Trik Jitu Mengatasi Rasa Cemas saat Perjalanan Mudik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Trik Jitu Mengatasi Rasa Cemas saat Perjalanan Mudik

Halodoc, Jakarta – Menyambut lebaran pasti sangat menyenangkan rasanya. Membayangkan bagaimana bersua dengan orang tua, sanak saudara, dan kembali pulang ke kampung halaman tercinta setelah lelah mengadu nasib di kota lainnya pasti tak sabar ingin segera terwujudkan. Memilih kendaraan untuk mudik, melakukan persiapan pun sudah pasti kamu lakukan jauh-jauh hari.

Namun, terkadang kenyataan tidak sama menyenangkannya dengan apa yang kamu bayangkan. Perjalanan panjang dan melelahkan, belum lagi harus bergantian dengan pemudik lain di satu kendaraan umum, atau lelah mengemudi sendiri terkadang membuat cemas. Jika sudah demikian, tanpa adanya solusi, stres menghampiri. Jangan lagi, perjalanan mudik menyenangkan, kok, jika kamu menerapkan cara berikut ini.

  • Rencanakan dengan Matang

Supaya perjalanan mudik lancar tanpa hambatan besar, coba buat rencana matang. Kamu tidak bisa memungkiri, pasti ada kalanya terjadi hal yang tidak kamu inginkan. Nah, inilah mengapa kamu perlu persiapan dan perencanaan yang matang. Kamu bisa mulai mengepak barang bawaan, terutama pakaian, minimal dua hari sebelum hari keberangkatan.

Baca juga: Ini Aturan Aman Berkendara saat Arus Balik Mudik

Lalu, persiapan lainnya bisa kamu lakukan sehari sebelum berangkat. Supaya tidak lupa, kamu bisa membuat daftar yang perlu kamu bawa, dan apa saja yang perlu kamu cek sebelum berangkat. Berikan ceklis untuk setiap poin yang sudah terlaksana. Pastikan kamu menghitung pakaian yang akan kamu bawa, juga persiapan seperti perbekalan.

  • Berpikir Positif Itu Perlu

Setelah meninggalkan rumah atau ketika sedang dalam perjalanan, terkadang ada saja pikiran negatif yang datang menghampiri. Kamu mungkin cemas, apakah kamu sudah mencabut gas dan steker listrik, apakah kamu sudah mengunci pintu dengan baik, atau menutup saluran air di kamar mandi.

Bahkan, pikiran ini bisa jadi lebih buruk dengan apakah nanti akan terjadi kendala dalam perjalanan kamu sekarang. Ketika ini tidak kamu kendalikan, kamu bisa mengalami stres, dan perjalanan mudik pun menjadi tidak nyaman. Coba selalu berpikir positif akan segala hal, karena ini jelas sangat membantu mengusir rasa cemas berlebihan.

Baca juga: Lari, Olahraga yang Bisa Mengatasi Stres

  • Selalu Jadikan Pengalaman sebagai Guru Terbaik

Mungkin, kamu pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan ketika melakukan perjalanan sebelumnya, atau ketika pulang kamu tahun lalu. Wajar adanya jika kamu merasa cemas saat harus menghadapi perjalanan yang sama lagi. Namun, jangan terlalu cemas, lebih baik jika kamu menjadikan yang pernah kamu alami sebagai guru terbaik untuk perjalanan berikutnya.

  • Jangan Takut untuk Menghadapi Cemas Itu

Jangan pernah takut untuk menghadapi rasa cemas yang kamu alami. Jangan pernah biarkan kecemasan membuat perjalanan mudik kamu menjadi tidak menyenangkan dan kurang berkesan. Lakukan antisipasi, misalnya dengan mendengarkan lagu-lagu favorit, membaaca buku, menggambar, menonton film dari ponsel, atau sekadar mengobrol dengan teman seperjalanan jika kamu menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Depresi dan Cemas Berlebihan Dapat Memicu Mimpi Buruk

Tidak boleh kamu lupakan juga, selalu bawa makanan ringan untuk mengatasi rasa lapar di perjalanan. Juga, bawa vitamin untuk tetap membantu menjaga imunitas tubuh, supaya mudik kamu makin meriah tanpa perlu didera rasa cemas. Tidak sempat beli? Tidak perlu risau, ada aplikasi Halodoc yang bisa kamu pakai kapan saja. jadi, download saja segera aplikasi Halodoc, ya!