• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menciptakan Suasana Kerja yang Bahagia

Tips Menciptakan Suasana Kerja yang Bahagia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tips Menciptakan Suasana Kerja yang Bahagia

Halodoc, Jakarta - Kamu mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di kantor dibandingkan di rumah yang mungkin disebabkan pekerjaan atau hal lainnya. Tentunya, menciptakan tempat kerja yang bahagia sangat penting agar betah dan ide-ide baru selalu datang. Namun, tidak semua orang tahu cara untuk membuat suasana kerja yang nyaman agar timbul rasa bahagia. Nah, ketahui cara lengkapnya di sini!

Cara untuk Menciptakan Suasana Kerja yang Bahagia

Tingkat kebahagiaan karyawan dapat berbanding lurus dengan produktivitasnya terkait pekerjaan. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan lebih sedikit konflik antar rekan kerja sehingga baik untuk menjaga suasana perusahaan tetap kondusif. Maka dari itu, bukan hanya para karyawannya yang harus membuat suasana menjadi bahagia, tapi ada peran dari perusahaan. Dengan begitu, perasaan saling melengkapi dapat timbul dengan sendirinya.

Baca juga: 5 Tanda Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Seperti yang diketahui, perasaan bahagia dapat meningkatkan tingkat dopamin yang dapat meningkatkan kemampuan belajar agar lebih efektif dan efisien. Hal ini juga baik untuk mengurangi kemungkinan timbulnya perasaan stres karena beban pekerjaan. Lalu, bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana kerja yang bahagia? Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Ciptakan Keseimbangan antara Kantor dan Rumah

Suasana kerja yang bahagia bisa didapat dari menciptakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan di kantor. Tidak banyak orang yang mampu mendapatkan keseimbangan ini karena beban pekerjaan yang terlalu banyak dan atasan yang mungkin kurang memperhatikan. Padahal, semua masalah yang bersifat pribadi dapat memengaruhi tingkat produktivitas seseorang.

Untuk para atasan, pastikan untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dengan selalu mendukungnya dan memperhatikan kesejahteraannya. Perlu diketahui, peran orangtua di rumah tidak dapat digantikan oleh orang lain. Dengan memperhatikan hal ini, tentu dirinya merasa dihargai dan berusaha memberikan seluruh tenaga, serta upaya agar pekerjaan yang dilakukan mendapatkan hasil maksimal.

2. Melakukan Meditasi

Pekerjaan yang berjalan cepat tentu sulit untuk meminimalkan stres dan meningkatkan konsentrasi agar cepat selesai. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan meditasi agar mampu menciptakan suasana kerja yang lebih bahagia. Hal ini dipercaya dapat menimbulkan ketenangan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan bermanfaat baik pada mental serta fisik. Perusahaan dapat menyediakan ruangan untuk karyawannya melakukan meditasi.

Baca juga: Suasana Kerja yang Tidak Nyaman Bisa Sebabkan Sakit Kepala

3. Memberikan Pengakuan

Para atasan dan perusahaan perlu memberikan pengakuan yang tinggi pada karyawannya yang berprestasi. Suasana kerja yang bahagia didapat dari pujian dan pengakuan melalui ucapan hingga pemberian bonus. Dengan begitu, keinginan untuk bekerja lebih baik tetap terjaga serta percaya diri semakin meningkat. Hal ini dapat sejalan dengan tujuan perusahaan yang ingin lebih maju lagi.

4. Berikan Fleksibilitas

Perasaan stres dalam hidup berasal dari prioritas yang bertentangan. Setiap orang yang diberi keleluasaan untuk berfokus pada hal yang penting saat menjalani hidup dapat lebih bahagia dan lebih sehat. Maka dari itu, penting untuk memberikan fleksibilitas dan kepercayaan untuk menetapkan prioritas dan jadwal tersendiri. Hal yang perlu difokuskan adalah pekerjaan selesai dengan benar dan tepat waktu.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan suasana bahagia di kantor. Perasaan tenang dan fokus terjaga terus didapatkan jika seseorang merasa bahagia dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Tentu, gotong royong sesama rekan pekerja dapat terjalin yang akhirnya produktivitas dan kemampuan semua orang dapat meningkat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja?

Kamu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc terkait beberapa cara yang ampuh untuk menciptakan suasana kerja yang bahagia. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan interaksi langsung dengan ahli medis profesional. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Entrepreneur. Diakses pada 2021. #6 Tips For Creating A Happy Workplace.
Gethppy. Diakses pada 2021. How to Create a Happy Workplace.