulap menjadi mainan yang aman untuk Si Kecil, lho. Misalnya, gelas plastik, sendok kayu, kantong kertas, dan kotak kardus. Barang-barang tersebut juga tidak kalah asyik untuk dimainkan dibandingkan mainan mahal di mall. Jadi, manfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk membuatkan Si Kecil alat musik atau mainan yang bisa ia mainkan saat mandi. 

Ingat, pastikan ibu tetap memberi perhatian ekstra saat Si Kecil bermain agar ia tidak memasukkan barang ke dalam mulut yang berpotensi membuatnya tersedak.

Pastikan Kamu Tidak Memilih Mainan yang Terlalu Berat untuk Si Kecil

Misalnya, hindari membeli mainan apapun dengan tutup yang berat. Si Kecil mungkin bisa membukanya, tetapi ia mungkin belum memiliki ketangkasan untuk mencegahnya menutup sendiri, sehingga Si Kecil berisiko untuk terjepit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membeli mainan yang dapat menyebabkan cedera.

Sebaiknya Jangan Membeli Mainan yang Terlalu Banyak untuk Si Kecil

Berhati-hatilah dalam memilih mainan yang kamu beli. Sebaiknya kamu baru membeli mainan baru saat anak sudah mencapai tonggak usia tertentu. Hal ini dapat membuatnya tetap termotivasi dan senang. Ingat, bahwa lebih baik memberi beberapa mainan khusus yang bermanfaat untuk anak daripada menghujaninya dengan banyak mainan yang tidak bermanfaat.

Baca juga: 7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

Itulah tips bagi ayah dan ibu untuk memilih mainan yang tepat untuk balita. Bila ayah atau ibu ingin bertanya seputar pola asuh anak, coba tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Ayah atau ibu bisa menghubungi dokter ahli dan terpercaya melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Guidelines For Choosing Toys For Toddlers.