Trik Jitu Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Trik Jitu Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Halodoc, Jakarta – Anak yang belum puber tidak diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadan. Namun, kebanyakan orangtua mulai mengenalkan konsep berpuasa pada anak sejak balita. Mulai dari menjelaskan tentang puasa, mengajaknya sahur dan berbuka, serta mengajari anak berpuasa secara bertahap.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Salah satu tanda seorang anak siap berpuasa adalah sudah mampu menahan rasa lapar dan haus. Apabila Si Kecil ingin mencoba berpuasa, berikut tips yang bisa ibu terapkan:

Baca Juga: Anak Enggak Boleh Puasa? Inilah 5 Manfaat Puasa Untuknya

1. Beri Penjelasan

Jelaskan Si Kecil tentang arti berpuasa terlebih dahulu, termasuk apa saja yang dianjurkan dan tidak selama menjalani ibadah puasa. Bila perlu, sesekali ibu bisa mengajaknya sahur dan berbuka untuk merasakan secara langsung pengalaman berpuasa.

2. Jangan Memaksa

Biarkan Si Kecil berpuasa sesuai dengan kemampuannya. Si Kecil bisa berpuasa tiga jam sekali, berbuka saat adzan Dzuhur, atau semampunya ia menahan lapar dan haus. Jangan beri hukuman atau memarahinya hanya karena ia belum sanggup berpuasa penuh. Hal yang terpenting adalah, Si Kecil mengenal konsep berpuasa dan cara menjalankannya, hingga ia terbiasa melakukannya.

3. Beri Penghargaan

Terlepas dari berapa jam Si Kecil mampu berpuasa, tidak ada salahnya untuk ibu memberi apresiasi atas usahanya. Misalnya, ibu bisa memberikan hadiah berupa mainan atau bentuk lain saat hari Lebaran. Pada hari-hari biasa, ibu bisa memberikan penghargaan berupa pujian dan makanan yang disukainya sebagai menu berbuka.

Baca Juga: Tanda-tandanya Anak Mulai Bisa Dilatih Puasa

Puasa Aman untuk Anak yang Sedang Belajar Puasa

Keluhan umum saat pertama kali puasa adalah lapar, haus, dan badan lemas. Hal ini tergolong wajar, sehingga ibu tidak perlu khawatir. Kabar baiknya, keluhan tersebut bisa dicegah dengan panduan aman berpuasa bagi anak berikut:

  • Jangan biarkan Si Kecil melewatkan waktu sahur.

  • Berikan asupan sehat saat sahur dan berbuka. Saat sahur, berikan Si Kecil makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (seperti oatmeal, beras merah, dan roti gandum) dan protein (seperti telur, tempe, daging, tahu, susu dan produk olahannya) agar ia kenyang lebih lama. Berikan juga makanan sumber mineral, vitamin, dan serat yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya, terutama buah dan sayuran.

  • Berikan air putih untuk mencegah dehidrasi. Umumnya, kebutuhan air putih saat sahur adalah sekitar dua gelas. Hindari minuman berkafein (teh) dan minuman bersoda pada Si Kecil, karena rentan membuatnya dehidrasi.

  • Pastikan Si Kecil tidur cukup, terutama pada siang dan malam hari. Biarkan ia beristirahat ketika merasa lelah.

Baca Juga: Biar Anak Kuat Berpuasa, Beri 6 Asupan Ini Saat Sahur

Itulah trik jitu mengajari anak puasa pertama kali. Kalau Si Kecil punya keluhan sakit saat puasa, jangan ragu berbicara pada dokter Halodoc. Ibu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!