27 November 2017

Tips Menjaga Kesehatan Rambut untuk Wanita Berhijab

Tips Menjaga Kesehatan Rambut untuk Wanita Berhijab

Halodoc, Jakarta - Meski tertutup sepanjang hari, bukan berarti rambut kamu yang berhijab tak perlu dirawat. Meski intensitas terpapar sinar matahari dan polusi cenderung rendah, masih ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut bermasalah. Dan nyatanya, saat memutuskan untuk berhijab, rambutmu membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.

Hal itu karena rambut yang tertutup memiliki ruang gerak yang semakin terbatas. Agar rambutmu tidak rusak, baca tips merawat rambut untuk wanita berhijab berikut!

  1. Rajin Mencuci Rambut

Usahakanlah untuk selalu menjaga kebersihan rambut, termasuk dengan rutin mencuci rambut alias keramas. Hal ini akan menghindari bau tak sedap di sekitar kepala. Saat aktivitasmu padat akan memicu keluarnya keringat dan kepala serta rambut yang tertutup hijab mungkin akan lembap dan berbau.

Rutin keramas juga dapat mencegah rambut rapuh dan patah. Agar lebih bermmanfaat, pastikan kamu membuat jadwal keramas dan menaatinya.

  1. Memilih Sampo yang Tepat

Tak ada salahnya untuk memanjakan rambut dengan perawatan yang berkualitas. Namun pastikan produk yang kamu pilih cocok dan sesuai, termasuk sampo. Pilihllah jenis sampo yang sesuai dengan keluhan rambutmu, seperti rambut rontok, rapuh atau rambut berketombe. Kamu pun bisa menambahkan kondisioner setiap habis keramas untuk menjaga kilau rambut.

  1. Keringkan Rambut

Setelah keramas, pastikan kamu mengeringkan rambut dengan benar sebelum kembali menutupnya. Usahakan rambut benar-benar kering sempurna. Apalagi jika kamu berencana untuk mengikat rambut, sebaiknya tidak melakukannya pada rambut yang basah.

Saat terburu-buru, manfaatkanlah pengering rambut atau hair dryer. Gunakanlah hair dryer dengan temperatur yang rendah atau sedang, karena menggunakan dengan temperatur tinggi berpotensi membuat rambut kering dan mudah patah. Tapi ingat, jangan terlalu sering menggunakan hair drayer, sebaiknya biarkan rambut kering secara alami.

  1. Memilih Hijab

Sesuaikanlah jenis kain hijab yang kamu gunakan agar rambut tetap sehat. Beberapa jenis kain yang bisa dipilih adalah kain yang lembut dan ringan seperti katun. Bahan katun dapat memberikan sirkulasi yang baik bagi rambut dan kepala. Selain itu, pastikan juga kamu memilih dalaman hijab yang tepat. Hindari mengenakann dalaman kerudung yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat. Kamu juga perlu memberi waktu pada rambut untuk bernapas. Biarkan rambut terurai bebas saat kamu berada di rumah atau saat ada kesempatan.

  1. Makanan Sehat

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga sangat penting untuk menjaga rambut selalu sehat. Salah satunya dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Beberapa jenis zat gizi yang baik dikonsumsi untuk menjaga rambut adalah protein dan zat besi yang bisa ditemukan dalam salmon, telur dan bayam. Makanan-makanan tersebut akan membantu menguatkan serta memberi nutrisi pada setiap helai rambut.

Anggapan bahwa rambut yang tertutup tak lagi membutuhkan perawatan terbukti salah, justru rambut bisa mengalami kerusakan dan mudah rontok. Jika rambut kamu selalu rontok dan kamu butuh saran dokter, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Ceritakan masalah rambut atau seputar kesehatan pada dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc pun kamu dapat memesan produk kesehatan dengan sangat mudah. Pesanan kamu akan diantar ke rumah  dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.