• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tunjukkan Rasa Cinta, Ini 6 Ciri Love Language Physical Touch
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tunjukkan Rasa Cinta, Ini 6 Ciri Love Language Physical Touch

Tunjukkan Rasa Cinta, Ini 6 Ciri Love Language Physical Touch

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Love language physical touch tidak melulu soal seks, tetapi bisa jadi sentuhan, tepukan di bahu, genggaman tangan, ataupun elusan di kepala.”

Tunjukkan Rasa Cinta, Ini 6 Ciri Love Language Physical Touch

Halodoc, Jakarta –   Love language adalah cara seseorang mengekspresikan kasih sayangnya. Love language akhir-akhir ini menjadi istilah yang populer karena dinilai bisa membuat hubungan dengan pasangan atau orang terdekat menjadi lebih baik. 

Sejauh ini ada lima love language yang diperkenalkan yaitu words of affirmation, acts of service, quality time, gift giving, dan physical touch. Nah, jika kamu termasuk tipikal orang yang menunjukkan rasa cinta lewat sentuhan fisik, bisa jadi love language kamu adalah physical touch

Physical touch menjadi salah satu love language karena sentuhan, seperti apa pun bentuknya akan mampu melepaskan hormon oksitosin yang membuat mood menjadi lebih baik. Lewat sentuhan juga, ikatan bersama pasangan akan lebih terbangun. 

Love Language Physical Touch, Tidak Sembarang Sentuhan

Love language physical touch tidak melulu soal seks, tetapi bisa jadi sentuhan, tepukan di bahu, genggaman tangan, ataupun elusan di kepala. Kalau kamu masih bingung apa yang membedakan love language physical touch dengan sentuhan biasa ataupun sentuhan seksual, berikut ini adalah cirinya:

1. Menyentuh Setiap Kali Mengobrol 

Salah satu ciri love language physical touch adalah sentuhan. Tapi, bukan sembarang sentuhan. Jika kamu tipe orang yang senang menyentuh setiap kali mengobrol dengan orang terdekat, bisa jadi love language kamu adalah physical touch. Sentuhan ini bisa ditandai dengan menggenggam lengan, meremas pundak, ataupun menepuk untuk menegaskan sesuatu.

2. Mencium sebagai Ungkapan Sayang

Tidak sebatas pada ciuman bibir tetapi juga kecupan-kecupan ringan adalah hal yang disukai oleh mereka dengan bahasa cinta physical touch. Misalnya kecupan di dahi, ubun-ubun kepala, mendaratkan bibir di pipi, ciuman di punggung tangan, dan jenis-jenis ciuman ringan lainnya. 

Selain itu, ciuman sebagai love language ini tidak hanya dilakukan di waktu yang romantis atau sensual. Ini dilakukan sebagai ekspresi kasih sayang di waktu umum dan bukan dalam rangka membangkitkan hasrat seksual.

3. Senang Bergandengan Tangan

Buat sebagian orang bergandengan tangan di tempat umum adalah sesuatu yang bisa bikin jengah, tapi buat yang lainnya gandengan tangan itu romantis. Romantis bukan dalam rangka ingin memamerkan hubungan, tetapi ada kesenangan saja dari menggenggam tangan pasangan di keramaian. Ini adalah bentuk keinginan untuk melindungi serta kebersamaan di antara hiruk-pikuk manusia lain.

4. Merangkul Bahu

Cuddling adalah salah satu physical touch yang sudah umum diketahui, tetapi merayakan physical touch tidak hanya dilakukan dengan cara cuddling. Kalau kamu tipikal orang yang senang memberikan rangkulan kepada pasangan atau orang terdekat, atau gelendotan manja, ini termasuk bentuk physical touch juga. 

5. Menggigit Gemas

Tiap-tiap orang punya ekspresinya sendiri dalam menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang. Orang yang love language-nya adalah physical touch biasanya juga senang menggigit gemas pasangannya atau orang terdekatnya. 

Jika kamu punya kucing dan kucing senang menggigit lucu tangan, lengan, atau betismu, seperti itulah gigitan gemas orang yang dengan love language physical touch.

6. Sentuhan-sentuhan Intim Lainnya

Selain yang sudah disebutkan di atas, sentuhan-sentuhan intim lain juga bisa menjadi ciri love language physical touch. Sentuhan intim yang dimaksud ini misalnya elusan di leher, cubitan di pinggang, menggelitik perut, mengusap tulang belakang dan lain-lainnya.

Ada banyak cara menunjukkan rasa cinta, tapi tentu saja cara yang paling nyata adalah memberikan perhatian, pengertian, dan pengorbanan. Pengorbanan juga bukan berarti kamu harus melakukan segalanya ke pasangan. 

Jika kamu merasa hubunganmu sudah tidak sehat lagi bahkan sampai mengganggu kesehatan mental, coba diskusikan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa buat janji pemeriksaan dengan psikolog lewat Halodoc. Download Halodoc sekarang juga ya! 

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What Is the Physical Touch Love Language?
Kompas.com. Diakses pada 2022. 7 Love Language Physical Touch, Kamu Suka yang Mana?