• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Rawat Kulit Anak dengan Dermatitis Atopik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Rawat Kulit Anak dengan Dermatitis Atopik

Tips Rawat Kulit Anak dengan Dermatitis Atopik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Juli 2021
Tips Rawat Kulit Anak dengan Dermatitis AtopikTips Rawat Kulit Anak dengan Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik adalah gangguan kulit kronis yang dapat menyebabkan kulit anak mengalami kondisi kering hingga gatal. Meskipun begitu, ibu dapat melakukan perawatan tepat pada kulit anak dengan dermatitis atopik. Salah satunya memberikan pelembap yang berbahan alami, tidak menyebabkan iritasi, dan tidak mengandung parfum.”

Halodoc, Jakarta – Merawat kesehatan kulit anak harus dilakukan sejak dini dan tidak boleh sembarangan. Perawatan harus dilakukan dengan baik dan benar, serta rutin setiap hari, terutama jika anak mengalami kondisi dermatitis atopik. Dermatitis atopik atau yang dikenal juga sebagai eksim adalah penyakit kulit kronis yang dapat menyebabkan kulit anak mengalami kemerahan, gatal, kulit kering, hingga bersisik. 

Tentunya, kondisi ini dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan mengganggu tidur serta kualitas hidup anak. Ada beberapa faktor yang dapat memicu dermatitis atopik pada anak, salah satunya adalah kondisi imun anak yang belum sempurna. Nah, untuk itu, perlu dilakukan perawatan kulit yang tepat untuk anak. Yuk, simak bagaimana perawatan kulit anak yang tepat dalam artikel ini.

Baca juga: Ketahui Penanganan Dermatitis Atopik pada Bayi

Kenali Gejala Dermatitis Atopik pada Anak

Hingga saat ini, penyebab dermatitis atopik pada anak belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga mampu meningkatkan kondisi dermatitis atopik pada anak, seperti genetik. Anak dengan orangtua yang memiliki dermatitis atopik, akan lebih rentan mengalami hal yang serupa.

Selain itu, kondisi imun tubuh anak yang belum terbentuk secara optimal meningkatkan risiko dermatitis atopik. Tidak hanya faktor genetik dan sistem imun tubuh anak, adanya pemicu lain dari luar, seperti cuaca, penggunaan sabun mandi, atau kondisi alergi juga dapat menyebabkan anak mengalami kondisi dermatitis atopik.

Umumnya, gejala dermatitis atopik dapat muncul kemudian menghilang. Kondisi ini juga dapat dialami pada lokasi kulit di mana saja. Pada bayi, umumnya bagian wajah, leher, siku, hingga kaki menjadi lokasi yang cukup sering mengalami dermatitis atopik.

Sedangkan pada anak-anak, kondisi ini akan memengaruhi kulit pada beberapa lokasi seperti lekukan siku bagian dalam, belakang lutut, sekitar mulut, pergelangan tangan, hingga pergelangan kaki. Ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai ketika anak mengalami dermatitis atopik, seperti:

  1. Kulit kering dan bersisik
  2. Terasa gatal
  3. Kemerahan dan bengkak
  4. Terjadi penebalan kulit
  5. Kulit wajah menjadi pucat
  6. Terdapat benjolan kecil pada kulit yang dapat berkerak dan mengeluarkan cairan saat tergores.

Itulah beberapa gejala yang perlu diwaspadai terkait dermatitis atopik. Sebaiknya ajarkan anak-anak untuk tidak menggaruk bagian yang terasa gatal karena berisiko menyebabkan infeksi pada kulit.

Baca juga: Begini Cara Atasi Dermatitis Atopik

Perawatan Tepat pada Anak dengan Dermatitis Atopik

Pada kondisi yang ringan, dermatitis atopik bisa mereda dengan sendirinya. Namun, terkadang rasa gatal membuat anak-anak merasa tidak nyaman. Untuk itu, sangat penting bagi ibu melakukan perawatan tepat untuk membantu mengurangi gejala dermatitis atopik pada anak di rumah.

  1. Pastikan anak menggunakan pakaian yang nyaman. Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan yang menyerap keringat dengan baik, untuk menurunkan risiko timbulnya gejala dermatitis atopik pada anak. 
  2. Pastikan anak berada di lingkungan yang nyaman dengan suhu ruangan yang tidak terlalu dingin maupun panas. Anak harus merasa nyaman berada di ruangan tersebut.
  3. Usahakan untuk menjaga kebersihan kulit anak. 
  4. Pastikan penggunaan produk-produk perawatan kulit yang tepat untuk anak. 

Gunakan perawatan kulit yang tidak menyebabkan iritasi, tidak mengandung pengharum, bebas paraben, dan menggunakan bahan-bahan aman untuk anak dengan dermatitis atopik, yaitu rangkaian produk dari Mustela Stelatopia.

Mustela Stelatopia mampu memberikan perawatan untuk melembapkan, mengurangi kemerahan dan rasa gatal, serta dapat  mengembalikan fungsi pelindung kulit. Tidak hanya itu, penggunaan rangkaian produk dari Mustela Stelatopia juga akan membantu mengembalikan kenyamanan kulit anak yang mengalami dermatitis atopik.

Jangan khawatir, Mustela Stelatopia mengandung dua bahan yang sangat aman dan teruji secara klinis untuk kulit anak, yaitu Sunflower Oil Distillate dan Avocado Perseose. Sunflower oil distillate membantu menurunkan respon inflamasi, mengurangi gatal, menenangkan kulit, dan juga menstimulasi pembentukan lemak kulit. Sedangkan Avocado Perseose bermanfaat untuk memperkuat lapisan pelindung kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan juga menjaga kekayaan stem cell kulit. 

Gunakan Mustela Stelatopia Emollient Cream dan Mustela Stelatopia Emollient Balm untuk memberikan kelembapan yang tahan lama, meredakan kemerahan dan kondisi kulit yang gatal serta mempertahankan lapisan pelindung kulit. Ibu bisa gunakan sebanyak 2 kali sehari pada si kecil setelah mandi.

Selain itu, pastikan Si Kecil juga menggunakan rangkaian perawatan mandi dari Mustela Stelatopia, yaitu Mustela Stelatopia Bath Oil yang dapat ditambahkan ke dalam air mandi saat kondisi kulit si kecil sedang meradang, dan Mustela Stelatopia Cleansing Cream yang dapat digunakan sehari-hari saat mandi.

Baca juga: Adakah Cara Cepat untuk Menyembuhkan Dermatitis Atopik?

Mustela Stelatopia telah teruji oleh dermatologist dan pediatrician. Untuk itu, jangan ragu gunakan rangkaian Mustela Stelatopia agar kesehatan kulit anak selalu dalam kondisi yang optimal. Tidak perlu repot, kamu bisa mendapatkan Mustela Stelatopia melalui Halodoc.

Yuk, download Halodoc sekarang juga dan dapat Mustela Stelatopia untuk Si Kecil! Tidak perlu repot, kamu bisa dapatkan Mustela Stelatopia menggunakan Halodoc dan akan diantar langsung ke rumah dalam waktu 60 menit. Praktis kan? Yuk, gunakan Mustela Stelatopia agar rutinitas perawatan kulit Si Kecil menjadi momen yang menyenangkan dan menyentuh!

Referensi:
Stanford Children Health. Diakses pada 2021. Atopic Dermatitis in Children.