• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Sederhana Atasi Mual saat Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Sederhana Atasi Mual saat Hamil

Tips Sederhana Atasi Mual saat Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Mei 2022

Meski wajar terjadi, mual dan muntah saat hamil tidak boleh disepelekan. Ketahui cara mengatasi mual saat hamil biar tetap bisa beraktivitas.

Tips Sederhana Atasi Mual saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Mual dan muntah saat hamil adalah hal yang wajar, terutama pada masa awal kehamilan. Secara umum, kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada calon ibu. Mual dan muntah saat hamil dikenal dengan istilah morning sickness, karena memang paling sering muncul pada pagi hari. 

Meski mual muntah pada ibu hamil adalah kewajaran, sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Selain bisa mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman, hal ini ternyata juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan. Perasaan mual bisa membuat ibu enggan mengonsumsi makanan, serta muntah yang terjadi berisiko menyebabkan kurangnya asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. 

Cara Mengatasi Mual saat Hamil 

Kondisi mual dan muntah pada ibu hamil bisa disebabkan oleh banyak faktor, tetapi paling sering terjadi pada kehamilan pertama, usia ibu yang masih muda, serta kehamilan kembar. Namun jangan khawatir, ibu hamil bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa mual dan mencegah muntah berlebih. Caranya mengatasi mual saat hamil sebenarnya cukup sederhana, berikut beberapa di antaranya: 

  1. Tetap Makan dalam Porsi Kecil 

Mual yang muncul mungkin akan mengganggu nafsu makan bumil, tapi sebaiknya hal ini tidak dibiarkan. Calon ibu membutuhkan energi dan asupan nutrisi yang lengkap, agar kondisi kesehatannya serta janin yang dikandung selalu terjaga. Tetap makan dalam porsi kecil untuk membantu mengurangi mual yang muncul. 

  1. Hindari Makanan Berbau Tajam 

Selain mengatur porsi makan, bumil juga harus pintar-pintar memilih makanan yang dikonsumsi. Biar mual tidak memburuk, sebaiknya hindari jenis makanan yang berbau tajam. Sebab saat hamil, indra penciuman biasanya menjadi lebih sensitif.

  1. Minum Teh Jahe 

Secangkir teh jahe hangat akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Tidak hanya itu, ramuan ini juga diketahui efektif meredakan mual dan muntah pada ibu hamil. Selain teh, ibu juga bisa mengonsumsi permen jahe atau minta. 

  1. Banyak Minum Air Putih 

Selain meredakan mual, minum air putih juga bisa membantu menghidrasi tubuh. Dengan begitu, risiko bumil mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh akan lebih kecil. Pasalnya, dehidrasi saat hamil bisa berbahaya dan menimbulkan komplikasi. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko bayi yang lahir mengalami penyakit, gangguan saraf, kecacatan, hingga kelahiran prematur. Untuk menghindarinya, bumil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari. 

  1. Konsumsi Suplemen Kehamilan 

Bumil juga bisa menjaga kondisi tubuh dan mengatasi mual saat hamil dengan konsumsi suplemen khusus. Hal ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi calon ibu dan janin yang dikandung. Namun, konsumsi suplemen jangan dilakukan dengan sembarangan. Selalu bicarakan terlebih dahulu terkait jenis suplemen yang aman dan boleh dikonsumsi. 

Jika sudah memiliki resepnya, beli suplemen kehamilan di aplikasi Halodoc. Unggah resep suplemen dari dokter untuk menemukan apotek yang menyediakan. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Bumil juga bisa membeli kebutuhan kehamilan lainnya hanya dalam satu aplikasi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Itulah beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa dilakukan. Selain cara-cara di atas, penting juga untuk memastikan calon ibu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, agar kondisi tubuhnya selalu sehat dan bisa beraktivitas dengan nyaman. 

Referensi: 
American Pregnancy Association. Diakses pada 2022. Morning Sickness Remedies.
NHS UK. Diakses pada 2022.Vomiting and Morning Sickness.
Baby Center. Diakses pada 2022.Morning sickness: Causes, concerns, treatments.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Morning Sickness.