• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Tetap Work Life Balance bagi Pekerja Usia 30-an
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Tetap Work Life Balance bagi Pekerja Usia 30-an

Tips Tetap Work Life Balance bagi Pekerja Usia 30-an

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2022

“Work life balance setiap orang perlu terjaga dengan baik, agar tetap produktif. Maka dari itu, perlu tahu cara melakukannya agar dapat memisahkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi.”

Tips Tetap Work Life Balance bagi Pekerja Usia 30-anTips Tetap Work Life Balance bagi Pekerja Usia 30-an

Halodoc, Jakarta – Kehidupan harus selalu seimbang agar pikiran tidak terlalu terbebani oleh banyak hal. Hal ini juga termasuk pekerjaan kantor yang harus seimbang juga dengan kegiatan bersama keluarga dan ini yang disebut dengan work life balance.

Beban pekerjaan yang terus bertambah ditambah tidak adanya waktu untuk bersenang-senang, mampu membuat seseorang merasakan kelelahan baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu, perlu tahu tips menjaga pekerjaan dan rumah tangga tetap seimbang pada seseorang yang berusia 30an.

Cara Menjaga Work Life Balance untuk Kehidupan Sehari-Hari

1. Buat Jadwal yang Realistis

Idealnya, setiap orang menghabiskan waktu sebanyak 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk sesuatu yang menyenangkan, serta 8 jam lainnya untuk waktu tidur. Namun, kenyataannya bisa jadi tidak demikian, waktu lebih banyak dihabiskan untuk pekerjaan.

Maka dari itu, pastikan untuk mengatur work life balance dalam jangka panjang. Contohnya, habiskan waktu satu hari untuk keluarga atau hobi, agar keseimbangan tetap terjaga. Pastikan untuk konsisten terhadap hal ini, sebab jika dikorbankan juga, bisa jadi kehidupan berkeluarga menjadi lebih buruk.

2. Prioritaskan Kesehatan Diri Sendiri

Memang pekerjaan termasuk hal yang penting, tetapi jika tidak menjaga kesehatan, baik fisik, emosi, hingga mental, dapat memengaruhi work life balance. Bahkan, hal ini dapat menurunkan produktivitas, sehingga pekerjaan lebih lama selesai.

Cobalah untuk melakukan beberapa hal ini agar tetap sehat, yaitu:

  • Luangkan waktu 30 menit untuk mendapatkan udara segar atau berolahraga.
  • Tetap rutin bersosialisasi untuk menjaga kesehatan emosional.
  • Lakukan beberapa kebiasaan baik, seperti meditasi atau bersyukur, untuk menjaga kesehatan mental.

Memprioritaskan kesehatan adalah kunci untuk meningkatkan work life balance, karena mampu membantu dalam melepaskan diri dari pekerjaan saat sudah berada di luar jam kerja.

3. Belajar Mengatakan Tidak

Banyak orang yang sulit untuk mengatakan tidak, pada akhirnya mengalami kesulitan sendiri dalam mengatur waktu. Cobalah untuk mengatakan ‘tidak’ pada seseorang, tidak perlu sungkan akan hal tersebut.

Memang menjadi rekan kerja yang baik itu bagus, tetapi jika terus menjadi ‘yes man’, hal ini bisa berdampak negatif pada karir dan kesehatan. Bahkan, waktu yang seharusnya untuk keluarga bisa terpakai untuk pekerjaan hanya karena tidak mau berkata ‘tidak’.

Jika ingin menjaga work life balance, biasakan diri untuk mengucapkan kata ‘tidak’ untuk berbagai pekerjaan yang berlebihan. Pastikan untuk menetapkan batas dan menciptakan keharmonisan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

4. Manfaat Waktu Istirahat dengan Baik

Bekerja secara terus-menerus tidak dapat meningkatkan produktivitas. Menurut penelitian, karyawan paling produktif beristirahat selama 17 menit setiap melakukan pekerjaan selama 52 menit. Maka dari itu, tingkatkan keseimbangan kehidupan kerja dan produktivitas dengan beristirahat teratur saat bekerja.

Sekarang kamu tahu cara untuk menjaga work life balance yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut agar terciptanya keharmonisan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya terkait work life balance, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone yang dimiliki. Makanya unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Career Blog. Diakses pada 2022. 6 Guaranteed Ways to Improve Work-Life Balance in 2022.
Better Up. Diakses pada 2022. Try these 12 tips to improve your work-life balance.