• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Rottweiler

Tips Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Rottweiler

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Rottweiler

Halodoc, Jakarta – Rottweiler adalah anjing ras besar yang berasal dari Jerman. Awalnya, anjing jenis ini diternakkan sebagai anjing pekerja, karena fisiknya yang mumpuni untuk menjalankan tugas-tugas berat. Beberapa aktivitas fisik berat yang biasa dilakukan oleh anjing jenis ini adalah menarik gerobak barang, menggiring ternak, menjaga keamanan rumah, serta bekerja bersama kepolisian dan kemiliteran. 

Anjing jenis ini membutuhkan banyak kegiatan dan stimulasi mental. Rottweiler bukanlah jenis anjing rumahan yang bisa seharian bermalas-malasan. Mengingat anjing ini beraktivitas menggunakan kekuatan fisiknya, memberikan makanan untuk anjing ini tidak boleh sembarangan. Lantas, apa saja makanan untuk anjing Rottweiler yang boleh dikonsumsi? Simak di sini penjelasannya.

Baca juga: Uniknya Alasan Kucing Mengeong pada Manusia

Makanan untuk Anjing Rottweiler

Pada umumnya, anjing Rottweiler sama dengan jenis anjing lainnya. Ia juga sangat menyukai daging. Namun sebelum memberikannya, ini beberapa syarat yang perlu dilakukan oleh pemilik hewan peliharaan:

  • Pastikan makanan yang dikonsumsi anjing adalah daging segar atau potein hewani, bukan buah atau sayuran.
  • Dalam memilih daging, kamu bisa memberinya hati ayam, tulang, telur dan juga jeroan.
  • Jangan memberikan daging olahan dan beku. Hal tersebut dapat menyebabkan anjing sangat mudah terserang penyakit.
  • Jangan memberikan dengan kandungan pengawet, juga biji–bijian.

Jika makanan untuk anjing Rottweiler tersebut dan diterima oleh tubuh anjing, maka ia akan tumbuh dengan pesat dan memiliki kesehatan yang baik. Bahkan, ukuran tubuhnya bisa saja tumbuh jauh lebih cepat dan besar. Berkaitan dengan hal tersebut, sebaiknya beri sejumlah makanan tersebut sejak anjing berusia masih sangat muda (puppy). Jika ia mengalami gangguan kesehatan di masa pertumbuhannya, maka diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc untuk langkah penanganannya, ya.

Baca juga: 4 Manfaat Adopsi Anjing untuk Kesehatan Fisik

Karakter dan Ciri Fisik Anjing Rottweiler

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk memelihara anjing Rottweiler, kamu perlu mengetahui karakter dan ciri fisik anjing. Anjing jenis ini bersifat sangat kuat, tenang, mudah dilatih, berani, dan setia terhadap pemeliharanya. Ia bahkan akan mati-matian jika dirasa perlu membela majikannya. Anjing ini lebih kuat terhadap rasa sakit, juga bersifat berani dan percaya diri. 

Dilihat dari karakternya, jenis anjing ini membutuhkan pemilik yang berpikiran kuat, tenang, tegas, dan mampu menangani ukuran badan mereka yang cenderung besar. Sifatnya alamiahnya sebagai penjaga, juga jinak dengan temperamen yang santai. Anjing ini dapat diandalkan jika pemilik melatihnya dengan serius. Selain karakter, berikut ini ciri fisik anjing Rottweiler: 

  1. Berat badan. Anjing ini berukuran sedang hingga besar. Untuk anjing jantan, tingginya bisa mencapai 61–70 sentimeter, dengan berat badan 50–60 kilogram. Sedangkan untuk anjing betina, tingginya bisa mencapai 56–63 sentimeter, dengan berat badan 35–48 kilogram.
  • Bentuk badan. Tubuhnya cukup besar, tegak, kokoh, serta memiliki tenaga yang kuat. Anjing jenis ini bisa menjadi penyerang yang berbahaya ketika ia merasa bosan. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa anjing ini senang bergerak aktif.
  • Bentuk moncong. Anjing ini memiliki moncong yang tidak terlalu panjang, bahkan cenderung masuk ke dalam. Struktur tulang hidung lurus ke depan.
  • Bentuk mata. Anjing ini memiliki mata yang besar, dengan warna coklat tua. Jika kamu menemukan warna mata yang menguning, hal tersebut menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada mata.
  • Bentuk telinga. Anjing ini memiliki telinga segitiga yang terletak di atas mata, tidak terlalu jauh antara telinga kiri dan kanan.
  • Bentuk hidung. Anjing ini memiliki bentuk hidung yang lebar dan berwarna hitam.
  • Bentuk kaki. Anjing ini memiliki ukuran kaki belakang yang lebih panjang dari kaki depan. Tapak kakinya juga cukup keras.

Baca juga: Lakukan Ini saat Pertama Kali Adopsi Hewan Peliharaan

Itulah penjelasan tentang makanan untuk anjing Rottweiler, serta karakter dan ciri fisiknya. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk memeliharanya?

Referensi:

Dog Lover’s Digest. Diakses pada 2021. The 14 Best Dog Foods for Rottweilers.

Rottweiler Life. Diakses pada 2021. How to Choose the Right Food for Your Rottweiler: A Student’s First Pet Guide.

Hector Kitchen. Diakses pada 2021. ROTTWEILER: A COMPLETE GUIDE WITH TIPS FOR CHOOSING THEIR IDEAL DIET.