• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Trik Supaya Hubungan Intim Tahan Lama

Trik Supaya Hubungan Intim Tahan Lama

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Rata-rata sekitar 45 persen pria berejakulasi dalam dua menit. Sementara itu, waktu yang ideal untuk mendapatkan kepuasan selama berhubungan intim maksimal adalah 7-13 menit saja. Bagaimana dengan kamu dan pasangan? Berapa menit ia “tahan lama”?

Tidak perlu sedih dan kecewa, pria di seluruh dunia memang kurang bisa “tahan lama”. Sementara wanita memiliki permasalahan soal emosi yang membuatnya susah untuk orgasme. Beberapa hal mepengaruhi mengapa pasangan (terutama pria) tidak “tahan lama”. Mungkin karena sudah terlalu lama tidak berhubungan intim, sehingga hasrat untuk ejakulasi lebih cepat untuk datang. Selain faktor kesehatan dan hal lainnya bisa mempengaruhi ketahanan Mr. P untuk ereksi. Berikut adalah beberapa trik agar hubungan intim bisa “tahan lama”.

1. Olahraga

Rutin berolahraga merupakan salah satu yang sering disarankan agar hubungan intim lebih berkualitas. Persoalan “tahan lama” sangat erat kaitannya dengan stamina yang prima. Umumnya orang yang jarang berolahraga juga tidak memiliki stamina yang prima untuk ketahanan berhubungan intim. Beberapa olahraga yang disarankan untuk dapat meningkatkan stamina berhubungan intim adalah olahraga kardio seperti lari, berenang, dan yoga untuk fleksibilitas. 

Baca juga: 7 Manfaat Berhubungan Intim yang Mengejutkan

2. Konsumsi Makanan Sehat

Bukan hanya meningkatkan aktivitas fisik, kamu juga memerlukan asupan makanan bergizi untuk dapat meningkatkan daya tahan saat berhubungan intim. Kurangi minuman beralkohol, tingkatkan konsumsi buah dan sayuran, serta konsumsi makanan berprotein merupakan tips agar dapat “tahan lama”. Minum susu setiap pagi juga diperlukan. Pasalnya, orang dewasa juga memiliki kebutuhan kalsium yang tidak boleh dilupakan. 

3. Kontrol Pikiran

Trik yang tidak kalah penting agar dapat “tahan lama” yaitu mengontrol pikiran. Memang saat penetrasi terjadi kamu akan merasakan sensasi kenikmatan luar biasa. Pada kenyataannya, terlalu fokus dengan perasaan nikmat justru akan membuat kamu cepat ejakulasi dan membuat pasangan menjadi kesal. Cobalah untuk mengalihkan pikiran lebih kepada perasaan sayang kepada pasangan, afeksi yang kamu berikan dan sedikit meniadakan sensasi fisik yang sedang terjadi. 

4. Mengeksplorasi Posisi

Dalam setiap berhubungan intim pasti ada beberapa posisi yang membuat kamu cepat untuk ejakulasi. Cobalah untuk menghindari posisi tersebut untuk sesi pertama supaya pasangan tidak merasa kecewa. Karena biasanya ejakulasi dini terjadi pada sesi pertama berhubungan intim, barulah selanjutnya pria dapat lebih bisa menahan ejakulasi. Selain posisi berhubungan intim, hal yang perlu diperhatikan juga adalah kecepatan saat penetrasi terjadi. Aturlah ritme lalu sesuaikan juga dengan kenyamanan supaya kamu dapat mengatur kapan waktu yang tepat untuk ejakulasi.

Baca juga: Inilah Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

5. Jadwalkan Kegiatan Hubungan Intim

Luangkanlah satu malam untuk berdiskusi mengenai apa yang kamu lakukan dan tidak sukai, jelajahi gerakan hubungan intim yang baru, dan bicarakan fantasi tersembunyi. Jangan memaksakan dirimu untuk menjadi seksi, bereksperimen saja untuk melihat apa yang kamu suka. Katakan juga apa yang biasanya dapat kamu hindari karena takut mempermalukan diri sendiri atau terdengar tidak sensitif. 

6. Berkomunikasi untuk Menghilangkan Stres

Kurangnya komunikasi sering kali menyebabkan kekeringan hubungan intim dalam suatu hubungan. Pasangan yang sering bertengkar 10 kali lebih bahagia daripada mereka yang menghindari konflik. Berlatihlah untuk melakukan percakapan yang sulit. Menumbuhkan keintiman sering kali sesederhana membicarakan sesuatu yang sudah kamu hindari bersama pasangan. 

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

Jangan berkecil hati dengan apa yang dikatakan pasangan. Ingatlah bahwa menemukan apa yang salah dalam hubungan adalah bagian dari upaya untuk memperbaikinya. Jika usaha-usaha tersebut tidak ada yang berhasil, cobalah untuk membicarakannya pada psikolog melalui aplikasi Halodoc tentang bagaimana menghadapinya. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. For Better Sex, 8 Tips No Couple Should Go Without