• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Mencerahkan Kulit Kusam Secara Alami

Tips Mencerahkan Kulit Kusam Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kulit yang cerah dan bercahaya tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain meningkatkan penampilan, kulit yang cerah juga menjadi pertanda kesehatan kulit yang baik. Namun sayangnya, menjaga kecerahan kulit tidak mudah. 

Berbagai macam faktor, seperti polusi, sinar UV dari matahari, bahkan pola makan yang tidak sehat bisa mengurangi kesehatan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan kasar. Cara untuk memperbaiki kerusakan kulit tersebut, tidak sedikit orang yang menggunakan berbagai produk dengan kandungan kimiawi di dalamnya. Namun, cara tersebut mungkin bisa memperburuk kesehatan kulit daripada memperbaikinya karena bahan kimia dapat menimbulkan efek samping.

Kabar baiknya, ada tips mudah yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit kusam secara alami:

1.Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dehidrasi juga bisa berdampak buruk pada kulit, yaitu menurunkan volume aliran darah ke kulit, sehingga membuat kulit kusam, kering, dan gatal. Jika kamu terus-menerus tidak memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh bisa menyebabkan kerusakan kulit yang permanen.

Tanda yang bisa muncul pada wajah yaitu garis halus, kulit menjadi kendur, bahkan bersisik dan kerutan semakin dalam akibat dehidrasi kronis yang parah. Jadi, bila kamu ingin punya kulit yang cerah dan sehat, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum delapan gelas air sehari. 

2.Eksfoliasi Kulit

Bila kamu sudah mencuci muka dua kali sehari, itu baik. Namun, ada satu lagi perawatan kulit yang tidak boleh kamu lupakan, yaitu pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Kondisi kulit yang kering adalah penyebab paling umum dari kulit kusam, dan eksfoliasi membuat kulit kamu segar kembali, sehingga dapat menyerap produk skin care dengan lebih baik. Eksfoliasi adalah proses menghilangkan lapisan luar sel kulit mati, sehingga kulit dapat menjadi lebih halus dan bercahaya.

Untuk melakukan eksfoliasi kulit, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya seperti gula. Gula dapat membantu menghilangkan kulit kering dan sel kulit mati karena teksturnya yang agak kasar. Caranya, ambil wadah yang bisa ditutup, lalu tuang minyak zaitun dan madu ke dalamnya. 

etelah itu, tambahkan setengah cangkir gula merah ke dalamnya dan aduk sampai rata. Gosok wajah kamu dengan campuran tersebut dengan gerakan melingkar untuk membantu pengelupasan selama 4-5 menit. Lalu, bilas dengan air sampai bersih. Kamu bisa melakukan cara alami ini dua kali dalam seminggu untuk mencerahkan kulit kusam.

Baca juga: 5 Tips Aman Eksfoliasi Kulit Wajah

3.Menggunakan Masker Perawatan Kulit

Ada banyak jenis masker yang bisa digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit. Sebaiknya sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu masing-masing. Salah satu jenis masker yang bisa digunakan adalah sheet mask, yang berbentuk seperti lembaran kertas.

Penggunaan sheet mask ampuh untuk melembapkan kulit serta mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Penggunaan sheet mask juga mampu memudarkan kerutan halus di wajah kamu.

Nah, bagaimana dengan penggunaan masker alami? Misalnya, masker yang terbuat dari yoghurt atau madu. Sebenarnya, kandungan dari bahan-bahan alami tersebut akan lebih baik apabila dikonsumsi secara langsung. Umumnya, masker alami justru bisa membuat reaksi iritasi, terutama pada kulit yang sensitif.

Jika kamu masih ingin memakai masker alami, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

4.Tidur yang Cukup

Sering begadang atau kurang tidur adalah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kulit kamu. Menurut Dr. Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat dan direktur Art of Skin MD, tidur adalah waktu pemulihan tubuh di mana sel-sel kulit memperbaiki diri dan beregenerasi. Kurang tidur atau tidur dengan waktu yang tidak teratur membuat sel-sel kulit tidak dapat bekerja secara optimal.

Jadi, ingatlah untuk tidur selama 7-9 jam di waktu malam untuk penampilan kulit yang sehat dan cerah.

5.Kelola Stres dengan Baik

Stres memainkan peran besar dalam kesehatan dan penampilan kulit kamu. Hal ini karena stres menyebabkan peningkatan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan perbaikan kulit. Jadi, manajemen stres sangat penting dalam upaya mencerahkan kulit yang kusam. 

Baca juga: Rahasia Mencerahkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Lulur

Nah, itulah tips untuk mencerahkan kulit secara alami. Kamu juga bisa membeli suplemen vitamin untuk kulit atau produk perawatan kulit lewat aplikasi Halodoc untuk membantu mencerahkan kulitmu, lho. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga yang memudahkan kamu untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.


Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2020. Dull Skin: Causes, Natural Remedies, And Prevention Tips.
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. The 9 Sneaky Reasons Your Skin Looks Dull — And How to Fix It