• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Mengajarkan Disiplin pada Anak saat di Meja Makan

Tips Mengajarkan Disiplin pada Anak saat di Meja Makan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Salah satu kebiasaan yang paling sulit untuk dilakukan oleh anak-anak adalah duduk lama di meja makan saat proses makan berlangsung. Berbagai hal nyatanya menjadi lebih menarik bagi anak-anak dibandingkan harus duduk rapi saat makan. Tentunya, kebiasaan ini dapat mengganggu orang lain apalagi jika anak kerap berlari-lari atau bermain saat makan di restoran yang banyak didatangi oleh orang lain.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini saat Mendisiplinkan Anak

Tidak ada kata terlambat, nyatanya ibu dapat menanamkan kedisiplinan pada anak saat berada di meja makan. Lalu, bagaimana mengajarkan anak agar mau disiplin saat berada di meja makan? Berbagai cara bisa dilakukan agar anak disiplin saat di meja makan. Hal yang terpenting adalah ibu harus tetap sabar saat mengajarkan anak kedisiplinan di meja makan dan tidak cepat putus asa.

Ibu, Lakukan Ini agar Anak Disiplin saat di Meja Makan

Berbagai cara bisa ibu lakukan untuk mengajarkan kedisiplinan pada anak saat berada di meja makan. Hal yang paling penting perlu ibu tahu, sebaiknya terapkan pengertian pada anak bahwa saat berada di meja makan adalah waktunya untuk makan dan bukan bermain. Selain itu, sebaiknya ibu jangan cepat putus asa saat mengajarkan anak untuk disiplin saat berada di meja makan.

Ajarkan anak kebiasaan ini secara berulang dan ciptakan waktu makan yang menyenangkan bagi orangtua maupun anak-anak di rumah. Berikut adalah tips yang dapat membantu ibu untuk mengajarkan anak disiplin saat di meja makan.

1.Buatlah Jadwal Makan Bersama Secara Rutin

Melansir Being The Parent, membuat jadwal makan bersama merupakan salah satu hal yang cukup penting dilakukan saat ibu akan mengajarkan kedisiplinan pada anak saat berada di meja makan. Hindari membiarkan anak mengonsumsi makan siang atau makan malam di luar jadwal makan yang telah disepakati bersama. Saat makan bersama, buatlah suasana makan yang baik, misalnya duduk bersama keluarga pada satu meja makan dan ciptakan suasana yang menyenangkan.

2.Buatlah Makanan Kesukaan Anak

Kebanyakan anak merupakan picky eater. Saat ibu memasak makanan yang tidak disukai, maka anak-anak tidak akan mau mengonsumsi makanan tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya ibu bertanya pada anak makanan yang ingin ia konsumsi. Melansir Kids Health, ibu juga dapat menyajikan menu makanan yang beragam setiap harinya agar anak-anak dapat mengenali rasa lebih banyak.

Lalu, bagaimana jika anak terlihat tidak tertarik dengan menu baru yang dibuat? Sebaiknya ibu tetap berikan anak makanan yang tersaji, tetapi dalam porsi kecil. Nyatanya, anak-anak memang memiliki respon yang cukup lambat terhadap sebuah rasa atau makanan yang baru ia lihat dan rasakan. 

Baca juga: Inilah Peran Ayah dalam Mengajarkan Disiplin pada Anak

3.Bersikap Tegas pada Anak

Jika anak tetap menolak mengonsumsi makanan yang disajikan, sebaiknya ibu bersikap tegas pada anak dan tidak menawari anak makanan lain atau makanan kesukaannya. Tetaplah tenang saat anak membuang makanan yang ibu sajikan, tidak ada salahnya untuk mengenali jenis makanan yang ibu makan dan jelaskan manfaatnya.

Misalnya, saat anak membuang sayur yang ibu sajikan untuk anak, sebaiknya ibu tetap sabar dan berikan pengertian pada anak bahwa dengan mengonsumsi sayur, kesehatan anak akan tetap terjaga dan anak akan terhindar dari penyakit. Jelaskan dengan kalimat yang mudah dimengerti anak agar perlahan anak mau mencoba makanan yang disajikan.

4.Berikan Contoh pada Anak

Hal terpenting dalam mengajarkan kedisiplinan pada anak saat di meja makan dengan memberikan contoh pada anak. Tentunya, sikap yang dilakukan orangtua saat di meja makan dapat dengan mudah ditiru oleh anak. 

Untuk itu, para orangtua pun harus mendisiplinkan dirinya terlebih dahulu dengan menerapkan perilaku makan yang baik, tidak bermain gadget saat waktu makan berlangsung, buatlah suasana yang menyenangkan, dan juga konsumsi makanan secukupnya untuk menghindari membuang makanan yang tersisa.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan oleh orangtua untuk menerapkan kedisiplinan anak di meja makan. Hindari memaksa anak untuk makan jika ia memang tidak merasa lapar atau kenyang. 

Berbagai gangguan kesehatan dapat menjadi faktor pemicu penurunan nafsu makan pada anak, sebaiknya jika ibu melihat adanya gangguan kesehatan pada anak segera gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter anak seputar keluhan kesehatan yang dialami anak.

Baca juga: Ajari Anak untuk Disiplin, Ikuti 7 Cara Ini

Jika penurunan nafsu makan disertai gejala lain, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk lakukan pemeriksaan agar gangguan kesehatan yang dialami anak dapat segera diatasi dengan baik.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Toddlers at The Table: Avoiding Power Struggles.
Being The Parent. Diakses pada 2020. Food Discipline In Children.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Strategies to Make Family Meals More Enjoyable.