• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Faktanya, tidur nyenyak dapat secara langsung meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Saat tidur menjadi tidak berkualitas, maka ini akan sangat memengaruhi energi saat beraktivitas di siang hari. Ia juga bisa mengganggu keseimbangan emosional, dan bahkan memengaruhi berat badan. 

Banyak orang yang mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas di malam hari. Tidur malam yang nyenyak mungkin tampak seperti tujuan yang mustahil. Namun, sebetulnya kamu memiliki kendali lebih besar atas kualitas tidur daripada yang mungkin kamu sadari. Obat untuk kesulitan tidur juga sering kali ditemukan dengan mengubah rutinitas harian. Untuk kamu yang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, simak tipsnya berikut:

Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia 

Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman 

Tips utama untuk membantu kamu mendapatkan kembali tidur yang berkualitas adalah membuat suasana kamar tidur yang nyaman dan santai. Sayangnya, beberapa orang kerap mengabaikannya. Dalam mendesain kamar tidur, fokuslah untuk memaksimalkan kenyamanan dan meminimalkan gangguan. Caranya antara lain: 

  • Menggunakan kasur dan bantal yang berkualitas, sehingga kamu mendapat dukungan yang tepat untuk bisa nyaman saat berbaring dan terhindar dari rasa sakit dan nyeri.
  • Pilih seprai dan selimut yang nyaman disentuh. 
  • Hindari gangguan cahaya, pasalnya paparan cahaya yang berlebihan dapat mengganggu ritme tidur dan sirkadian tubuhmu. Pasangkan tirai gelap di jendela atau masker tidur untuk menutupi mata guna menghalangi cahaya dan mencegahnya mengganggu tidurmu. 
  • Pastikan kamar dalam kondisi tenang dan terhindar dari suara bising. 
  • Temukan suhu yang cocok, yang menurutmu tidak terlalu panas atau dingin. 
  • Gunakan pewangi ruangan yang dapat menenangkan dan memudahkanmu tidur. 

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Gangguan Tidur Membahayakan Kesehatan

Optimalkan Jadwal Tidur

Mengontrol jadwal tidur harian juga merupakan langkah penting untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Untuk itu kamu bisa menerapkan beberapa strategi berikut: 

  • Tetapkan waktu bangun yang tetap dan pertahankan. Pasalnya, hampir tidak mungkin bagi tubuh untuk terbiasa dengan rutinitas tidur yang sehat jika kamu terus-menerus bangun pada waktu yang berbeda. 
  • Tetapkan durasi waktu tidur dan sesuaikan dengan jadwal yang kamu miliki. Jika perlu berikan waktu ekstra sebelum tidur untuk melepas lelah dan bersiap untuk tidur.
  • Hindari tidur siang karena tidur siang yang terlalu lama atau terlalu larut bisa mengganggu jadwal tidur dan mempersulitmu untuk tidur saat malam. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah segera setelah makan siang atau di sore hari selama 20 menit.

Buat Rutinitas Sehat sebelum Tidur

Kesulitan tidur juga bisa terjadi jika kamu tidak menerapkan rutinitas yang sehat menjelang waktu tidur. Selain itu, waktu menjelang tidur juga memainkan peran cukup penting dalam mempersiapkan diri untuk tidur dengan cepat dan mudah.

Sebisa mungkin, cobalah untuk membuat rutinitas yang konsisten yang kamu ikuti setiap malam karena ini membantu memperkuat kebiasaan sehat dan sinyal untuk pikiran dan tubuh bahwa waktu tidur semakin dekat. Kamu bisa mengistirahatkan diri sebelum tidur selama 30 menit, mematikan lampu, dan menghentikan penggunaan gadget saat sudah berada di tempat tidur. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan pedas atau minuman dengan kafein tinggi. Ini karena mereka bisa saja membuat kamu semakin sulit tidur. 

Baca juga: Hati-Hati, Kebanyakan Tidur Bisa Bikin Depresi dan Mati Muda

Itulah beberapa tips sederhana untuk membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu juga bisa tanyakan gaya hidup sehat apa saja yang baik untuk membantu mendapatkan tidur yang berkualitas pada dokter di Halodoc. Ambil smartphone-mu dan manfaatkan fitur chat untuk terhubung langsung dengan dokter kapan dan di mana saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 17 Proven Tips to Sleep Better at Night.
Help Guide. Diakses pada 2020. How to Sleep Better.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Healthy Sleep Tips.