• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Mencegah Terjadinya Sakit Kepala Sebelah Kanan

Tips Mencegah Terjadinya Sakit Kepala Sebelah Kanan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala adalah penyakit yang sangat umum yang pernah dialami oleh hampir semua orang, setidaknya sekali seumur hidupnya. Sakit kepala sendiri bisa muncul di berbagai area di kepala, salah satunya adalah di sisi sebelah kanan. Mengingat sakit kepala terasa tidak nyaman dan mengganggu, simak tips mencegah terjadinya sakit kepala sebelah kanan di bawah ini.

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, infeksi dan alergi, penggunaan obat-obatan secara berlebihan, ataupun masalah neurologis. Jenis sakit kepala pun bermacam-macam. Namun, migrain dan sakit kepala cluster adalah yang biasanya paling sering menyebabkan sakit kepala di sebelah kanan. Sakit kepala karena tegang juga dapat menyebabkan rasa sakit pada satu sisi kepala pada beberapa orang.

Baca juga: Ini 3 Beda Letak Sakit Kepala

Tips Mencegah Sakit Kepala Sebelah Kanan

Pada dasarnya, sakit kepala dapat dicegah dengan menghindari penyebab atau faktor yang menjadi pemicunya. Selain itu, melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat juga seringkali efektif untuk mencegah sakit kepala. Meskipun ada berbagai macam jenis, tetapi sakit kepala sebelah kanan umumnya dapat dicegah dengan melakukan beberapa gaya hidup sehat berikut:

  • Perhatikan Cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrem, seperti kelembapan yang tinggi, suhu yang panas atau hujan, dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan. Jadi, bila cuaca sedang tidak bersahabat, ada baiknya kamu menghindari beraktivitas di luar ruangan. Namun, bila hal tersebut tidak memungkinkan, kamu dianjurkan untuk tidak berlama-lama beraktivitas di luar ruangan di bawah cuaca yang dapat memicu sakit kepala sebelah kanan.

  • Makan dan Tidur Secara Teratur

Berpuasa atau melewatkan makan dapat memicu sakit kepala sebelah kanan, seperti migrain atau sakit kepala tegang. Jadi, pastikan kamu makan dalam waktu yang teratur, yaitu satu jam setelah bangun, kemudian setiap 3–4 jam. Pastikan juga kamu minum air yang cukup, karena lapar dan dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Kurang tidur juga dapat memperburuk gejala sakit kepala. Begitu juga dengan terlalu banyak tidur. Jadi, usahakan untuk tidur malam setidaknya 7–8 jam setiap hari dan jangan mencoba untuk menebus kekurangan tidur dengan tidur lebih lama.

  • Hindari Stres

Meskipun kamu tidak bisa mencegah situasi-situasi yang menyebabkan stres, tetapi setidaknya kamu dapat mengontrol bagaimana bereaksi terhadapnya. Migrain dan sakit kepala tegang seringkali adalah dampak yang terjadi akibat stres. Karena itu, cobalah untuk mengendalikan stres dengan melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga.

Baca juga: Stres Bisa Picu Sakit Kepala, Ini Faktanya

  • Pilih Olahraga Santai

Olahraga secara teratur adalah bagian penting dari pola hidup sehat. Namun, melakukan olahraga yang intens, seperti angkat berat, dapat memicu sakit kepala. Karena itu, perhatikan respons tubuh kamu terhadap aktivitas tertentu. Pilihlah olahraga yang dapat membantu kamu mengurangi stres tanpa terlalu membebani tubuh, seperti yoga, aerobic ringan, atau tai chi.

  • Perhatikan Pilihan Makanan

Makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan atau migrain, seperti:

  • Cokelat,
  • Red wine,
  • Daging olahan,
  • Makanan manis,
  • Keju

Karena itu, perhatikanlah makanan apa saja yang dapat memicu sakit kepala sebelah yang kamu alami, lalu hindari makanan tersebut. Minuman, seperti kafein atau alkohol, terutama red wine atau sampanye adalah pemicu sakit kepala sebelah paling umum. Karena itu, batasilah jumlah minuman tersebut atau bila perlu hindari sama sekali.

Baca juga: Waspada, Ini 14 Tanda Sakit Kepala Berbahaya

Itulah tips mencegah sakit kepala sebelah kanan yang bisa kamu lakukan. Untuk membeli obat sakit kepala, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What does a right-sided headache mean?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Avoid a Migraine Before It Happens.