• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh untuk Si Kecil

Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh untuk Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat ingin membeli produk perawatan tubuh anak, ibu tentunya ingin mencari produk terbaik yang aman untuk kulit Si Kecil. Namun, bagaimana caranya untuk mengetahui apakah suatu produk aman dan baik digunakan untuk Si Kecil atau malah bisa menyebabkan iritasi? 

Kulit bayi dan anak-anak masih sangat lembut dan rentan mengalami iritasi dan menjadi kering. Oleh karena itu, ibu dianjurkan memilih produk perawatan kulit yang berbahan ringan namun efektif, serta mampu melindungi kulit Si Kecil dari iritasi, seperti akibat debu atau popok. Berikut ini tips memilih produk perawatan tubuh untuk Si Kecil:

Baca juga: Ini Barang Wajib untuk Bayi Baru Lahir

1.Selalu Pilih Produk Khusus untuk Bayi

Produk perawatan tubuh yang dirancang untuk umum dapat merusak kulit bayi yang masih sangat sensitif. Jadi, kunci utama dalam memilih produk perawatan tubuh untuk anak adalah mencari produk yang diformulasikan khusus untuk bayi.

Ingat, kulit bayi dan anak-anak lebih tipis, lebih halus dan lebih mudah menjadi kering daripada kulit orang dewasa. Oleh karena itu, pilih produk bayi yang mengandung bahan pembersih yang lembut yang mampu menjaga keseimbangan alami kulit bayi sekaligus mempertahankan lapisan pelindung luarnya.

Parfum, sabun dan alkohol adalah bahan-bahan yang sering ditemukan pada produk umum atau untuk orang dewasa. Semua bahan tersebut dapat mengiritasi kulit bayi atau menyebabkan reaksi alergi. Produk perawatan tubuh untuk Si Kecil harus yang tidak terlalu harum dan tidak boleh mengandung sabun atau alkohol. 

2.Pilih Produk yang Bebas Paraben, Pewarna, dan Ftalat

Sebelum membeli produk perawatan tubuh untuk anak, pastikan ibu membaca bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dengan cermat. Selain tidak boleh mengandung bahan-bahan seperti sabun keras dan alkohol, pastikan produk tersebut tidak mengandung paraben (bahan yang sering ditemukan pada produk kosmetik). Pasalnya, paraben dikhawatirkan dapat diserap lebih banyak oleh bayi daripada orang dewasa, sehingga bisa membuat Si Kecil rentan mengalami efek yang berbahaya.

Perhatikan juga kandungan pewarna yang merupakan tambahan tidak perlu untuk produk bayi. Ftalat juga merupakan bahan yang berpotensi berbahaya yang dikaitkan dengan berbagai gangguan, seperti asma, ADHD, IQ rendah, masalah perkembangan saraf, dan masih banyak lagi. Jadi, perhatikan lah nama bahan kimia yang diakhiri dengan “phalate” pada daftar kandungan dan hindari membeli produk tersebut.

Baca juga: Masalah Kulit pada Bayi Baru Lahir yang Harus Diwaspadai

3.Waspada Produk Berlabel ‘Alami’

Di India, tidak ada peraturan khusus untuk memasarkan produk dengan label ‘alami’. Jadi, sebaiknya ibu juga jangan tertipu dengan label tersebut di kemasan produk. Produk berlabel “100 persen natural” belum tentu bebas dari bahan pengawet atau bahan tambahan berbahaya.

Jadi, selalu pastikan untuk membaca daftar kandungan dengan cermat sebelum membeli produk perawatan tubuh untuk Si Kecil. Periksa bahan-bahan kimia berbahaya yang sudah disebutkan di atas dan bahan lainnya yang namanya tidak ibu kenali. Teliti bahan-bahan asing sebelum membeli untuk memastikan produk tersebut aman untuk bayi dan anak kecil.

4.Perhatikan Keseimbangan pH

Ibu mungkin sering melihat label “pH netral” atau “pH seimbang” yang digunakan pada produk perawatan kulit bayi. Skala pH adalah cara untuk mengukur seberapa asam atau basa suatu zat.

Begini cara memahaminya:

  • Skor yang rendah pada skala pH 1 hingga pH 6 menunjukkan zat asam.
  • Skor yang lebih tinggi pada skala pH8 hingga pH 14 menunjukkan adanya zat alkali.
  • Suatu zat yang tidak asam atau basa disebut juga pH netral atau pH 7.

Kadar pH pada produk perawatan tubuh yang ingin ibu beli penting untuk diperhatikan agar tidak mengganggu lapisan pelindung pada kulit Si Kecil. Sayangnya, kebanyakan produk perawatan kulit tidak memberitahu tingkat pH yang detail. Pada label, mungkin hanya dicantumkan “pH netral”. Selama kulit bayi ibu sehat dan tidak kering, produk dengan pH netral seharusnya tidak masalah.

5.Hindari Produk Antibakteri

Sebaiknya jangan gunakan produk yang berlabel antibakteri atau antimikroba pada kulit bayi. Sabun bayi yang cair dan lembut atau tisu bayi yang lembut dan bebas alkohol sudah sangat cocok untuk menjaga kebersihan kulit Si Kecil. Bahan bakeri biasanya tidak ditambahkan ke produk yang diformulasikan untuk bayi.

Baca juga: Bingung Pilih yang Terbaik, Ini Cara Tepat Pilih Popok Bayi

Nah, itulah tips yang bisa ibu terapkan ketika ingin membeli produk perawatan tubuh untuk Si Kecil. Sekarang, ibu bisa membeli produk perawatan tubuh atau produk kesehatan untuk anak lewat aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal order melalui aplikasi Halodoc dan pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
First Post. Diakses pada 2020. How to choose the right skin care products for your baby: A simple guide!.
Baby Centre. Diakses pada 2020. Choosing baby skincare products