• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Trik Agar Bayi Terbiasa dengan Lingkungan yang Ramai

4 Trik Agar Bayi Terbiasa dengan Lingkungan yang Ramai

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Menjadi orangtua memang bukan pekerjaan mudah. Apalagi jika anak masih balita dan belum mengerti banyak hal. Hal yang cukup merepotkan adalah saat ia rewel ketika berada di tempat ramai, seperti mall, restoran, pesta pernikahan, atau semacamnya. Terkadang balita jadi susah diatur saat ia dikelilingi oleh gerombolan orang. 

Di mana pun ada pertemuan besar, biasanya ada banyak kebisingan, orang asing, dan mungkin pemandangan asing. Ini semua adalah ketakutan balita yang biasa terjadi, sehingga tidak heran banyak anak yang ketakutan dan kemudian rewel. Lantas, apa yang perlu dilakukan agar anak terbiasa di tempat ramai?

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Nyaman Traveling dengan Bayi

Tips Membuat Anak Nyaman di Tempat Ramai

Pertama-tama, orangtua harus paham bahwa mengabaikan ketidaknyamanan anak atau membuatnya merasa malu tidak akan menguatkannya dan membuat ketakutannya hilang. Bahkan, itu akan memiliki efek sebaliknya. Akibatnya, anak malah jadi perusak suasana. Bahkan dalam jangka panjang, kamu berisiko mengubah ketakutannya menjadi fobia yang bahkan lebih sulit dikendalikan. 

Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak terbiasa di lingkungan ramai:

Pastikan Orangtua Sedang Tidak Stres. Mempertemukan sekelompok orang dengan seorang anak kecil bisa menjadi momen menyebalkan bagi orangtua. Pasalnya, orang asing bisa dengan seenaknya mencium, mencubit, atau menggendong balita. Ingat, balita sangat peka terhadap emosi orang tua mereka, jadi pastikan orangtua tetap tenang dan terus belajar mengendalikan emosi agar anak juga bisa mengontrol rasa takutnya terhadap orang banyak. Saat orangtua merasa stres, coba tarik napas dalam-dalam dan perlambat nafas. Selain itu, jaga tingkat suara pada tingkat normal dan bersabarlah.

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Bawa Perlengkapan Anak. Bayi bisa saja rewel karena ia lapar, jadi jangan biarkan anak kelaparan. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan anak, seperti popok, baju ganti, susu, makanan, hingga mainan. Pastikan semua kebutuhan anak masuk ke dalam tas. Jangan mengandalkan makanan restoran untuk mengatasi rasa lapar anak. Sediakan pula beberapa mainan yang mereka suka agar bisa diam. Beberapa orangtua bahkan menyarankan untuk selalu membawa mainan atau benda yang belakangan sering ia mainkan kemanapun ia pergi agar ia tidak rewel.

Sediakan Baby Walker. Kemana pun orangtua pergi, pastikan menyediakan baby walker. Ini adalah cara paling mudah membuat anak merasa nyaman ketika berada di tengah orang-orang yang ia anggap asing. Saat anak mulai tidak nyaman, segera letakkan ia di baby walker, biarkan anak duduk dan merasa nyaman di dalamnya. Pastikan juga untuk memberikannya mainan supaya ia tidak bosan.

Ikuti Kemauannya. Saat berada di tempat yang baru, sangat besar kemungkinan anak merasa penasaran dengan banyak hal baru di sana. Sebagai orang tua, kamu tidak boleh membiarkan rasa penasaran ini. Oleh karena itu, jangan mengurung anak di kursi sampai ia bosan, ajak ia berjalan-jalan dan kenalkan situasi di sekitar agar ia merasa nyaman.

Baca juga: 4 Cara Menidurkan Bayi yang Perlu Diketahui Ibu

Itulah beberapa tips agar anak terbiasa dengan lingkungan baru yang ramai. Jika kamu membutuhkan lebih banyak saran mengenai pola asuh anak, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan psikolog di Halodoc. Ambil smartphone kamu, dan hubungi psikolog profesional kapan saja kamu membutuhkannya.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. Relax, Baby: How to Soothe Baby's Nerves.
What to Expect. Diakses pada 2020. When Your Toddler Fears Crowds.