• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Selain olahraga, kamu bisa mencoba untuk menurunkan berat badan dengan cara yang lain. Membatasi porsi makan, mengunyah secara perlahan, memenuhi kebutuhan tidur, hingga mengelola tingkat stres adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.”

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Bukan itu saja, dengan rutin berolahraga kamu juga bisa mengontrol berat badan sehingga tidak mengalami kelebihan maupun kekurangan berat badan.

Namun, kurangnya waktu untuk berolahraga membuat banyak orang memilih cara lain untuk menurunkan berat badan. Selain berolahraga, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Lakukan Cara Ini untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Tentunya olahraga sudah dikenal sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, bukan hanya olahraga, ada berbagai cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan meskipun tanpa olahraga. 

Berikut ini tips menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan secara alami:

1. Perhatikan Jumlah Porsi

Jika tidak memiliki waktu untuk berolahraga, mulailah untuk memperhatikan jumlah makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Kamu bisa mengurangi porsi makan dan jenis makanan yang tidak sehat lainnya. 

Perhatikan juga asupan buah dan sayur yang kamu makan setiap hari. Sebaiknya perbanyak kedua asupan buah dan sayur karena kandungan seratnya yang baik untuk mengontrol serta menurunkan berat badan. Batasi asupan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, garam, hingga pemanis tambahan.

2. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Seberapa cepat kamu menghabiskan makanan berkaitan langsung dengan berat badan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan, hal ini membuat kamu akan merasa lebih cepat kenyang, makan dengan porsi yang lebih sedikit, dan penurunan nafsu makan.

3. Perbanyak Asupan Nutrisi yang Tepat

Saat kamu ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga, pastikan kamu memenuhi kebutuhan protein dan serat dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan protein dalam tubuh dapat membuat kamu merasa lebih cepat kenyang sehingga nafsu makan akan menurun. Hal ini disebabkan karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam menimbulkan rasa lapar dan kenyang.

Begitu juga dengan terpenuhinya kebutuhan serat dalam tubuh. Kandungan serat dapat membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan menurunkan nafsu makan. 

4. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Memenuhi kebutuhan air putih dapat membantu kamu menurunkan nafsu makan dan membuat kamu lebih kenyang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengonsumsi air putih sebelum makan untuk mengurangi porsi makan yang dikonsumsi. 

5. Penuhi Kebutuhan Tidur

Orang yang kekurangan waktu tidur menghasilkan lebih banyak ghrelin yang merupakan hormon perangsang rasa lapar dan sedikit leptin hormon yang bisa mengontrol nafsu makan. 

Sebuah penelitian pada Science Daily mengatakan bahwa orang-orang yang kekurangan tidur memiliki peningkatan dalam keinginan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak hingga makanan cepat saji. Kondisi ini tentunya bisa membuat kamu meningkatkan berat badan lebih cepat.

6. Kelola Stres dengan Baik

Salah satu hal yang bisa memicu kenaikan berat badan adalah tingkat stres. Sebaiknya kelola kondisi stres dengan baik agar kamu bisa mengontrol dan menurunkan berat badan. Ketika kamu memiliki tingkat stres yang tinggi, hormon kortisol juga meningkat dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan peningkatan rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat. 

Itulah tips menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain itu, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Kamu bisa bertanya dokter kapan saja dan dimana saja.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise.
Eat This. Diakses pada 2022. 50 Ways to Lose Weight Without Exercise.
Science Daily. Diakses pada 2022. Sleep Deprivation Linked to Junk Food Cravings.
Prevention. Diakses pada 2022. 14 Proven Ways to Lose Weight Without Exercise in 2022, According to Experts.