• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Pandemi Second Wave

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Pandemi Second Wave

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Pandemi Second Wave

“Indonesia tengah memasuki pandemi gelombang kedua atau second wave. Untuk menghadapi hal ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang virus corona. Apa saja yang harus dilakukan?”

Halodoc, Jakarta – Pandemi masih belum juga berakhir bahkan diprediksi jika Indonesia sedang masuk dalam gelombang kedua atau second wave. Peningkatan kasus yang signifikan hingga mencatatkan total kasus sebanyak 2 juta jiwa diperlukan tindakan yang pasti dari pemerintah. Selain itu, kamu juga perlu melindungi diri sendiri dengan mengetahui beberapa cara untuk jaga kesehatan saat pandemi. Berikut beberapa cara yang akan direkomendasikan!

tips-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-pandemi-second-wave

Cara Menjaga Kesehatan saat Pandemi

Belum terbentuknya herd immunity menyebabkan semua orang harus terus berhati-hati terjangkit virus corona. Pasalnya, distribusi vaksin yang masih terbatas harus dibayar mahal dengan meningkatnya lagi jumlah kasus COVID-19. Banyak orang yang percaya jika hal ini disebabkan oleh momen Lebaran, dan libur panjang yang membuat tidak sedikit orang memanfaatkan momen ini.

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi COVID-19

Saat gelombang kedua atau second wave ini terjadi, kamu perlu menerapkan kembali beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Cara yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan tetap tinggal di rumah sebisa mungkin apabila semua pekerjaan bisa dituntaskan tanpa tatap muka. Jika kamu benar-benar butuh ke luar rumah, ada baiknya tahu mengaplikasikan cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Berikut ini beberapa caranya:

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan saat pandemi adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Saat melakukan diet sehat, kamu juga membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan agar efektif melawan virus corona. Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, lemak sehat, serta protein dalam pola makan harian.

2. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Kamu juga perlu memastikan tubuh mendapatkan konsumsi air yang cukup agar tetap terhidrasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi, kondisi yang dapat menyebabkan sembelit dan perubahan suasana pada hati. Minum air putih juga dipercaya dapat membantu sistem imun agar tetap fit. Kamu juga dapat mengonsumsi kopi dan teh, tetapi hanya dalam jumlah sedang. Hindari minuman manis yang jelas-jelas tidak menyehatkan.

Jika kamu merasakan gejala yang berhubungan dengan COVID-19, pemesanan untuk pemeriksaan swab Antigen atau PCR dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih layanan yang diinginkan dan tempat yang terdekat dari rumah. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Panduan Menjaga Kesehatan Diri agar Terhindar dari Corona

3. Berolahraga secara Teratur

Olahraga dapat memberikan manfaat, baik secara fisik maupun psikologis. Kedua hal tersebut tentu saja dapat memengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Dengan hanya berolahraga yang simpel di rumah, kamu bisa menuai dua manfaat dalam satu kegiatan. Tentu saja hal ini efektif sebagai cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Carilah video rujukan untuk olahraga singkat yang dapat dilakukan setiap pagi hari.

4. Tidur yang Cukup

Saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, banyak hal positif yang dapat dirasakan. Pertama, kamu dapat menjaga sistem kekebalan bekerja sebaik mungkin untuk melawan infeksi, seperti halnya virus corona. Faktanya, memang ada bagian respons imun tubuh yang hanya terjadi saat tidur. Selain itu, cukup tidur dapat mengendalikan perasaan stres dan membuat tubuh lebih fokus saat bekerja.

Baca juga: Menunggu Vaksinasi, Ini Cara Jaga Kesehatan Tubuh

Nah, kamu sekarang tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Pastikan untuk melakukan semua hal ini secara rutin agar sistem imunitas tubuh tetap fit, sehingga mampu menghindari serangan dari virus corona. Jika sedang di luar rumah, ada baiknya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Maintaining health while working from home: 8 tips.
ACH Group. Diakses pada 2021. Coronavirus: 7 tips to stay healthy during the pandemic.