• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menghilangkan Kutil pada Wajah

Tips Menghilangkan Kutil pada Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Memiliki kutil pada wajah sebenarnya tidak berbahaya. Namun, keberadaannya seringkali mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Itulah sebabnya, banyak orang ingin menghilangkan kutil pada wajah dan mencoba berbagai cara.

Bicara soal menghilangkan kutil, salah satu obat yang sering digunakan adalah asam salisilat. Namun, obat tersebut tidak cocok digunakan untuk menghilangkan kutil pada wajah, karena dapat mengiritasi kulit. Lantas, apa yang bisa dilakukan?

Baca juga: Mengidap Kutil Kelamin, Cari Tahu Apa Penyebabnya

Cara Alami Menghilangkan Kutil pada Wajah

Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan kutil pada wajah, yang bisa dicoba, yaitu:

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang bersifat antivirus. Itulah sebabnya bawang putih dipercaya mampu melawan virus HPV yang jadi penyebab kutil di wajah. Untuk menggunakannya, kamu bisa menghaluskan bawang putih, lalu membalurkannya pada kutil, dan diamkan selama 15 menit.

Namun, bawang putih dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi, jika kamu mengalami perih, gatal, atau kesemutan pada kulit setelah memakai bahan ini, segera bersihkan dengan air.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga dipercaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan kutil di wajah. Hal ini karena cuka sari apel mengandung asam asetat yang bersifat antivirus, sehingga bisa membasmi virus penyebab kutil. Selain itu, asam asetat juga dipercaya mampu menghilangkan jaringan kulit berlebih di wajah.

Untuk menghilangkan kutil di wajah dengan cuka sari apel, campurkan dua sendok makan cuka apel ke dalam setengah gelas air, lalu celupkan kapas dan tempelkan pada kutil. Tutup kapas tersebut dengan perban dan diamkan semalaman.

3. Sari Nanas

Ekstrak atau sari nanas mengandung enzim pelarut dan zat asam yang dapat menghancurkan jaringan kutil di wajah. Untuk menggunakannya, cukup oleskan sari nanas pada kutil secara rutin. Meski begitu, belum ada bukti klinis yang mendukung efektivitas sari nanas untuk menghilangkan kutil.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Kutil yang Mengganggu di Tubuh

4. Air Perasan Lemon

Rasanya asam dan menyegarkan, siapa sangka jika air perasan lemon juga bisa jadi bahan untuk menghilangkan kutil di wajah. Ya, hal ini karena kandungan asam sitrat dalam air perasan lemon, yang dipercaya bisa membunuh virus penyebab kutil. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada kutil secara rutin.

Tindakan Medis untuk Menghilangkan Kutil

Setelah mengetahui apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil di wajah, tentu tak lengkap jika tak membahas apa saja pilihan tindakan medis yang bisa dilakukan. Terlebih, berbagai bahan alami untuk menghilangkan kutil yang tadi telah dijelaskan belum tentu cocok untuk semua orang, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Jika kutil tak kunjung hilang meski sudah mencoba berbagai cara, sebaiknya buat janji dengan dokter kulit di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Dokter mungkin akan menyarankan beberapa perawatan atau tindakan medis untuk mengatasi kutil, sesuai kondisi yang dialami.

Baca juga: Awas, Jangan Sampai Ketularan Kutil Kelamin karena Berhubungan Intim

Berikut ini beberapa pilihan tindakan medis yang umum digunakan untuk menghilangkan kutil:

  • Cantharidin. Cantharidin adalah bahan yang dapat menyebabkan luka bakar kimiawi. Dokter mungkin menggunakan cantharidin atau campuran bahan kimia ini dengan bahan lain untuk melapisi kutil, dan membentuk lepuh di bawahnya, agar kutil bisa diangkat setelahnya.
  • Cryotherapy. Perawatan ini dikenal dengan nama cryosurgery. Dokter menyuntikkan atau mengoleskan nitrogen cair ke dalam kutil, dan membekukannya. Prosesnya mungkin perlu dilakukan beberapa kali selama dua hingga tiga minggu.
  • Operasi pengangkatan. Tindakan ini sering digunakan untuk menghilangkan kutil filiformis. Dokter akan menggunakan pisau bedah untuk memotong kutil. Terkadang, dibutuhkan lebih dari satu perawatan.
  • Bedah listrik dan kuretase. Prosedur ini menggabungkan pembakaran kutil melalui elektrokauterisasi dan pengikisan kutil.

Itulah sedikit penjelasan mengenai berbagai cara menghilangkan kutil pada wajah. Bicarakan lebih lanjut dengan dokter mengenai mana perawatan yang paling tepat untuk dilakukan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Facial Warts.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Facial Warts And How To Remove Them.