• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tumbuh Gigi Sebabkan Bayi Rewel di Malam Hari

Tumbuh Gigi Sebabkan Bayi Rewel di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tumbuh Gigi Sebabkan Bayi Rewel di Malam Hari

Halodoc, Jakarta - Setiap perubahan yang terjadi pada sang buah hati pasti menjadi momen yang tidak terlupakan bagi orangtua. Termasuk ketika ia tumbuh gigi. Biasanya, gigi pertama bayi akan tumbuh pada usia antara 4–6 bulan, dimulai pada dua gigi bagian bawah. Akan tetapi, tumbuhnya gigi pada setiap anak tidak bisa disamakan, asalkan semua gigi sudah lengkap ketika usianya 3 tahun, variasi usia tumbuh gigi pada bayi normal terjadi.

Sayangnya, bayi akan merasa tidak nyaman pada tubuhnya ketika giginya tumbuh. Terlebih pada bagian gusi. Bahkan, rasa tidak nyaman ini bisa berlangsung berhari-hari karena gigi yang bisa saja muncul bersamaan. Namun, ibu bisa dengan mudah mengenali tanda bayi tumbuh gigi, salah satunya adalah ia akan menjadi lebih rewel pada malam hari.

Berbagai Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ternyata, laju pertumbuhan gigi akan mengalami peningkatan pada malam hari. Tidak hanya lebih rewel, rasa tidak nyaman pada gusinya pun akan membuat bayi menjadi kesulitan tidur pada malam hari. 

Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini

Selain itu, tanda bayi tumbuh gigi lainnya yang bisa ibu amati, di antaranya:

  • Nafsu Makan Berkurang

Ketika gigi tumbuh, gusi akan membengkak dan mengalami peradangan. Akibatnya, anak pun akan mengalami penurunan nafsu makan dan minum, termasuk lebih sedikit menyusu. Bahkan, rasa gatal dan tidak nyaman ini akan membuatnya menggigit puting ibu ketika sedang menyusu.

  • Mengeluarkan Liur Lebih Banyak

Bayi mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya? Nah, bisa jadi ia sedang mengalami tumbuh gigi. Namun, sampai sekarang belum diketahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab bayi mengeluarkan air liur berlebih ketika sedang tumbuh gigi. Namun, diyakini bahwa pertumbuhan gigi akan memicu terjadinya peningkatan terhadap gerakan otot pada mulut bayi dan kinerja dari kelenjar ludah, sehingga menjadi lebih aktif daripada biasanya. 

Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

  • Gusi Mengalami Pembengkakan

Cara paling mudah yang bisa ibu lakukan untuk mengetahui apakah sang buah hati sedang mengalami tumbuh gigi adalah melihat gusinya. Jika gusi tampak membengkak dan memerah, bisa jadi ia sedang tumbuh gigi. Ibu juga bisa memperhatikan apakah ada warna putih samar pada gusi yang menandakan kemunculan gigi. 

  • Muncul Ruam pada Area Sekitar Mulut

Beberapa bayi mengalami ruam pada area sekitar mulutnya ketika sedang tumbuh gigi. Kondisi ini disebabkan karena produksi air liur yang berlebih akan membuat area di sekitar mulut bayi menjadi lebih lembap. Guna mencegah terjadinya ruam ini, ibu bisa mengelap area sekitar mulut bayi menggunakan tisu atau lap bersih dan kering. 

  • Tubuh Demam

Demam juga bisa menjadi tanda bayi tumbuh gigi, meski tak semua bayi mengalami gejala ini. Jika Si Kecil sedang tumbuh gigi dan mengalami demam hingga lebih dari 38 derajat Celsius, ibu bisa bertanya pada dokter cara memberikan penanganan pertama. Tanpa perlu repot ke klinik, buka saja aplikasi Halodoc dan langsung chat dengan dokter spesialis anak. 

Baca juga: Usia 1 Tahun Bayi Belum Tumbuh Gigi, Wajarkah?

Guna mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami Si Kecil, ibu bisa membantu meredakannya dengan memberikan makanan dingin atau teether. Jadi, meski sedang tumbuh gigi, sang buah hati tetap bisa ceria seperti sedia kala.



Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. Teething Signs and Symptoms. 
Healthline. Diakses pada 2021. Teething Syndrome: When Your Baby Starts Teething.
KidsHealth, Nemours. Diakses pada 2021. Teething Tots.