• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama PPKM

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama PPKM

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama PPKM

“Selain kanker, penyakit jantung menyumbang angka kematian terbesar di Indonesia. Sayangnya, masalah kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Terlebih pada orang-orang yang memiliki pola hidup dan pola makan yang buruk. Lalu, bagaimana caranya menjaga kesehatan jantung?”

Halodoc, Jakarta – Jantung menjadi organ vital pada tubuh yang bekerja selama kamu hidup. Organ satu ini memiliki peran penting, yaitu memompa darah ke seluruh bagian tubuh untuk mendukung kehidupan manusia. Inilah mengapa, kamu perlu menjaga kesehatan jantung supaya bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mengancam organ penting ini. 

Namun, pandemi dan PPKM yang diberlakukan membuat terbatasnya aktivitas fisik di luar rumah. Alhasil, kondisi ini justru meningkatkan kebiasaan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Tentu saja, ini akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk organ jantung. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung di masa pandemi dan PPKM seperti sekarang ini?

  • Tetap Membiasakan Pola Hidup Sehat

Tentu saja, kamu perlu disiplin untuk menerapkan pola hidup sehat meski sedang di rumah saja. Caranya tidak sulit, yaitu menghindari begadang dengan tidur malam tepat pada waktunya. Kurang tidur bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah meningkatnya tekanan darah yang berujung pada penyakit jantung. Selain itu, sebisa mungkin kamu menghindari duduk terlalu lama karena bisa mengakibatkan penggumpalan darah dan membuat peredaran darah pada tubuh memburuk. 

Baca juga: Ini Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan

  • Tetap Berolahraga

Meski banyak di rumah, jangan sampai kamu tidak berolahraga. Manfaatkan pagi hari untuk berjalan kaki atau bersepeda selama sekitar 30 menit. Hindari berolahraga di fasilitas umum jika memicu keramaian. Bisa juga dengan berolahraga ringan di rumah, menggunakan peralatan kebugaran, seperti treadmill atau sepeda statis. Jangan sampai terlalu lama di rumah membuat kamu jadi malas berolahraga.

  • Penuhi Asupan Gizi

Cara menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah melakukan pola diet sehat, tentunya dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Hindari konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam, terlebih bahan pengawet buatan. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, makanan dengan lemak baik, seperti ikan, dan makanan kaya serat. Jangan lupa juga penuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya dua liter setiap harinya. 

  • Hindari Merokok

Perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit jantung koroner. Bahkan, perokok pasif pun memiliki risiko terserang masalah kesehatan yang sama meski hanya menghirup asap rokok tersebut. Ini disebabkan karena kandungan zat beracun pada rokok yang bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah pada organ jantung, sehingga aliran darah pada organ ini pun lama-kelamaan akan mengalami gangguan. Dampaknya tentu saja jantung tidak bisa berfungsi dengan baik karena kurangnya nutrisi dan oksigen. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

  • Kelola Stres

Tak banyak yang menyadari bahwa stres bisa menjadi pemicu utama dari semua penyakit yang menyerang tubuh, termasuk penyakit jantung. Stres berat bisa mengakibatkan tekanan darah meningkat, belum lagi jika kamu memutuskan untuk mengonsumsi banyak makanan atau minuman tidak sehat untuk menguranginya. Tentu saja, risiko terserang masalah kesehatan pada tubuh akan semakin besar. 

Lalu, harus bagaimana? Ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres. Misalnya dengan berolahraga, melakukan meditasi, yoga, bepergian ke tempat yang kamu senangi, melakukan berbagai aktivitas yang menjadi hobimu, membaca, mendengarkan musik, atau sekadar bercerita dengan teman dan menulis jurnal.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner

Jangan lupa, konsumsi suplemen dan vitamin seperti vitamin C, B, dan D untuk membantu menunjang kesehatan tubuh. Kamu bisa membelinya dengan mudah melalui layanan pharmacy delivery di aplikasi Halodoc. Caranya cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, kamu juga bisa tanya jawab dengan dokter atau membuat janji berobat di rumah sakit terdekat. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

WebMD. Diakses pada 2021. Tips for Better Heart Health.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 5 Things to Do Every Day to Keep Your Heart Healthy
Healthline. Diakses pada 2021. 28 Healthy Heart Tips.