• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tulang Kering Rentan Alami Cedera Lewat Aktivitas Ini

Tulang Kering Rentan Alami Cedera Lewat Aktivitas Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Menjalani olahraga secara rutin memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Sebaiknya perhatikan waktu dan jumlah olahraga yang dilakukan setiap harinya. Melakukan olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan kamu mengalami cedera pada tulang kering.

Baca juga: Pertolongan Pertama yang Tepat Saat Cedera Tulang Kering

Cedera tulang kering umumnya terjadi ketika terasa nyeri pada area kaki di bawah lutut. Kondisi ini umum dialami oleh seseorang yang sedang berolahraga. Ketahui apa saja yang meningkatkan seseorang berisiko mengalami cedera tulang kering.

Aktivitas yang Tingkatkan Risiko Cedera Tulang Kering 

Seseorang yang mengalami cedera tulang kering umumnya mengalami rasa nyeri pada area lutut ke bawah. Rasa nyeri yang dirasakan umumnya terasa menyebar dari depan (tulang kering) bagian kaki hingga ke belakang (betis). Rasa nyeri dapat berhenti ketika seseorang berhenti melakukan aktivitas yang membuat tekanan pada bagian kaki.

Sebaiknya segera periksakan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami nyeri setelah mengalami kecelakaan atau  terjadi peradangan pada bagian tulang kering. Kini membuat janji dengan dokter dapat melalui aplikasi Halodoc agar lebih praktis. 

Baca juga: Ini Cara Dokter Spesialis Olahraga Tangani Cedera Atlet

Dilansir dari Mayo Clinic, adanya tekanan berulang pada area tulang kering dapat membuat seseorang mengalami gejala cedera tulang kering. Ada beberapa aktivitas yang membuat kamu rentan alami cedera tulang kering, seperti:

  1. Peningkatan intensitas durasi dan jumlah olahraga secara drastis;

  2. Aktivitas berlari pada perbukitan, lahan yang tidak rata, atau bebatuan;

  3. Melakukan gerakan yang kemudian dengan kondisi berhenti secara mendadak, seperti olahraga tenis dan basket;

  4. Kegiatan pelatihan militer;

Itulah aktivitas yang meningkatkan risiko alami cedera tulang kering. Tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati sebelum melakukan olahraga. Jangan lupa untuk selalu ikuti aturan agar terhindar dari segala cedera yang mungkin terjadi.

Baca juga: Berbagai Macam Kondisi yang Pengaruhi Fungsi Tulang Kering

Cara Penanganan Cedera Tulang Kering

Cedera tulang kering yang terbilang ringan dapat diatasi secara mandiri di rumah. Dilansir dari WebMD, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk tangani cedera tulang kering di rumah, yaitu:

1. Istirahatkan Kaki yang Alami Cedera

Sebaiknya jangan paksakan kondisi kaki yang alami cedera. Tidak ada salahnya untuk memberi waktu dengan tidak melakukan aktivitas yang memberikan tekanan pada kaki yang alami cedera.

2. Kompres

Sambil mengistirahatkan kaki yang alami cedera, kompres area yang cedera dengan menggunakan es yang dibalut kain lembut. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi akibat cedera.

3. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Saat kamu melakukan aktivitas sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman agar kondisi cedera tulang kering yang dialami tidak semakin memburuk.

Ada beberapa tanda yang akan dirasakan ketika cedera yang kamu alami telah pulih, seperti kaki yang mengalami cedera sudah dapat digerakkan seperti bagian kaki lain yang tidak mengalami cedera dan bagian kaki yang alami cedera sudah cukup kuat seperti bagian kaki lainnya.

Kamu juga dapat melompat dengan normal pada bagian kaki yang mengalami cedera, serta dapat berlari tanpa merasakan nyeri atau sakit. Sebaiknya lakukan rutin pemeriksaan pada dokter untuk memastikan cedera yang dialami sudah pulih.

  

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. What Are Shin Splints
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Shin Splints