Trik Jitu Atasi Stres saat Mudik yang Berkepanjangan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Stres, Mudik, momen mudik 2019

Halodoc, Jakarta - Tradisi mudik memang hanya dilakukan di Indonesia, yaitu ketika sanak saudara atau keluarga yang tinggal jauh untuk merantau, kembali ke kampung halaman. Lebaran dijadikan satu-satunya momen untuk berkumpul bersama keluarga lengkap di kampung halaman.

Begitu mengasyikkannya momen ini, semua orang yang melakukan mudik melupakan proses perjalanan yang amat panjang dan membuat stres! Nah, stres saat perjalanan pulang mudik sudah menunggu kamu, nih! Bagi kamu yang mudik jauh dan menggunakan jalur darat atau laut, berikut trik jitu atasi stres di jalan!

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

Begini Cara Atasi Stres selama Perjalanan

Stres berkepanjangan yang kamu alami kalau jalanan macet ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan yang fatal bagi tubuh kamu, lho! Kamu bisa saja mengidap masalah pencernaan, jantung, insomnia, sakit kepala, bahkan suasana hati kamu pun bisa saja terganggu. Nah, sebelum hal-hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa trik di bawah ini:

  • Segera Beristirahat

Saat sedang melalui perjalanan panjang, otomatis stres akan melanda. Apalagi jika jalanan sedang tidak bisa diajak berkompromi karena macetnya. Nah, jika kondisi ini sudah terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan beristirahat sejenak. Kamu bisa melipir untuk melakukan tidur sejenak guna meredakan stres yang kamu rasakan.

Ternyata, kurang tidur ada kaitannya dengan stres. Tidur diketahui ampuh untuk mengatasi stres. Jika sedang dalam perjalanan dan enggak bisa tidur terlalu lama, kamu bisa memejamkan mata sambil menenangkan diri selama kurang lebih setengah jam, lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Oh ya, jangan mengonsumsi kafein selama perjalanan, ya! Alih-alih terjaga, kamu malah semakin stres. Sebenarnya, boleh-boleh saja minum kafein saat sedang stres, tetapi perhatikan dosisnya dan jangan sampai berlebihan, ya! Karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan hasilnya akan tidak baik bagi kesehatanmu!

Baca juga: Begini Cara Membuat Tubuh Fit Selama Mudik

  • Makan Makanan Penghilang Stres

Nah, bagi yang hobi makan, kamu bisa menyiapkan camilan sebelum berkendara. Camilan ini ternyata ampuh dijadikan sebagai penghilang stres, lho! Ketika merasa stres, segera saja makan beberapa makanan yang dipercaya punya kemampuan untuk menghilangkan stres.

Kamu bisa mengonsumsi cokelat hitam. Makanan ini dipercaya dapat menurunkan hormon pemicu stres sekaligus menghadirkan rasa senang. Selain itu, cokelat hitam juga mampu membuat tekanan darah dan kolesterol menurun.

Menyantap makanan penghilang stres ternyata memiliki dampak positif lain, karena kesehatanmu otomatis akan ikut terjaga karena mengonsumsi hidangan sehat. Selain cokelat hitam, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai macam buah seperti stroberi, jeruk, dan anggur yang kaya akan vitamin C.

  • Melakukan Peregangan Tubuh

Stres saat mudik bisa saja datang karena tubuh kamu kurang bergerak, lho! Untuk itu, kamu bisa melipir sejenak untuk sekedar berjalan-jalan kecil atau melakukan peregangan pada otot tubuhmu. Dengan melakukan gerakan-gerakan kecil selama lima menit, stres pun bisa dikurangi. Pasalnya, dengan banyak bergerak, tubuh akan melepaskan hormon endorphin dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Baca juga: 6 Persiapan untuk Berkendara Jauh Saat Mudik

Untuk mencegah terjadinya stres, kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas. Nah, jika kamu sudah melakukan langkah awal pencegahan namun gejala belum juga hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!