• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Santap Hidangan Lebaran bagi Pengidap Diabetes

5 Tips Santap Hidangan Lebaran bagi Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Hari raya Idulfitri sangat identik dengan momen berkumpul dengan keluarga dan juga hidangan menu makanan yang beraneka ragam di atas meja. Mulai dari makanan kecil, menu utama, hingga minuman yang menarik menjadi pemandangan yang sudah tidak asing lagi saat merayakan hari raya Idulfitri.

Baca juga: Pola Makan Sehat untuk Pengidap Diabetes setelah Lebaran

Namun, nyatanya tidak semua orang dapat menikmati makanan yang disajikan karena khawatir masalah kesehatan yang dialami, salah satunya pengidap diabetes. Jangan khawatir, pengidap diabetes masih dapat menikmati sajian yang disiapkan saat momen hari raya Idulfitri dengan mengikuti beberapa tips ini.

1. Perhatikan Porsi Makan

Bagi pengidap diabetes, perhatikan porsi makan yang kamu konsumsi saat merayakan hari raya Idulfitri. Pastikan kamu tidak mengonsumsi kalori secara berlebihan yang dapat memicu obesitas. Melansir dari laman Help Guide, kelebihan berat badan atau obesitas menjadi pemicu terbesar diabetes. Sebaiknya pilihlah piring dengan ukuran yang tidak terlalu besar saat makan. Kamu dapat mengisi setengah piring dengan sayuran, seperempat bagian piring dengan protein hewani atau protein nabati, serta seperempat lainnya dengan kentang, nasi, atau pasta.

2. Pilih Jenis Makanan dengan Tepat

Sebaiknya jangan asal memilih makanan untuk dikonsumsi. Memerhatikan jenis makanan yang masuk dalam tubuh dapat menghindari kamu dari diabetes yang semakin parah. Melansir Mayo Clinic, bagi pengidap diabetes, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat sehat, memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dan lemak tak jenuh.

Perbanyak konsumsi sayuran, buah, makanan yang terbuat dari gandum, dan kacang-kacangan, agar kesehatan tetap terjaga selama merayakan hari raya. Jangan lupa untuk membatasi pengonsumsian makanan yang mengandung santan.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

3. Atur Waktu Makan dengan Baik

Mengatur waktu makan dengan baik membuat pengidap diabetes tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Jangan hindari waktu sarapan agar kamu tidak mengalami kelaparan saat menunggu makan siang. Kondisi lapar dapat menyebabkan kamu makan berlebihan yang memicu gangguan kesehatan pencernaan atau penyakit lainnya, seperti diabetes.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Melansir dari Healthline, mengonsumsi air putih bermanfaat bagi pengidap diabetes. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil sehingga dapat mencegah diabetes.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak membantu tubuh untuk mengeluarkan kadar gula dalam darah yang berlebihan melalui urine. Jika kami sulit mengonsumsi air putih, tidak ada salahnya menambah beberapa jenis buah, seperti lemon atau stroberi pada air untuk dikonsumsi sebagai infused water.

5. Hindari Minuman Bersoda dan Makanan dengan Pemanis Buatan

Tentunya, merayakan hari Lebaran tidak lengkap tanpa minuman segar dan camilan yang manis. Batasi pengonsumsian minuman bersoda dan makanan yang mengandung pemanis buatan cukup banyak. Pilihlah minuman yang menyehatkan dan makanan sehat tanpa pemanis buatan.

Baca juga: Menu Sahur dan Buka Puasa bagi Pengidap Diabetes

Itulah tips yang bisa dilakukan pengidap diabetes agar dapat merayakan hari raya dengan mengonsumsi makanan yang disajikan. Jangan ragu untuk segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama menjalani ibadah puasa dan juga saat merayakan hari raya Lebaran.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Can I Drink if I Have Diabetes?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diabetes Diet
Help Guide. Diakses pada 2020. The Diabetes Diet