• Home
  • /
  • 7 Trik Mendidik Anak Agar Selalu Percaya Diri

7 Trik Mendidik Anak Agar Selalu Percaya Diri

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
7 Trik Mendidik Anak Agar Selalu Percaya Diri

Halodoc, Jakarta - Anak perlu memiliki rasa percaya diri. Karena jika tidak, mereka bisa saja menjadi sosok yang mudah minder dan enggan mencoba sesuatu karena terlalu takut. Rasa percaya diri bisa diberikan apabila orangtua memberikan rangsangan yang benar. Jangan terlalu memanjakan atau melindungi, karena orangtua yang terlalu melindungi membuat anak tidak percaya diri. Berikut cara menumbuhkan rasa percaya diri anak!

Baca juga: Panduan Pemenuhan Gizi Balita Usia 4–5 Tahun

  • Komunikasi yang Lancar

Komunikasi yang baik antara orangtua dan anak efektif dalam membangun hubungan yang sehat. Si Kecil mungkin merasa bingung dan takut, serta memiliki banyak pertanyaan tentang hal-hal yang baru mereka ketahui. Cara pertama yang ibu lakukan adalah membangun kepercayaan dan rasa nyaman pada anak, agar mereka bisa memberitahu alasan mereka tidak memiliki rasa percaya diri, kemudian bekerjasama untuk mencari solusinya.

  • Cari Tahu Bakat Anak

Membantu menumbuhkan rasa percaya diri anak selanjutnya dapat dilakukan dengan mencari tahu bakat anak sejak dini. Saat mereka menemukan kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan bakatnya, akan timbul rasa percaya diri, karena mereka menemukan sesuatu hal yang mereka kuasai. Dengan memiliki keahlian, anak akan lebih termotivasi. Dengan begitu, rasa percaya dirinya akan berkembang dengan sendirinya.

  • Ajarkan Anak untuk Fokus

Mengajarkan anak untuk fokus ke depan bisa menjadi salah satu langkah menumbuhkan rasa percaya diri anak. Banyak orang yang dapat meraih kesuksesan dan keterampilan tanpa menaklukkan rasa takutnya. Mereka hanya perlu yakin pada diri mereka sendiri. Ajarkan Si Kecil bahwa kegagalan merupakan kesempatan yang tertunda. Dengan menyemangatinya, maka rasa percaya diri akan tumbuh perlahan-lahan.

  • Tuntun Anak untuk Meraih Cita-Cita

Untuk menuntun anak meraih cita-cita, ibu dapat memberikan mereka gambaran yang realistis tentang diri anak dan kemampuannya. Kemudian, biarkan mereka memilih, ibu hanya menawarkan alternatifnya saja. Bantu anak dengan pandangan-pandangan tentang tujuan yang dicapai dengan kerja keras. Ketika mereka bisa mendapatkan sesuatu yang menjadi cita-citanya, hal tersebut menjadi salah satu langkah menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Baca juga: Jaga Imun Tubuh Anak saat Masuk Sekolah di New Normal

  • Ajarkan Anak Bagaimana Mendapat Hasil Terbaik

Meski belajar merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anak membutuhkan keseimbangan yang baik antara belajar dan bersenang-senang. Keduanya bisa dilakukan dengan seimbang jika ibu bisa mengatur waktu anak secara efektif. Dengan adanya keseimbangan tersebut, anak tidak akan terbebani dengan tanggung jawab belajarnya, sehingga rasa percaya diri akan muncul.

  • Latih Aktivitas Fisik Anak

Pikiran yang sehat sejalan dengan tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan fisik yang sehat, ibu dapat melatih anak untuk berolahraga atau latihan fisik lainnya. Latihan fisik bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisiknya saja, tapi kesehatan otaknya. Saat berolahraga dilakukan di tempat umum, anak dapat meningkatkan keterampilan sosialnya dan melatih rasa percaya dirinya.

  •  Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

Jika anak mengerti mengapa mereka perlu melakukan pekerjaan untuk mencari nafkah, mereka akan memiliki pandangan yang berbeda tentang kehidupan. Dengan cara ini, anak-anak tahu bahwa mereka mampu dalam banyak hal, yang membangun karakter dan membantu membangun kepercayaan dirinya.

Baca juga: Baru 12 Bulan, Perlukah Balita Masuk Sekolah?

Diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc jika anak memiliki tumbuh kembang yang lebih lambat dari anak seusianya. Selain itu, ibu bisa bertanya langsung dengan dokter terkait dengan tips menumbuhkan rasa percaya diri anak sedari dini. Ingat, rasa percaya diri perlu diasah dan dikembangkan sedari dini dan membutuhkan proses yang panjang. Jadi, sebaiknya ibu tidak menyerang di tengah jalan, ya!

Referensi:
Child Mind Institute. Diakses pada 2020. 12 Tips for Raising Confident Kids.
Psychology Today. Diakses pada 2020. 12 Ways to Raise a Competent, Confident Child with Grit.