• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Sehari-hari Merawat Anak Down Syndrome

Tips Sehari-hari Merawat Anak Down Syndrome

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta — Seperti anak-anak lainnya, anak dengan down syndrome juga bisa melalui rutinitas hariannya dengan baik. Dengan adanya dukungan positif dari orang tua dan lingkungannya, anak berkebutuhan khusus bisa tumbuh mandiri. Sebagai orang tua yang merawat anak down syndrome, kamu bisa melakukan dukungan sehari-hari dengan menerapkan tips berikut ini.

  1. Ajak Anak Melakukan Aktivitas Sehari-hari

Dalam merawat anak down syndrome, Ibu harus melibatkannya dalam kegiatan sehari-hari. Ibu bisa memberikannya pekerjaan rumah yang ringan, tetapi Ibu juga harus mengingat untuk tidak terlalu memaksanya. Dalam hal pergaulannya, Ibu harus menyemangatinya untuk bermain bersama anak-anak lain. Selain itu, cobalah untuk menyisihkan waktu bermain, membaca buku, dan bersenang-senang dengannya. Yang paling penting adalah selalu berikan dukungan kepada anak dalam menjalani kesehariannya.

  1. Tetapkan Jadwal Sehari-hari

Supaya anak bisa beraktivitas dengan baik sehari-hari, Ibu bisa membantunya menetapkan jadwal. Buatlah rutinitas dan usahakan untuk diterapkan setiap hari. Misalnya, jadwal anak untuk bangun pagi, sarapan, dan sebagainya. Selain itu, supaya jadwal dan aktivitas lebih menarik, buatlah jadwalnya dalam bentuk gambar.

  1. Membantu Anak dalam Urusan Pendidikan

Pendidikan merupakan aspek penting dalam merawat anak down syndrome. Keterlibatan orang tua diperlukan untuk membantu perkembangan pendidikannya. Cobalah untuk selalu memperhatikan kebutuhan sehari-harinya dan jangan hanya bergantung pada perkataan dokter dan terapis saja. Selain itu, perhatikan juga pelajaran di sekolahnya dan ajari lagi ketika dia di rumah. Usahakan untuk menghindari ucapan ‘Ini salah’ untuk memperbaiki kesalahan anak. Sebaiknya ibu katakan ‘Ayo, coba lagi’. Berikan pula bantuan jika anak memerlukannya. Saat berbicara dengan anak, gunakan kalimat yang sederhana dan singkat. Hindari mengatakan 'Sudah waktunya untuk tidur. Ayo sikat gigi, cuci muka, dan ganti baju.’ Lebih baik katakan ‘Ayo ganti bajunya’.

  1. Berikan Anak Kebebasan Menentukan Kemauannya

Sangat penting bagi anak merasa memiliki kekuatan mengontrol sejumlah hal dalam kehidupannya. Oleh karena itu, biarkan anak mengambil risiko. Sebagai orang tua, Ibu pasti ingin melindunginya, tetapi perlu diingat bahwa anak Ibu perlu dilatih menjadi mandiri. Selain itu, dukung juga anak dalam memecahkan masalahnya sendiri supaya bisa menjadi mandiri.

Merawat anak down syndrome memang tidak mudah. Jika ibu memerlukan teman diskusi, aplikasi Halodoc bisa menjadi andalan ibu. Ibu bisa bertanya kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.