19 April 2018

Trik Atasi Masalah Kaki Pecah-pecah

Trik Atasi Masalah Kaki Pecah-pecah

Halodoc, Jakarta – Memiliki kaki yang mulus dan indah menjadi idaman setiap wanita. Tidak hanya itu saja, ternyata keindahan kaki juga menambah rasa percaya diri seseorang. Nah, coba sekarang kamu cek kesehatan kaki kamu khususnya bagian tumit. Apakah terdapat kulit kaki yang mengelupas dan membentuk garis-garis? Jika kamu menemukannya di tumit kaki kamu, artinya kulit kaki kamu mengalami dehidrasi sehingga kekurangan elastisitasnya. Selain itu, salah pemilihan alas kaki atau penggunaan sabun juga bisa membuat kaki kamu, khususnya bagian tumit menjadi pecah-pecah. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengembalikan kecantikan kaki kamu dengan beberapa cara di bawah ini:

 

  • Rendam Kaki

 

Setelah seharian beraktivitas, tidak ada salahnya jika kamu memanjakan kakimu dengan merendam kaki di dalam air hangat. Selain bisa merelaksasi otot-otot kaki yang seharian beraktivitas, kamu juga bisa mendapatkan kembali kelembapan kaki kamu. Jangan lupa campurkan beberapa bahan alami di rendaman air hangat kamu, seperti campuran garam epsom dan lemon.

Garam epsom memiliki kandungan magnesium yang mampu melancarkan peredaran darah kaki kamu. Sedangkan, lemon memiliki kandungan asam yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki kamu. Rendam kakimu selama 10 hingga 15 menit pada air hangat yang telah dicampur dua bahan alami tadi. Semakin rutin, maka hasilnya akan semakin cepat kamu rasakan.

 

  • Oles Kaki dengan Minyak Kelapa

 

Setelah kamu merendam kaki kamu dengan rendaman bahan alami di atas, kamu bisa langsung mengoles bagian kaki kamu yang dirasa cukup kering dengan campuran minyak kelapa. Ya, selain sangat bermanfaat untuk bagian wajah kita, nyatanya minyak kelapa juga memiliki manfaat yang cukup banyak untuk mengembalikan kelembapan bagian kaki kamu. Sebaiknya gunakan kaos kaki yang sudah diolesi minyak kelapa agar bisa diserap dengan baik di pori-pori kamu. Selain itu, kamu tidak akan mengotori lantai rumah saat sedang berjalan.

 

  • Masker Kaki dengan Pisang

 

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kandungan seperti magnesium, vitamin B6, mangan, dan serat menjadikan pisang sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam merawat kulit kaki kamu. Caranya mudah, haluskan beberapa buah pisang dan lumuri kaki kamu dengan bubur pisang. Diamkan selama 10 menit agar kandungan dari pisang menyerap ke dalam pori-pori kulit kaki kamu, lalu bersihkan dengan air hangat. Jika kamu rutin melakukan ini selama 2 hingga 3 minggu, kulit kaki menawan bisa kamu miliki.

 

  • Scrub Kaki dengan Campuran Baking Soda, Madu dan Gula

 

Selain dengan cara melembapkan kulit, untuk mengurangi kaki pecah-pecah juga bisa dengan menggunakan scrub dari bahan alami, seperti baking soda, madu, dan gula. Campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk, lalu kamu bisa memulai untuk menggosok dengan lembut bagian kaki yang kering. Baking soda dan madu dipercaya memiliki nutrisi yang baik untuk kakimu yang kering dan pecah-pecah. Sedangkan, gula berfungsi sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati dan bisa digunakan sebagai pelembap alami. Namun, sebelum kamu memulai kegiatan scrubbing kamu, ada baiknya kamu rendam kakimu terlebih dahulu agar lebih lembap dan kulit kaki akan lebih mudah untuk kamu gosok. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan perawatan ini dengan teratur selama 2 hari sekali.

(Baca juga: Ini Cara Cepat Hilangkan Bau Kaki)

Selain itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih ya, karena air putih juga bisa mengembalikan kelembapan kulit yang kering. Nah, jika ada yang mau kamu tanyakan lagi mengenai pengobatan untuk kaki yang kering dan pecah-pecah, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya melalui Voice Call atau Video Call dengan dokter. Yuk, download Aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.