28 May 2018

Tujuh Tanda Kamu Olahraga Berlebihan

Tujuh Tanda Kamu Olahraga Berlebihan

Halodoc, Jakarta — Segala sesuatu sebaiknya dilakukan secara seimbang, bahkan kebiasaan baik sekalipun. Contohnya, berolahraga. Tahu enggak, ternyata terlalu banyak berolahraga justru bisa merugikan, lho! Seseorang bisa kecanduan olahraga, dan akhirnya menjadi terlalu sering berolahraga atau melakukan olahraga yang terlalu intens.

(Baca juga: 9 Dampak Negatif dari Olahraga Berlebihan)

Padahal, salah satu hal penting dalam olahraga adalah masa istirahat setelah otot setelah tubuh diforsir. Akibat olahraga berlebihan tidak hanya berpengaruh pada fisik kamu, tapi juga bisa memengaruhi kondisi mentalmu. Enggak mau kan sampai kena efek negatifnya? Yuk, coba dilihat apakah kamu olahraga berlebihan! Berikut ini tujuh tandanya kalau kamu olahraga berlebihan.

Tujuh Tanda Kamu Olahraga Berlebihan

  1. Seusai berolahraga, kamu merasa terlalu lelah, bukannya menjadi lebih segar atau semangat
  2. Kamu jadi lebih mudah sakit atau sakit ringan yang kamu alami lama sembuhnya
  3. Kamu merasa sedih
  4. Kamu tidak bisa tidur atau kamu merasa kamu tidak pernah mendapat tidur yang cukup
  5. Kakimu terasa sangat berat
  6. Kamu jadi lebih gampang marah
  7. Pegal-pegal di tubuh berlangsung selama berhari-hari setelah berolahraga

Kalau kamu berolahraga secara rutin, wajar saja tubuhmu menjadi lebih toleran dengan latihan yang kamu lakukan. Ini membuat banyak orang perlahan menambah intensitas atau frekuensi latihan supaya dampaknya ke tubuh lebih terasa.

Setiap kali stamina dan kekuatanmu bertambah dengan intensitas atau frekuensi latihan yang juga sengaja kamu tambah, tubuhmu juga mendapatkan tekanan yang lebih besar.

Pada akhirnya, kamu akan sampai di satu titik di mana kamu harus mengurangi intensitas dan frekuensi olahragamu, supaya tubuhmu punya waktu yang cukup untuk bisa benar-benar pulih. Bahkan sebenarnya, akan lebih bijaksana kalau kamu selalu memberikan waktu istirahat rutin untuk masa pemulihan ini.

(Baca juga: Terlalu Banyak Berolahraga Dapat Menyebabkan Kecanduan)

Sebanyak apa istirahat yang kamu butuhkan? Kalau kamu masih bingung, coba langsung tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini akan memudahkanmu menjadi lebih sehat karena kamu enggak perlu ke mana-mana. Cukup download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store dan kamupun bisa bicara dengan dokter kalau kamu punya keluhan atau pertanyaan kesehatan. Kamu juga bisa menikmati layanan pesan antar obat dan vitamin sorta cek lab. Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi ini.